Teknik Mengontrol Warna dengan Wood Stain Liquid Biovarnish untuk Kayu

Apakah hasil finishing terbaik yang cocok untuk digunakan pada kayu? Pastinya warna natural adalah yang terbaik. Alasannya adalah cat kayu transparan mampu membawa warna kayu asli menjadi lebih indah. Kayu memiliki warna alami masing-masing ditambah lagi dengan tampilan seratnya yang sangat berbeda. 

Warna natural kayu ini dihasilkan bukan dari pernis belaka, karena pernis kayu menghasilkan warna transparan bukanlah warna natural. Transparansi dari pernis ini masih kurang menarik, hanya bisa memberikan tampilan matte, gloss, death matte, doff, dll. Oleh karena itu dibutuhkan wood stain liquid untuk kayu. 

Stain akan memberikan warna pada kayu karena terdiri dari berbagai macam warna kayu asli. Inilah bahan yang harus Anda manfaatkan untuk mengontrol warna kayu. Kayu secara alami memiliki perbedaan warna yang sangat mencolok yaitu bagian gubal dan teras. Kedua bagian ini memiliki warna yang kontras pada beberapa jenis kayu. 

Misalnya saja pada kayu trembesi, warna kayu gubalnya (heartwood) lebih gelap dan warna kayu teras (sapwood) lebih terang. Kontras warna ini seringkali menurunkan kualitas tampilan sebuah furniture. Oleh karena itu, Anda harus berusaha keras dalam mengontrol warnanya. 

Apa Itu Wood Stain Liquid untuk Kayu?

Sebelum mengaplikasikan, tahukah Anda apakah itu wood stain? Seperti yang kita kenal bahwa stain adalah pewarna kayu yang terdiri dari binder dan dye tetapi juga bisa dengan pigment. Dye merupakan kandungan yang paling banyak karena warnanya yang tidak menutup kayu dan seratnya. Anda masih bisa dilihat tampilan serat kayu. 

Layaknya orang zaman dahulu yang menggunakan bahan alami seperti teh, kopi dan juga buah beri untuk memberikan warna, semua bahan tersebut kini digantikan oleh stain yang mengandung dye. Liquid stain adalah salah satu jenisnya. Bentuknya yang sangat cair membuatnya lebih mudah digunakan dan dilarutkan. 

Di antara produk stain, Biovarnish liquid stain adalah yang paling direkomendasikan. Perbedaan Biovarnish liquid stain dengan stain pada umumnya adalah bahan yang terbuat dari air. Kandungan air di dalamnya akan memuat dye  bekerja dengan lebih baik dimana akan menyatu dengan pori dan memperlihatkan tampilan kayu asli. 

Jika Anda menggunakan Biovarnish liquid stain maka ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan sebagai berikut:

  • Lebih mudah mengatur warna

Karena hasil warnanya yang sangat lengkap memudahkan Anda untuk mengatur hasil warna yang diinginkan. Anda bisa menyamakan warna kayu teras dengan kayu gubal, atau bisa juga menggelapkan kayu. Apapun warna yang Anda inginkan bisa dicapai. Kecuali jika Anda ingin mendapatkan warna kayu yang terang pada kayu asli berwarna gelap, maka harus melewati proses bleaching terlebih dahulu. 

  • Kecepatan kering mempermudah proses finishing

Proses kering cat kayu transparan warna dari Biovarnish ini lebih cepat kering. Tanpa penjemuran, Anda bisa mendapatkan tampilan kering dalam waktu 60 menit. Pastikan saja proses pengeringan dilakukan dalam ruangan dengan suhu ruangan yang cukup kering. Jika ingin lebih cepat lagi, aplikasikan setiap layer cat dengan tipis. Karena Anda bisa mengulangi aplikasinya jika ingin mendapatkan warna yang lebih gelap. 

  • Tahan terhadap serangan jamur dan rayap

Pewarna kayu transparan Biovarnish memiliki tambahan bahan pengawet yang membuatnya tahan terhadap serangan rayap serta jamur. Walaupun tidak membentuk lapisan film layaknya pernis, namun jika produk memiliki tambahan pengawet artinya cat bisa lebih tahan lama. Kayu pun akan terlindungi dengan aman. 

  • Daya sebar yang luas membuat hemat

Tak hanya cepat, tetapi jika ingin mengaplikasikan dengan hemat maka Anda harus memilih Biovarnish liquid stain. Daya sebarnya sangat luas yaitu 8-10 m2 per kilogramnya. Namun jika Anda tidak ingin mengaplikasikan dalam jumlah besar, bisa juga menggunakan stain kemasan 500 gram. 

Teknik Mengontrol Warna dengan Liquid Stain

Mengontrol warna didasari oleh pengetahuan warna terlebih dahulu. Jika Anda ingin mengecat dalam jumlah besar, sangat disarankan untuk membuat prototype terlebih dahulu. Sehingga hasil finishing dapat terlihat dan Anda mengetahui apa saja langkah dan jumlah lapisan yang dibutuhkan. 

Mengecat sebaiknya dilakukan dalam satu langkah langsung berhasil, apalagi jika Anda hanya akan mengecat kayu buatan seperti plywood. Lapisan veneer yang tipis rentan rusak jika Anda mengecat ulang dengan yang baru. Ada dua teknik mengontrol warna dengan Biovarnish liquid stain yang bisa Anda lakukan sebagai berikut. 

Cara Menyamakan Warna Kayu Gubal dan Teras

Perbedaan warna kayu gubal dan teras yang cukup mengganggu sehingga menurunkan harga jual dari furniture kayu. Oleh karena itu sebagian besar orang akhirnya memutihkan dengan bleaching, padahal cara tersebut tidak perlu. 

Bagi beberapa jenis kayu yang warna kayu gubal dan teras tidak terlalu terlihat seperti walnut, oak, jati maka akan lebih mudah untuk menyamakannya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  1. Amplas permukaan kayu dengan amplas nomor 220. Bersihkan debunya dan pastikan permukaan kayu sudah halus. 
  2. Larutkan Biovarnish liquid stain dengan warna sesuai kayu dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian diaduk hingga merata.
  3. Kuaskan lapisan pertama hanya pada bagian kayu teras saja yang warnanya lebih terang. Usahakan tipis hingga warna kayu mirip dengan bagian gubal. Ikuti serat kayu. 
  4. Biarkan kering setelah itu baru amplas. Kali ini amplas dengan kertas amplas nomor 400. Ikuti arah serat saat mengamplas. 
  5. Ulangi pengecatan, kali ini harus merata baik bagian gubal dan teras. Ikuti juga serat kayu hingga merata  dan dapatkan warna hingga menjadi sama. 
  6. Diamkan kayu sekali lagi dan lanjutkan amplas ambang jika sudah mengering. 

Hasil terakhir dari warna kayu yang sudah merata ini kemudian baru ditutup kembali dengan pernis kayu. 

Cara Membuat Warna Kayu Lebih Gelap

Walaupun merupakan pewarna kayu transparan tidak semua hasilnya adalah warna-warna kayu yang  terang. Ada beberapa jenis warna yang gelap sehingga membuat kayu menjadi tampilan yang eksotik. Kayu dengan tampilan eksotik identik dengan harga yang mahal. Anda bisa menerapkan cara ini pada jenis kayu murah dan terang seperti pinus atau jati belanda. 

Teknik menyamakan warna kayu supaya lebih gelap adalah berikut ini:

  • Haluskan permukaan kayu dengan amplas, kemudian bersihkan dari debu. 
  • Campurkan Biovanish liquid stain dengan air. Pilih warna eksotik yang gelap seperti sonokeling, papua rose. Gunakan perbandingan 2: 1 dan aduk hingga merata. 
  • Kuaskan kali ini langsung merata karena kebanyakan kayu lunak seperti pinus memiliki warna kayu gubal dan teras yang sama. 
  • Anda hanya perlu menguaskan searah dengan serat kayu secara merata.
  • Diamkan hingga akhirnya cat mengering selama 60 menit kemudian baru amplas ambang seperti langkah di atas. 
  • Bersihkan debu amplas dan jika warna kayu masih kurang gelap, Anda bisa mengulangi aplikasinya kembali. 

Anda bisa melapisi kayu dengan Biovarnish liquid stain yang warnanya gelap setidaknya 2 hingga 3 kali lapisan. Jangan lupa setelah lapisan yang terakhir, Anda harus melapisi kembali dengan pernis.

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH