Sudahkah Memilih Bahan Lapisan untuk Cat Kusen Kayu? Ikuti Tips Ini

Pemilihan bahan lapisan untuk cat kusen kayu bukan sekedar soal harga mahal atau murah tetapi kualitasnya. Anda bisa saja membeli cat yang harganya mahal, tapi apakah kualitasnya mumpuni? Ada juga cat kusen yang murah tetapi pastinya kualitasnya tidak terjamin. Lalu apa yang harus Anda lakukan?

Cara paling jitu adalah dengan mengecek kualitas dari masing-masing cat kayu. Tentukan terlebih dahulu hasil seperti apakah yang ingin Anda dapatkan. Apakah ingin mendapatkan warna kusen solid atau natural. Jika Anda masih pemula dalam hal finishing, akan lebih baik jika memilih cat warna natural yang aplikasinya lebih mudah. 

Cat dengan warna natural lebih mudah karena lebih rendah resiko brush mark berkat warnanya transparan apabila diaplikasikan dengan kuas. Resiko untuk cat yang mengendap juga lebih rendah karena mudah larut sekali dilarutkan. Apalagi jika hendak aplikasi kusen yang harus memiliki tampilan halus serta merata.

Pemilihan bahan lapisan kusen adalah langkah pertama yang harus Anda lampaui sebelum masuk ke teknik aplikasi. Bagaimana cara memilihnya dan produk apa saja yang direkomendasikan? Yuk cari tahu melalui tips di sini. 

Tips Memilih Bahan Lapisan untuk Cat Kusen Kayu yang Berkualitas

Memang tidak mudah untuk memilih produk cat kusen yang cocok, apalagi jika kusen di rumah sebelumnya sudah memiliki lapisan coating. Anda perlu mencoba satu per satu produk untuk mendapatkan hasil yang terbaik dengan membandingkannya. Beberapa produk cat biasanya memiliki sampel cat, atau Anda bisa membeli cat dengan kemasan kecil. 

Langkah paling tepat adalah mencoba membeli lapisan pernis, jika bagus maka Anda bisa membeli kelengkapan coating lainnya. Seperti sanding sealer, stain dan juga wood filler. Selama mencoba, ikuti beberapa tips berikut ini untuk membandingkannya. 

  • Apakah proses pengamplasannya mudah?

Pertanyaan pertama yang harus Anda jawab adalah apakah mudah mengamplas lapisan coating tersebut. Jika lapisan pernis telah mengering maka Anda akan tahu apakah cat tersebut memiliki kualitas baik. Jika ternyata coating justru mengelupas banyak setelah di amplas maka daya rekatnya sangat buruk. 

Tak hanya itu saja, coating juga harus ringan ketika di amplas. Terlalu keras menandakan fleksibilitas dari coating sangatlah rendah. Anda perlu memilih pernis yang ringan di amplas. 

  • Apakah muncul perubahan warna setelah mengering?

Berubahnya warna pernis kayu bisa saja terjadi setelah kering. Seharusnya tidak ada warna yang muncul kecuali tingkat glossy sesuai dengan clear coat yang Anda beli. Beberapa cat kusen yang tidak bagus akan berubah warna memutih seperti embun. Penyebabnya adalah pengeringan yang terlalu cepat sehingga bahan pelarut tidak menguap dengan sempurna. 

Kebanyakan cat yang menimbulkan efek ini adalah pernis kayu solvent yang menggunakan thinner sebagai bahan pelarutnya. Jadi Anda harus melihatnya setelah cat mengering. 

  •  Cat difungsikan untuk furniture outdoor

Cat untuk kusen yang dipilih sebaiknya memiliki fungsi utama untuk furniture outdoor. Jika Anda memilih produk dengan fungsi ini, maka perlindungannya akan lebih dibandingkan untuk cat yang diaplikasikan pada furniture indoor. Perlindungan yang diberikan seperti tahan terhadap perubahan cuaca, rayap, jamur dan sinar uv akan didapatkan. 

Hal ini mengingat kusen yang terdapat pada bagian luar ruangan sering terkena panas dan kelembaban tinggi. Jika memilih produk cat outdoor akan membuat warna kusen tahan lama. 

  • Proses aplikasi yang relatif mudah

Setelah mengikuti petunjuk aplikasi pada kemasan, apakah Anda merasakan kemudahan pada setiap tahapannya? Pastikan alat yang digunakan sudah sesuai dengan anjuran pemakaian untuk mengetahui hasil maksimalnya. Coba perhatikan apakah waktu keringnya cepat, melarutkannya mudah dan mudah disemprot, dikuas atau diroll. 

Aplikasi yang mudah akan mempermudah Anda selama proses aplikasi yang sebenarnya. Contoh, jika waktu keringnya cepat maka setiap lapisan coating bisa Anda selesaikan dengan cepat. Bahkan finishing sehari pun bukan masalah. 

  • Cat sebaiknya tidak menimbulkan aroma yang menyengat

Aroma selama proses aplikasi seringkali mengganggu. Bau yang keluar dari cat bisa saja sangat menyengat, seperti ketika Anda mengaplikasikan cat tembok. Penyebab utamanya adalah bahan organik yang digunakan di dalamnya terlalu banyak. Misalnya saja seperti timbal dan formalin yang menjadi sumber zat organik. 

Walaupun telah menggunakan masker, beberapa produk masih mengeluarkan aroma yang sangat menusuk. Bahkan ketika Anda pertama kali membuka kemasan. Sebaiknya segera hindari pemakaian produk dengan ciri seperti ini. 

  • Memberikan tampilan glossy

Hindari penggunaan cat pernis yang menghasilkan tampilan glossy seperti doff, matte atau death matte. Alasannya adalah lapisan coating tersebut lebih tidak tahan oleh goresan. Sebenarnya bukan juga karena gloss adalah coating yang lebih tahan gores tetapi mampu menutupi permukaan yang terkena goresan. 

Karena sifatnya mengkilap maka goresan ringan karena penggunaan kusen tidak akan terlihat jelas. Inilah yang membuat penampilan kusen tetapi tampak mengkilap dalam waktu lama. 

  • Apakah memiliki daya tutup yang baik?

Tips terakhir adalah selalu membeli daya tutup yang baik dan biasanya kualitas daya tutup yang buruk terdapat pada produk cat dengan harga murah. Anda mungkin terpikirkan untuk membeli produk dengan harga murah, tetapi jika daya tutupnya tidak maksimal percuma saja. Dalam beberapa bulan lapisan coating pada kusen akan mudah hilang karena terkena perubahan cuaca. 

Oleh karena itu selalu teliti kembali keterangan pada kemasan apakah cat memiliki daya tutup yang baik. Jika tidak beralih lah untuk membeli produk dengan harga yang lebih tinggi. 

Cara Tepat dalam Mengaplikasikan Bahan Lapisan untuk Kusen Kayu

Anda mungkin sudah menemukan produk terbaik, namun jika teknik aplikasinya salah maka hasilnya juga bisa tidak rapi. Salah-salah akan mengurangi tingkat glossy dari cat, karena permukaan harus benar-benar rata untuk mendapatkan hasil maksimalnya. Hal ini disebabkan oleh kusen yang memiliki banyak siku dan lekukan dan membutuhkan perhatian. 

Supaya lebih mudah, Anda bisa mengikuti beberapa cara mengaplikasikan cat kusen kayu dengan tepat berikut ini. 

  • Jangan pernah melupakan pengamplasan

Mengamplas kusen baik itu kayu yang belum dilapisi cat atau kusen lama sangatlah penting. Jika terdapat lapisan coating maka tujuan mengamplas adalah menghilangkan cat dan menghaluskan kayu. Namun jika mengamplas kayu asli tujuannya adalah menghaluskan. Belajar teknik mengamplas kayu akan memudahkan Anda mendapatkan permukaan kusen yang halus. 

  • Jangan lewatkan aplikasi sanding sealer

Sebelum mengaplikasikan pernis Anda perlu menggunakan sanding sealer supaya hasil finishing lebih merata. Penggunaan sanding sealer juga akan membantu lapisan film dari pernis menjadi lebih kuat. Anda juga akan mengaplikasikannya lebih cepat. Cukup satu atau dua lapisan sanding sealer saja sudah cukup. 

  • Tes warna stain sebelum menggunakannya

Bagi Anda yang ingin menggunakan stain, jangan lupa untuk mengetes warnanya. Apakah warna yang diinginkan sudah sesuai dengan warna kayu. Anda perlu mengetesnya pada jenis kayu yang sama pada kusen. 

Hasil finishing kusen akan lebih maksimal jika Anda mendapatkan produk berkualitas. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Biovarnish clear coat. Sebagai lapisan pernis, Biovarnish akan memberikan perlindungan maksimal, aplikasi mudah hingga warna yang memuaskan. 

Artikel "Featured"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.