Langkah Finishing Cat Warna Kayu Box Hampers dalam Jumlah Banyak

Lebaran sebentar lagi tiba, sudahkah Anda merencanakan untuk mengirim hampers kepada kerabat? Atau Anda berencana untuk membuka usaha pembuatan dan pengiriman hampers? Box hampers bisa diisi apa saja mulai dari souvenir hingga kue kering. Nah yang paling penting dalam pembuatan hampers adalah box atau tray yang menarik. 

Bagaimana cara Anda membuat tray dan box hampers lebih menarik? Kini tempat hampers dari plastik yang dihias dengan kain atau hiasan lainnya sudah ketinggalan zaman. Modern ini tray kebanyakan menggunakan material kayu pinus yang berwarna natural. 

Materia ini lebih menawan, selain itu lebih murah. Anda bisa menggunakannya sebagai tray sewa dan dijual sekaligus dalam bentuk box hampers. Jika menggunakannya sebagai alat yang disewakan, proses perawatannya pun lebih mudah. Jika bosan dengan warna naturalnya, bisa diubah dengan warna lainnya. 

Tentunya sangat berbeda dengan box kardus atau plastik yang harus dihias dengan kain memakan biaya lebih banyak. Penyimpanan box hampers dari kayu sangat mudah untuk disimpan. Bagaimana cara finishing tray hampers supaya menarik? Yuk ikuti langkah-langkah disini. 

Cara Mengecat Liquid Wood Stain pada Box Hampers

Fungsi dari tray atau box hampers tidak terbatas untuk lebaran saja loh. Jika di hari-hari biasa, Anda bisa menyewakannya sebagai tempat seserahan di acara pernikahan. Modal kreatif menata hantaran tentunya akan menjadi usaha yang sangat menarik. Nah, karena tray yang akan dibuat tidak hanya satu atau dua saja maka Anda harus mempertimbangkan bagaimana cara finishingnya. 

Tak seperti finishing furniture yang ukurannya besar, box hampers termasuk sebuah kerajinan yang ukurannya kecil dan jumlahnya banyak. Sehingga proses finishing yang dilakukan harus sekaligus tidak bisa satu persatu. Anda bisa menggunakan Biovarnish liquid stain yang menyediakan 20 pilihan warna natural. 

Setelah memilih warna yang tepat, ikuti langkah-langkah aplikasinya berikut ini. 

Mempersiapkan Box Hampers 

Siapkanlah box hampers yang sudah selesai dibentuk dan amplas satu per satu. Langkah awal ini adalah yang paling lama dari proses finishing secara keseluruhan karena harus dilakukan satu per satu. Begitu juga dengan kertas amplas harus diganti satu per satu secara bertahap. 

Mulailah dengan mengamplas menggunakan kertas nomor 180. Karena kayu pinus untuk box cukup lunak maka waktu pengamplasan akan lebih cepat. Kemudian ganti dengan kertas amplas nomor 220. Baru terakhir bersihkan debunya dengan kain microfiber yang sudah dibasahi. 

Mengecat Stain pada Permukaan Kayu

Masuk dalam proses pengecatan, Anda harus melakukannya di ruangan yang cukup besar. kemudian susun berjajar box hampers di atas meja finishing yang sudah dialasi dengan koran. Susun dengan jarak antar box sekitar 15-30 cm. Pastikan meja kerja bersih bebas debu kayu. 

Jika semua box sudah disiapkan, lanjutkan dengan proses pengecatan berikut. 

  1. Larutkan stain dengan air, gunakan NK2 untuk mengukur viskositas hingga 11-12 detik. 
  2. Coba semprotkan ke permukaan kertas koran di meja dan atur jarak serta tekanan angin. Jika sudah mendapatkan semprotan yang tidak sagging dan merata maka siap digunakan. 
  3. Semprotkan satu per satu box dari arah vertikal secara menyeluruh kemudian arah horizontal. Setelah permukaan box yang lebar selesai, cat kembali bagian pinggirnya. 
  4. Tunggu stain mengering selama 60 menit kemudian amplas ambang dengan kertas nomor 400. Bersihkan debunya. 
  5. Balik box dan sejajarkan dengan tempat yang sama seperti tadi. Cat bagian tersebut dengan langkah yang sama, Penuhi semua permukaan dan sikunya kemudian tunggu kering dan amplas. 

Anda bisa mengulangi aplikasi stain hingga dua atau tiga kali apabila lapisan pertama belum memiliki warna tajam atau pekat sesuai yang diinginkan. Apabila muncul sagging karena jarak pengecatan terlalu dekat atau terlalu lama pada satu titik, pastikan Anda menghilangkannya pada proses pengamplasan pertama. Supaya sagging tak menumpuk dan membekas pada lapisan kedua hingga ketiga. 

Mengecat Sanding Sealer pada Box

Karena nantinya hampers membutuhkan perlindungan lebih dan juga tampilan yang awet, maka diperlukan lapisan sanding sealer setelah stain. Sehingga mengunci warna stain lebih awet. Ditambah lagi juga memperkuat lapisan pernis di atasnya nanti. 

Ikuti langkah berikut untuk aplikasi Biovarnish sanding sealer.

  1. Bersihkan permukaan box dari debu amplas menggunakan kain kering dan susun dengan berjarak sama seperti sebelumnya. Gunakan alas kertas koran yang baru.  
  2. Buat larutan sanding sealer dengan viskositas yang sama seperti stain. 
  3. Atur keluaran partikel cat hingga memiliki tekanan yang pas dan jarak tepat. 
  4. Semprotkan sanding sealer ke permukaan dari arah horizontal kemudian vertikal ke satu per satu box. 
  5. Diamkan kering selama 60 menit dan amplas dengan ambang. Bersihkan debu amplas, balik box dan ulangi aplikasinya sekali lagi di sisi satunya. 

Sanding sealer hanya perlu diaplikasikan satu kali. Dengan cross spray yaitu arah horizontal dan vertikal dijamin cat akan menempel secara merata.

Mengecat dengan Clear Coat pada Box

Lapisan terakhir yang dibutuhkan tray hampers adalah pernis, tanpanya tampilan box kayu tidak menarik. Supaya lebih tahan goresan dan tetap terlihat mewah, sebaiknya Anda menggunakan tampilan gloss. Untuk itu gunakan Biovarnish clear coat gloss yang juga berpelarut air sebagai lapisan terakhirnya. 

Ikuti petunjuk aplikasinya berikut ini. 

  1. Bersihkan box dengan kain kering dan letakkan kembali, jangan lupa ganti alas kertas korannya. 
  2. Setelah itu buat larutan clear coat dengan viskositas yang sama. 
  3. Baru semprotkan ke permukaan box secara merata dengan teknik cross spray seperti sebelumnya. 
  4. Biarkan box mengering selama semalaman di tempat yang sama. Pastikan saja ruangan bebas dari debu selesai mengecat. 

Nantinya box akan mengering dan bisa Anda gunakan tujuh hari setelah pengecatan selesai. Karena pada hari ketujuh box bisa langsung digunakan atau disimpan dengan ditumpuk langsung. Dimana waktu tujuh hari adalah yang dibutuhkan untuk clear coat mengering sempurna. 

Perawatan Box Hampers Lebaran Supaya Awet

Baik itu box hampers yang digunakan sendiri untuk keperluan lain atau disewakan, Anda harus merawatnya dengan hati-hati. Apalagi box yang terbuat dari kayu pinus tak bisa disimpan di sembarang tempat seperti yang memiliki kelembaban tinggi. 

Berikut ini tips mudah merawat box hampers yang sering disewakan. 

  1. Simpan box di tempat yang kering, akan lebih baik Anda membuat sekat dari koran atau kain antar box, supaya tak menempel langsung. 
  2. Bersihkan box hampers usai disewakan, biasanya akan muncul kotoran yang mengeras. Usahakan untuk membersihkan dengan kain lembab dan kering. 
  3. Poles box hampers setiap tiga minggu atau satu bulan sekali juga selesai disewakan. Pemolesan akan membuat box tampak selalu mengkilap. 
  4. Jika terdapat lecet seperti cat mengelupas, sebaiknya segera perbaiki dengan memberikan lapisan cat ulang hanya pada bagian yang rusak. 

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH