Trik Finishing Natural Pada Kayu Trembesi yang Beda Warnanya

Suka dengan kayu trembesi tapi terganggu dengan perbedaan warna kayu gubal dan terasnya? Anda jangan khawatir karena banyak trik yang bisa dilakukan untuk mengubahnya. Kayu trembesi adalah jenis kayu yang populer dikalangan pengrajin dan juga DIY. Harganya murah, selain itu juga tampilannya hampir mirip dengan kayu jati. 

Serat kayu trembesi selalu menjadi daya tarik utamanya karena berbentuk lurus tidak beraturan. Kayu trembesi sendiri sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai macam furniture. Ukurannya yang cukup besar membuat sawn timber kayu trembesi lebih sering dimanfaatkan dalam pembuatan meja panjang. 

Ketika digunakan sebagai meja, perbedaan warna kayu gubal dan terasnya akan sangat terlihat. Disamping itu juga, jika menggunakan pernis saja perbedaan warna ini akan sangat terlihat. Maka triknya adalah menggunakan bahan bleaching kayu sebelum masuk pada tahapan finishing. 

Apakah yang sebaiknya Anda gunakan dalam proses bleaching? Lalu bagaimana dengan tahapan finishingnya? Pernis saja tidak akan cukup untuk membuat meja trembesi terlindungi dengan baik. Nah untuk itu, simak trik-triknya disini. 

Trik Memilih Bahan Pemutih yang Tepat 

Trik pertama adalah menggunakan bahan pemutih kayu yang tepat. Karena Anda harus mendapatkan bahan bleaching yang tidak merusak serat kayu trembesi. Serat adalah bagian dari kayu yang ingin ditonjolkan, jika serat kayu ikut pudar warnanya maka tampilan pun akan menurun. 

Ada beberapa trik dalam memilih bahan bleaching ini. Berikut cara pemilihannya yang tepat: 

  • Mengetahui hasil warnanya

Ada banyak bahan pemutih dan hasil warnanya pun berbeda-beda. Jika ingin mencari produk yang tepat, sebaiknya hasil warna yang didapatkan adalah warna yang cerah bukan putih. Warna yang cerah tidak akan merusak serat kayu bahkan menghilangkannya. 

Produk yang harus dihindari adalah H2O2 karena akan memberikan warna kayu sangat putih. Bahkan untuk kedepannya akan merusak serat bahkan substrat kayu. Padahal Anda bisa menggunakan WA 250 yang merupakan bleaching aman dengan hasil warna cerah natural. 

  • Proses aplikasi lebih mudah

Proses bleaching seringkali terasa rumit karena produk itu sendiri. maka akan lebih baik jika anda menggunakan produk yang aplikasinya lebih mudah. Ada bahan bleaching yang aplikasinya harus direbus terlebih dahulu bahkan tergantung dengan panas matahari agar bekerja dengan maksimal. 

Anda bisa memilih bahan bleaching yang proses aplikasinya hanya dengan kuas sama seperti mengecat pada umumnya. Produk juga dapat bekerja tanpa harus dijemur, dengan begitu akan mengurangi ketergantungan aplikasi sesuai cuaca. 

  • Tidak menimbulkan korosi

Kebanyakan bahan bleaching akan menimbulkan karat. Padahal karat akan mengganggu penampilan bahkan mampu menimbulkan luka atau penyakit lainnya. Sebuah meja trembesi yang menggunakan paku pastinya memiliki resiko karat lebih tinggi.

Oleh karena itu, Anda harus mencari bahan bleaching yang tidak menimbulkan karat. Produk ini tidak lain adalah White Agent 250. Walaupun menggunakan bahan pelarut air, namun tidak akan mempengaruhi logam dan menimbulkan korosi. 

  • Harga 

Jangan remehkan soal harga, jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik tentunya pilih produk berkualitas. Kesampingkan masalah harga jika Anda ingin mendapatkan kualitas bleaching yang terbaik. Rata-rata produk bleaching dengan harga murah akan memberikan kualitas yang lebih buruk. 

Jadi bukan suatu masalah jika Anda harus membeli produk yang harganya sedikit lebih tinggi karena sepadan dengan kualitas yang diberikan. Nah, darisini tentunya Anda akan langsung survey produk mana yang sebaiknya digunakan. 

Cara Mengaplikasikan WA 250 pada Kayu Trembesi

Di antara produk bleaching di pasaran, White Agent 250 adalah produk yang terbaik. Dari segi kualitas hingga proses aplikasinya yang sangat mudah. Apakah Anda masih ingin menggunakan produk lain jika ada produk yang terbaik untuk digunakan? Tentu saja tidak. 

Sebelum langsung mengaplikasikan, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengaplikasikannya. Khususnya pada kayu trembesi yang warna gubalnya sangat gelap. Perlu aplikasi lebih dari satu kali jika ingin hasilnya maksimal. 

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengaplikasikan White Agent 250 agar hasil sempurna:

  • Menyiapkan kayu trembesi

Sebelum mengaplikasikan bahan bleaching, kayu trembesi harus dipersiapkan dahulu. Anda bisa menggunakan sebelum kayu diolah menjadi furniture atau sesudahnya.Caranya mudah, cukup amplas dan hilangkan semua kotoran yang menempel. Anda bisa menggunakan amplas kasar seperti nomor 180 saja. 

Pengamplasan dilakukan dengan mesin atau balok kayu, agar nantinya lebih mudah untuk proses finishing. Selesai mengamplas jangan lupa untuk membersihkan semua debu dengan kain. 

  • Menyiapkan dan Mengaplikasikan WA 250

Persiapan bahan bleaching adalah mencampurkannya dengan air tawar. Campurkan di wadah yang terpisah dan gunakan pengaduk dari stainless steel. Anda bisa menggunakan perbandingan 1:1 atau 2:1. Semakin banyak bahan bleaching maka hasil warna cerah semakin cepat didapatkan. 

Kuaskan WA 250 ke permukaan hanya pada bagian gubalnya saja hingga bahan meresap. Tidak perlu rapi karena bentuknya lebih cair dan tidak meninggalkan lapisan film. Jika tidak dengan kuas, Anda juga bisa memilih alat semprot untuk aplikasinya. 

  • Pengeringan dan pengulangan

Kayu trembesi yang sudah di finishing bisa dikeringkan tanpa harus dijemur. Anda bisa meninggalkan kayu di dalam ruangan dengan ventilasi udara yang baik. Perubahan warna akan terjadi pada 4 jam kemudian dan warna cerah maksimal pada 6 jam. Bersabarlah menunggu karena warna berubah perlahan-lahan. 

Apabila setelah 6 jam warna yang diinginkan beluk muncul atau masih terlihat perbedaan warnanya maka ulangi tahapan aplikasi. Anda bisa mengulangi sebanyak yang diinginkan hingga warnanya berubah sama. 

Trik Mengaplikasikan Pernis agar Kayu Trembesi Tampil Natural

Warna dari kayu trembesi boleh saja sama, tapi Anda juga harus memperhatikan finishingnya. Hasil finishing natural tidak bisa didapatkan hanya dengan pernis saja. Karena hanya dengan pernis tidak akan menjamin ketahanan kayu dan kerekatannya tahan lama. 

Triknya adalah dengan menggunakan sanding sealer sebagai base coat. Kayu trembesi perlu hasil warna transparan dan perlindungan dari base coat serat top coat. Oleh karena itu perpaduan antara sanding sealer dengan clear coat akan membentuk lapisan yang sangat kuat serat tahan lama. 

Dilihat dari segi warna, tentunya hasil natural transparan akan didapatkan. Tanpa sanding sealer, pernis tidak akan melekat. Untungnya kedua produk ini tersedia dengan merk Biovarnish. Cara mengaplikasikan Biovarnish sanding sealer sebelum clear coat pun tergolong sangat mudah. 

  1. Amplas permukaan kayu dengan amplas nomor 220. 
  2. Larutkan Biovarnish sanding sealer dengan air tawar dan aduk di wadah yang terpisah. 
  3. Kuaskan dengan kuas yang baru berbulu nilon ke seluruh permukaan kayunya. Ikuti arah serat agar hasilnya halus dan juga merata. 
  4. Diamkan lapisan sanding sealer mengering selama 60 menit. Baru amplas ambang dengan amplas 400.

Jika lapisan sanding sealer sudah selesai, Anda tinggal mengaplikasikan Biovarnish clear coat. 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH