Cara Mudah Menutup Pori Serat Saat Refinishing Meja Makan Kayu

Apakah meja makan kayu di rumah sudah mulai usang? Perhatikan keindahan dan strukturnya, jika sudah mulai rusak tandanya Anda harus mulai memperbaiki. Cara memperbaiki pun sangat mudah, Anda bisa melakukan tahapan refinishing hanya dengan mengganti lapisan pernis atau coating sepenuhnya. 

Jika meja makan kayu di rumah menggunakan cat kayu warna solid maka gunakan tiner atau bahan kimia khusus untuk mengelupas lapisan coating lama.  Jika tidak, gunakan alternatif amplas kasar nomor 80 atau 100 dan mesin amplas. Selanjutnya adalah memperbaiki kerusakan dan memutuskan produk apa yang sebaiknya digunakan. 

Karena Anda hendak memperbaikinya dan mengembalikan warna natural, maka finishing close pore diperlukan. Finishing ini akan menutup permukaan kayu dengan dempul yaitu wood filler dan atau sanding sealer. Penggunaannya tergantung dengan hasil finishing yang digunakan. 

Apapun hasil finishingnya, bahan finishing terbaik yang digunakan untuk menutup pori serta meja makan kayu adalah Biovarnish. Alasannya adalah produk ini adalah bahan finishing water based yang aman dan ramah lingkungan. Menggunakan bahan finishing air juga menghemat proses refinishing, 

Menutup Pori Serat Kayu dengan Biovarnish Wood Filler

Wood filler berbeda dengan dempul, fungsi utamanya adalah untuk menutup pori kayu. Wood filler terdiri dari banyak partikel berukuran sangat kecil supaya bisa mengisi pori kayu dan memadat. Sehingga pori kayu tidak lagi bekerja untuk menyerap kelembaban. Ketika digunakan untuk meja makan, akan melindunginya supaya tidak mudah berjamur dan keropos. 

Penggunaan wood filler sendiri tidak sebatas untuk menutup pori kayu, namun juga untuk memperbaiki cacat. Baik itu cacat goresan yang tidak terlalu dalam dan lubang kayu yang ukurannya tidak lebih dari 5 mm. Karena fungsinya yang berbeda maka cara mengaplikasikannya juga berbeda-beda. 

Untuk bisa mengaplikasikan dengan tepat dan hasilnya maksimal, ikuti langkah masing-masing aplikasinya berikut ini. 

Mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk Menutup Pori Kayu

Ketika Anda hendak mengisi permukaan pori meja kayu solid yang tidak memiliki cacat, maka wood filler harus dilarutkan dengan sedikit air. Jangan terlalu encer, asalkan bisa diaplikasikan dengan mudah. Untuk alat aplikasinya Anda bisa menggunakan kuas atau kain katun kering. 

Ikuti langkah aplikasinya berikut ini:

  1. Tambahkan Biovarnish wood filler dengan sedikit air di wadah yang terpisah. Aduk hingga tercampur merata dan tak ada endapan. 
  2. Kuaskan larutan wood filler ke permukaan meja kayu, kemudian tekan dengan kain katun kering. Tekan sambil diusap sehingga foller benar-benar mengisi pori. 
  3. Diamkan supaya wood filler kering, tanpa dijemur selama 20 menit. s
  4. Jika sudah kering lanjutkan dengan pengamplasan. Gunakan amplas nomor 240 dan arahkan sesuai serat kayu. 
  5. Bersihkan debu kayu dengan kain yang kering. 

Jika permukaan kayu sudah menjadi lebih halus, Anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu aplikasi stain. 

Mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk Menutup Cacat Goresan

Apabila menggunakan cara di atas, maka cacat goresan yang biasanya muncul pada meja kayu lama tidak akan tertutup sepenuhnya. Alasannya adalah karena wood filler terlalu cair dan Anda harus mengulangi aplikasinya hingga berkali-kali. Supaya lebih mudah, Anda bisa mengikuti langkah yang berbeda. 

Berikut ini cara aplikasi Biovarnish wood filler untuk memperbaiki cacat goresan yang muncul pada meja kayu. 

  1. Bersihkan permukaan meja kayu dengan kain kering. 
  2. Letakan wood filler Biovarnish pada bagian goresan dengan scrape kemudian dan ratakan. Tak perlu terlalu rapi karena nanti akan di amplas. 
  3. Tunggulah kering selama 20 menit juga tanpa harus dijemur. 
  4. Lanjutkan dengan proses pengamplasan, gunakan juga amplas nomor 240. s

Dengan cara ini maka permukaan meja yang tergores akan kembali merata. Jika ditutup dengan stain maka tidak akan terlihat bekas cacat sama sekali. 

Mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk Menutup Cacat Lubang

 Pori jika tidak akan tertutup sempurna jika Anda melewatkan bagian cacat lubang. Selain itu bagian yang berlubang artinya tidak tertutup dan beresiko untuk dirusak oleh rayap. Jika Biovarnish wood filler diaplikasikan begitu saja seperti cara kedua maka efeknya juga tidak maksimal. 

Untuk memperbaiki masalah cacat lubang yang ukurannya tidak lebih dari 5 mm maka Anda bisa mengikuti cara berikut ini:

  1. Bersihkan bagian cacat lubang, jangan sampai ada kotoran yang menyumbat. 
  2. Campurkan Biovarnish wood filler dengan serbuk kayu yang warnanya sama dengan meja makan. Campur hingga berbentuk pasta yang bisa diisikan.
  3. Isi bagian lubang tersebut dengan pasta wood filler, gunakan scrape untuk menekan hingga melekat pada bagian dasar. 
  4. Ratakan permukaannya dengan scrape dan tunggu kering selama 20 menit. 
  5. Amplas permukaan untuk menghaluskan, gunakan juga amplas nomor 240. 

Permukaan akan kembali merata dan tidak terlihat bekas cacat lubang. Anda juga bisa mengkombinasikan penggunaannya. Misalnya setelah mengisi caca lubang atau goresan, gunakan cara pertama untuk menutup pori kayu secara merata. 

Menutup Pori Serat Kayu dengan Biovarnish Sanding Sealer

JIka Biovarnish wood filler terdapat tiga cara aplikasi, maka sanding sealer memiliki dua cara sesuai dengan fungsinya. Ketika digunakan pada finishing open pore, sanding sealer berperan sebagai base coat menggantikan wood filler. Namun jika finishing close pore dilakukan maka aplikasinya setelah Biovarnish liquid stain. 

Seperti apakah dua cara aplikasinya yang berbeda? Ikuti langkah mudahnya disini. 

Mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer sebagai Base Coat

Sebenarnya di antara kedua langkah yang diaplikasikan tidak jauh berbeda. Hanya saja persiapan dan letak coatingnya berbeda. Ketika difungsikan sebagai base coat, sanding sealer digunakan ketika meja kayu belum dilapisi apapun. 

Berikut ini langkah aplikasi Biovarnish sanding sealer sebagai base coat. 

  1. Amplas permukaan kayu, gunakan amplas nomor 220. Bersihkan debunya. 
  2. Larutkan Biovarnish sanding sealer dengan air, gunakan perbandingan 2:1. Aduk hingga merata.
  3. Kuas larutan Biovarnish sanding sealer ke permukaan meja makan. Ikuti arah serat supaya hasilnya halus. 
  4. Tunggu permukaan menjadi kering tanpa dijemur. Waktu keringnya adalah 60 menit. 
  5. Amplas permukaan sanding sealer yang sudah kering, lalu bersihkan debunya dengan kain kering. s

Selesai aplikasi sanding sealer sebagai base coat Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish clear coat. 

Mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer setelah Liquid Stain

Cara kedua adalah mengaplikasikannya setelah liquid stain. Tahapannya adalah Biovarnish wood filler, kemudian liquid stain dan sanding sealer. Untuk cara aplikasinya adalah sebagai berikut:

  1. Amplas ambang permukaan meja kayu yang sudah dilapisi dengan liquid stain. Gunakan amplas 400 dan lakukan secara ambang. 
  2. Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air, gunakan perbandingan yang sama. 
  3. Kuaskan larutan bahan ke seluruh permukaan kayu, ikuti arah dengan serat kayu. 
  4. Biarkan kering selama 60 menit baru kemudian lanjutkan dengan pengamplasan. 
  5. Bersihkan debu amplas. 

Selesai aplikasi sanding sealer, Anda bisa melanjutkan dengan aplikasi Biovarnish clear coat. 

Artikel "Teknik Aplikasi"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.