4 Langkah Cara Mengecat Besi dengan Kuas Bisa Menghilangkan Karat

Karat sangat berbahaya dan bisa menimbulkan penyakit tetanus. Banyak besi yang berkarat karena tidak menggunakan cat yang benar yakni cat yang mengandung bahan ant karat. Material besi banyak disukai karena kekuatannya, masalah penampilan banyak cat yang bisa memberikannya penampilan menarik.

Mengecat besi adalah tindakan yang sangat penting untuk menghindari munculnya karat. Karat pada besi sama seperti rayap pada kayu, dia dapat menimbulkan kerusakan. Jika besi digunakan sebagai furniture atau sebagai pagar maka karat dapat merusak sehingga menimbulkan kerusakan permanen.

Sama seperti peralatan masak yang terbuat dari besi. Sekali karat muncul maka peralatan makan tidak bisa digunakan. Karat muncul karena perubahan iklim khususnya ketika sebuah furnture besi terkena hujan. Karat pada besi sebenarnya adalah jamur dan akan menimbulkan bau yang menyengat.

Ketika kulit terkena karat maka akan terasa gatal dan yang paling berbahaya apabila salah satu bagian kulit terluka akibat karat. Memerlukan suntikan tetanus untuk menghindari darah terkena bakteri yang di bawa oleh karat.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk pencegahan? Pencegahan paling utama adalah dengan melakukan pengecatan kemudian perawatan. Menjaga besi tetap kering bebas dari kelembaban adalah hal utama. Lalu bagaimana dengan pagar besi yang sudah pasti terkena dengan aih hujan?

Cara Mengecat Besi Dengan Kuas Bisa Menghilangkan Karat

Jika furniture besi tersebut terkena hujan maka cat minyak adalah produk yang paling dibutuhkan. Cat minyak akan memberikan lapisan terluar dari pagar besi atau furniture taman yang terkena air hujan. Minyak akan menghambat air hujan dan tidak akan membiarkannya meresap ke permukaan besi.

Hanya saja jika menggunakan cat minyak Anda harus waspada dengan bau yang dikeluarkannya. Cat minyak adalah jenis cat yang sangat keras dan menimbulkan bau menyengat. Sebaiknya Anda menggunakan cat water based yang lebih aman.

Cat enamel water based adalah jenis cat kayu yang aman dan ramah lingkungan. Selain itu telah banyak jenis cat enamel yang mengandung bahan anti karat. Jadi walaupun menggunakan bahan dasar air dan juga pelarut air besi tidak akan mudah berkarat. Justru akan terlindungi dari dengan baik dari air hujan.

Paling sulit adalah bagaimana Anda bisa mengecat untuk menghilangkan karat. Mungkin di rumah Anda saat ini sudah banyak furniture besi yang berkarat dan untuk menghemat uang Anda berencana untuk melakukan proses finishing ulang.

Cara ini tidak salah bahkan banyak juga dilakukan para pemilik rumah lainnya. Apabila Anda ingin melakukannya sendiri, pastikan bahwa cara atau langkah yang dilakukan sudah benar.

Cara Menghilangkan Cat Lama dan Karat

Pertama sebelum masuk ke tahapan proses pengecatan Anda harus menghilangkan karat dan lapisan cat yang lama. Apabila karat sudah menyebar sangat banyak Anda tidak akan bisa menghilangkannya namun setidaknya untuk mengurangi karat sehingga nantinya dapat ditutup dengan cat yang baru.

Ada banyak cara untuk menghilangkan karat pada furniture bisa menggunakan amplas, cuka atau bahan kimia khusus yang dirancang untuk mengatasi rayap. Namun pastikan Anda menggunakan peralatan keselamatan seperti masker, kacamata dan juga sarung tangan. Karat yang dihilangkan menggunakan cairan akan bersifat panas dan gatal, memungkinkan untuk membuat kulit rusak.

Cara Mengecat Besi Dengan Kuas Bisa Menghilangkan Karat

Bagi Anda yang ingin menghilangkan karat siapkan amplas khusus besi baik kain atau kertas. Pastikan Anda menggunakan amplas kasar dan menggunakan kain bersih untuk menghilangkan karat dan debu pengamplasan.

Sebelum mulai mengamplas pastikan seluruh bagian sudah dilepaskan. Jika besi dirangkai menggunakan sekrup dan baut sebaiknya lepaskan. Tentu sekrup dan baut juga berkarat, akan lebh baik jika nantinya Anda mengganti dengan yang baru.

Mulai tuangkan bahan penghilang karat kemudian diamkan agar bereaksi, gunakan sarung tangan karet agar cairan tidak meresap hingga ke dalam kulit. Mulai amplas dan bersihkan dengan air. Lap bagian tersebut dengan kain lap hingga kering. Pastikan permukaan besi berubah menjadi halus dan karat pun hilang.

Pastikan juga lapisan cat yang lama telah hilang. Biasanya cairan pembersih khusus untuk menghilangkan karat ini bisa Anda dapatkan di toko bahan bangunan terdekat dan harganya juga tidak mahal. Bagi Anda yang ingin menggunakannya pastikan perlengkapan keamanan benar-benar terpakai dengan baik.

Mengecat Ulang Material Besi dengan Kuas

Kini saatnya bagi Anda untuk cara mengecat dengan kuas pada besi hingga memiliki penampilan yang baru. Penampilan ini harus sesuai kebutuhan jadi pilihlah warna yang benar-benar tepat. Jika besi yang dicat adalah furniture pastikan warna yang dipilih sesuai dengan gaya yang dimiliki dalam ruangan.

Untuk mulai mengecat siapkan cat enamel dan bahan pelarutnya. Jangan lupa bacalah petunjuk pemakaian sebelum mengecat. Siapkan juga kuas untuk mengecat, pastikan kuas nilon untuk cat water based sedangkan kuas bulu alami untuk cat minyak. Kedua jenis kuas ini akan memberikan hasil yang berbeda.

Cara Mengecat Besi Dengan Kuas Bisa Menghilangkan Karat

Setelah alat dan bahan sudah disiapkan, lakukan proses pengecatan dengan langkah berikut ini:

  1. Campurkan cat enamel dengan bahan pelarutnya. Ikut perbandingan cat dengan bahan pelarut sesuai dengan yang tertera pada kemasan kaleng. Pastikan juga material besi telah diamplas dengan benar dan tidak ada debu sisa pengamplasan yang tertinggal. Material juga harus benar-benar kering.
  2. Lakukan penguasan, sebaiknya jangan terlalu tebal karena cat akan lama dan susah keringnya. Ingat Anda tidak hanya akan memberikan satu kali lapisan cat saja. Semakin banyak lapisan cat yang digunakan maka hasilnya akan semakin kuat.
  3. Tunggu lapisan cat pertama mengering. Di sini Anda bisa menggunakan penjemuran atau tidak tergantung dengan jenis cat yang digunakan. Cat minyak akan mengering dengan baik jika melakukan proses penjemuran sedangkan cat water based tidak. Ini dikarenakan cat memiliki proses penguapan yang berbeda.
  4. Lanjutkan dengan proses pengamplasan. Ketika lapisan cat pertama telah kering Anda bisa melakukan pengamplasan. Pengamplasan ini menggunakan kertas amplas nomor 400 dan dilakukan secara ambang saja. Pengamplasan dilakukan untuk menimbulkan goresan sehingga lapisan cat di atasnya bisa merekat dengan baik. Jangan lupa untuk menghilangkan debu amplas.

Keempat langkah di atas adalah cara mengecat besi dengan kuas yang paling mudah. Anda bisa menggunakan langkah di atas untuk mendapatkan hasil finishing gloss. Jika Anda menggunakan cat minyak untuk besi tentu saja hasil gloss akan didapatkan.

Namun jika menghendaki hasil warna doft maka bukan tidak mungkin. Anda bisa menggunakan tambahan lapisan top coat untuk mendapatkan warna yang tidak mengkilap. Kebanyakan finishing ini dilakukan untuk furniture di dalam rumah mengingat finishing gloss tidak tahan oleh goresan.

Anda bisa menambahkan top coat doft atau top coat matte. Pastikan juga jika top coat yang digunakan adalah top coat water based. Jika menggunakan top coat solvent sudah pasti jika lapisan cat di atasnya tidak akan melekat.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH