Serba Serbi Lantai Kayu Palet untuk Rumah

Apakah Anda tahu bahwa selama ini lebih dari 300.000 ton kayu palet tidak digunakan di seluruh dunia? Jika dilihat dari kebutuhan industri untuk kayu yaitu 4.5 juta kaki maka tidak heran dengan jumlah kayu palet yang tidak terpakai. 

Jenis kayu yang tidak digunakan ini bahkan bervariasi dan semuanya adalah jenis kayu solid yang bisa dikatakan mahal. Kayu palet selama ini dikenal dengan kekuatannya yang tidak bagus sehingga tidak cocok digunakan sebagai lantai. 

Namun apakah Anda pernah mencobanya? Hasilnya ternyata cukup mencengangkan bahwa kayu palet cocok digunakan sebagai lantai kayu untuk rumah. Bahkan Anda bisa mendapatkan lantai dari kayu palet secara gratis dari pabrik-pabrik yang membuangnya. 

Apabila dibandingkan dengan lantai kayu yang baru dan membutuhkan instalasi mahal maka kayu palet bisa dijadikan alternatif yang lebih baik. Hemat dan pemasangan yang mudah bisa menjadi alasan utama Anda tetap menggunakan lantai dari kayu palet. 

Ketahanan Kayu Palet yang Dimanfaatkan Sebagai Lantai

Ketahanan yang diberikan oleh lantai kayu dari palet tergantung dengan seberapa tinggi penggunaannya sehari=hari. Hanya saja ini bukanlah hal utama yang perlu dikhawatirkan. Bahkan tanpa dengan adanya aktivitas sehari-hari kayu adalah bahan yang akan tetap rusak suatu hari nanti. 

Namun lama tidaknya lantai kayu palet akan rusak tergantung dengan bagaimana perawatan yang Anda lakukan. Lantai kayu yang terbuat dari palet memiliki sifat unik. Jika salah satu bagian mengalami kerusakan maka sangat mudah memperbaikinya. 

Anda bisa melakukan perbaikan dengan menggantinya menggunakan palet baru dalam waktu beberapa jam saja. Jika lantai rusak karena goresan Anda juga bisa memperbaikinya dengan dempul kayu. 

Jika Anda ingin memiliki tampilan lantai kayu bertahan lama, pastikan tidak menggunakan sepatu di area tersebut. Anda juga wajib menggunakan bahan finishing yang akan merawat kayu tetap dalam kondisi baik. 

Tempat untuk Mendapatkan Kayu Palet untuk Lantai

Ketika Anda mulai mengumpulkan kayu palet dari berbagai macam pabrik atau rumah pribadi pastikan Anda mendapatkan izin. Beberapa pabrik seringkali tidak membuang kayu palet mereka karena alasan khusus. 

Mengumpulkan kayu palet untuk rumah bisa memakan waktu dan tidak bisa terjadi dalam semalam saja. Penting untuk bersabar dalam mendapatkan kayu palet sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. 

Anda juga tidak akan kesulitan dalam mencari kayu palet di tempat -tempat berikut ini:

  1. Gudang, Anda bisa mendapatkan kayu palet di gudang yang menerima pengiriman dalam jumlah besar. Biasanya barang-barang akan dikemas dalam kayu palet yang disusun. Sehingga inilah kesempatan Anda untuk mendapatkannya.
  2. Toko perangkat keras yang baru saja buka biasanya juga akan memiliki sisa palet yang tidak digunakan. Sebagian besar dari mereka tentu bingung untuk membuang kayu palet tersebut. 
  3. Tempat pembuangan akhir yang biasanya digunakan untuk membuat kayu palet. Di sana pasti terdapat tumpukan kayu yang harus Anda pilih dengan hati-hati. 
  4. Anda juga bisa membelinya di toko kayu khusus palet. Biasanya di toko tersebut kayu yang dijual memiliki sertifikasi. 

Selalu ingat untuk memilih kayu yang berasal di tempat kering. Anda harus menyimpannya di ruangan kering sebelum mengolahnya jika tidak jamur akan muncul dan merusak kayu.

Jenis Kayu Palet yang Cocok Digunakan sebagai Lantai

Sudahkah Anda memastikan bahwa kayu yang digunakan cocok untuk dibuat sebagai lantai. Hal inilah yang sering terlewatkan ketika seseorang hendak menggunakan kayu palet. Anda perlu memilih dan memastikan bahwa jenis kayu yang digunakan sesuai. 

Berikut ini beberapa faktor penting ketika memilih jenis kayu untuk lantai rumah yang cocok digunakan. 

  1.  Pastikan palet kayu memiliki logo IPPC yang akan mencegah kandungan Methyl-bromide dan Chemically Treated di dalamnya. Anda juga tidak perlu memilih kayu yang memiliki warna karena biasanya mengandung formalin. 
  2. Temukan penggunaan kayu tersebut sebelumnya. Sebaiknya jauhi kayu palet yang sudah terkena bahan makanan seperti daging dalam waktu lama. Kayu bisa saja mengandung bakteri berbahaya seperti E. Colli dan Salnonella. 
  3. Temukan kayu palet yang tidak terkena iklim lembab dalam waktu berkepanjangan. Jika kayu telah terkena hujan dalam waktu yang lama maka jamur pasti sudah mulai bermunculan. 

Perlu diingat juga ketika Anda mengamplas kayu pastikan menggunakan respirator atau masker. Palet kayu yang sudah memiliki tanda ‘KD’ (kiln-dried) dan ‘DB’ (debarked) tidak berbahaya untuk kesehatan Anda. 

Mengecat Rumah Lantai Kayu dengan Cat Water Based

Jika Anda sudah memilih kayu palet dan memasangnya sebagai lantai, kini saatnya mempersoalkan masalah finishing. Tentu Anda tidak ingin memiliki lantai kayu yang begitu saja tanya adanya sentuhan bahan finishing. 

Cat atau pernis tidak hanya digunakan untuk memberikan penampilan menarik pada lantai rumah dari kayu palet namun juga sebagai perlindungan. Apakah Anda sudah memilih jenis bahan finishing mana yang digunakan dan cara aplikasinya? 

Sebagai saran Anda bisa menggunakan Biothane sebagai lapisan pelindung akhir lantai kayu palet. Biothane berfungsi sebagai pernis yang terbuat dari bahan polyurethane sehingga memberikan perlindungan dua kali lebih kuat. 

Sebelum aplikasi Biothane Anda bisa memberikan lapisan sanding sealer yang berfungsi sebagai cat dasar kayu. Biovarnish sanding sealer bisa menjadi pilihan tepat karena kompatibel dengan Biothane. Alasannya adalah keduanya terbuat dari bahan dasar air. 

Proses Aplikasinya sangat mudah cukup dengan persiapan, mengaplikasikan sanding sealer kemudian Biothane. 

Step 1. Persiapan

Bersihkan semuda debu dan juga kotoran di atas lantai baru Anda. Anda bisa menggunakan sapu atau vacuum cleaner yang lebih mudah didapatkan. Kemudian lanjutkan dengan pengamplasan menggunakan mesin sama seperti proses pengamplasan lantai kayu secara umum. 

Bersihkan debu dengan vacuum cleaner kembali dan angkat debu halus dengan kain yang telah dibasahi. Lanjutkan dengan proses pengeringan sebentar sebelum langkah selanjutnya. 

Step 2. Aplikasi sanding sealer

Anda akan menggunakan Biovarnish sanding sealer jadi sebaiknya campurkan di tempat terpisah dengan air. Gunakan perbandingan 2 : 1 kemudian aduk merata dan pastikan tidak ada bahan yang mengendap. 

Siapkan roll kemudian  gulirkan merata searah dengan serat kayu. Bekerjalah dari bagian pinggir ruangan kemudian bagian dalam. Bergeraklah ke luar ruangan menuju pintu. Diamkan sanding sealer hingga kering kemudian amplas dengan amplas halu. 

Kembali bersihkan debu bekas pengamplasan dengan vakum. 

Step 3. Aplikasi Biothane

Lapisan terakhir membutuhkan Biothane, karena Anda telah mengaplikasikan sanding sealer maka tidak perlu takut lagi dengan cat yang tidak merata. Sanding sealer telah menutup pori sehingga akan membentuk ikatan kuat dengan Biothane. 

Campurkan Biothane dengan air perbandingan 2 : 1 di wadah terpisah. Aduk hingga merata kemudian aplikasikan dengan roller yang telah dicuci bersih. Lanjutkan dengan proses pengeringan setelah selesai. 

Coating akan mengering setelah semalaman. Anda harus memastikannya benar-benar kering sebelum menggunakan ruangan. 

Artikel "Featured"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.