Bosan dengan Warna Merah Kayu Mahoni? Pemutih Kayu Ini Solusinya

Kayu mahoni memiliki peminatnya tersendiri, namun ada pula yang tidak suka dengan warna kemerahan yang dihasilkan. Selain itu warna merah mahoni cenderung mudah luntur. Apabila kayu tidak dilapisi dengan pernis kayu, warnanya akan mudah luntur.

Penggunaan kayu mahoni yang sering terpapar sinar uv akan membuatnya sangat mudah memudar. Saat warna kayu mulai memudar, disinilah Anda bisa melakukan perubahan. Mungkin Anda sudah menggunakan furniture kayu mahoni sejak lama, jadi mengubah warnanya bukan suatu masalah.

Cara paling ampuh adalah memanfaatkan pemutih kayu. Fungsi dari pemutih kayu atau bleaching ini adalah memutihkan warna kayu. Biasanya para pengrajin akan menggunakan pemutih kayu untuk menyamarkan noda pada permukaan.

Misalnya saja kayu pinus, kayu ini memiliki banyak sekali noda yang berasal dari jamur blue stain. Ketikan kayu tidak di bleaching maka akan menurunkan daya jualnya. Menghindari penurunan harga, sebelum kayu dipernis maka akan masuk proses pemutihan.

Cairan Pemutih Kayu yang Aman untuk Kayu

Memilih bahan untuk memutihkan kayu mahoni akan menjadi sangat vital. Jika Anda salah memilihnya maka akan membuat kayu berubah menjadi rusak. Ingat Anda akan melakukan pemutihan pada kayu yang sudah lama digunakan. Salah langkah akan membuat kayu lebih cepat rusak.

Bahan pemutih kayu yang disarankan tidak lain adalah White Agent 250. Bleaching kayu ini adalah jenis produk yang terbuat dari bahan dasar air. Jadi lebih aman untuk lingkungan dan juga kayu. Mengapa kayu? Karena bahan dasar air tidak akan merusak substrat kayu walaupun penggunaan berulang kali.

Apa saja yang akan didapatkan kayu mahoni dari White Agent 250? Berikut ini macam-macam keuntungannya.

  • Warna kayu menjadi putih cerah, bukan menjadi putih tapi kayu tetap cerah dan seratnya terlihat.
  • Mencerahkan secara merata, kayu akan memiliki warna cerah yang merata. Jadi tidak hanya warna yang sebagian namun seluruhnya.
  • Hasil dapat dilihat dari 6 jam, Anda bisa melihat perubahan warnanya dalam waktu tersebut.
  • Tidak membutuhkan panas matahari agar obat bekerja, jadi Anda bisa melakukan bleaching di segala musim.

White Agent 250 disebut juga sebagai cairan pemutih kayu yang aman, karena tidak menimbulkan iritasi pada kulit normal. Jadi Anda tidak perlu khawatir penggunaannya, yang lebih mudah dan juga cepat.

Proses Aplikasi yang Mudah dan Juga Cepat

Bila dibandingkan dengan jenis bahan pemutih lainnya yang keras, misalnya saja H2O2 maka seluruh proses aplikasi akan lebih mudah. Anda tidak perlu memikirkan soal proses perebusan bahan karena cukup dicampur dengan air saja, bahan bisa langsung diaplikasikan.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk aplikasinya, pastikan saja kayu bersih dan kering. Langkah ini bisa Anda lakukan satu hari sebelum proses pengecatan ulang dilakukan. Apa saja langkah mudahnya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Mempersiapkan Substrat Kayu

Jika Anda hendak memutihkan kayu mahoni yang dulunya telah dilapisi dengan pernis, maka penting untuk menghilangkan lapisan tersebut. Pernis akan menutup pori kayu dan menghalangi langkah WA 250 untuk bekerja. Sebaiknya gunakan bahan kimia untuk membersihkan lapisan coating secara penuh.

Tuangkan bahan penghilang cat ke seluruh permukaan kayu, kelupas dengan pisau scrape ketika pernis sudah mulai mengelupas. Jangan lupa gunakan masker dan sarung tangan karet karena bahan penghilang cat sangat keras.

Jika semua lapisan pernis mulai hilang, lanjutkan dengan pengamplasan. Biasanya masih terdapat sisa pernis atau kotoran lainnya yang akan membuat permukaan kayu sulit ditembus oleh WA 250. Manfaatkan kertas amplas aluminium oxide nomor 120 atau 150 tergantung dengan tingkat kotor permukaan kayu.

Kemudian beralihlah menggunakan kertas amplas nomor 180. Pastikan setelah pengamplasan Anda membersihkan seluruh permukaan dari debu. Kemudian keringkan permukaan kayu dengan kain katun yang bersih.

Mempersiapkan Ruang, Bahan dan Alat

Media kayu mahoni sudah siap untuk di bleaching, namun persiapan berlanjut pada ruangan, bahan dan juga alat. Bagi sebagian besar pabrik kayu, biasanya mereka akan merendam kayu di dalam bak besar. Namun Anda bisa menggantinya dengan menguaskan WA 250 secara merata.

Langkah ini cukup mudah, jadi alat yang disiapkan hanyalah kuas berbulu nilon dan wadah untuk melarutkan bahan. Sedangkan bahan yang dibutuhkan adalah WA 250 dan juga air sebagai pelarut. Terakhir adalah persiapan ruang untuk bekerja.

Ruang harus memiliki ventilasi udara yang baik dan rancang dimana Anda akan melakukan proses bleaching. Sebaiknya pada bagian lantai telah Anda siapkan alas agar lebih mudah membersihkan tetesan bahan. Pastikan juga ruangan bersih karena kayu mahoni bisa langsung lanjut pada proses finishing nantinya.

Proses Pengaplikasikan WA 250 pada Kayu Mahoni

Kini saatnya masuk pada proses aplikasi, pastikan sekali lagi permukaan substrat kayu kering, alat dan bahan sudah siap semua. Kemudian campurkan WA 250 dengan air ke dalam wadah perbandingan 1 bahan : 1 air. Aduk hingga merata kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu mahoni.

Pastikan Anda meratakan hingga pada permukaan kayu secara keseluruhan. Jangan lupa untuk menguaskan bagian sudut dan bawah yang biasanya terlupakan. Anda bisa menguaskan hingga beberapa kali, baru tunggu kayu mengering dengan sendirinya.

Kayu akan kering dalam 4-6 jam dan Anda bisa mulai melihat perubahan warnanya. Jika warna masih kurang cerah atau putih, sebaiknya aplikasikan sekali lagi dan tunggu kering. Apabila sudah kering dan warna cerah sudah sesuai masuk pada proses selanjutnya.

Membilas Kayu Mahoni dan Mengeringkannya

Proses berlanjut pada pembilasan, langkah ini sangat penting untuk menghilangkan sisa bahan dalam kayu. Bahan bleaching harus dihilangkan agar tidak terus bekerja memutihkan kayu. Jadi setelah dilapisi dengan pernis, hasil warnanya tetap stabil.

Bilas kayu mahoni dengan air mengalir, bisa juga dengan mencampurkannya bersama detergen. Bilas hingga tidak ada lagi bahan yang masih menempel. Kemudian baru masuk pada proses pengeringan, disini Anda bisa menjemur kayu.

Biasanya untuk pabrikan kayu akan masuk pada proses kiln dry atau pengeringan dengan di oven. Hingga akhirnya kayu memiliki tingkat kelembaban standar. Namun karena Anda hanya menguaskan bahan, maka metode penjemuran bisa dilakukan untuk mengganti kiln dry.

Pastikan saja kayu benar-benar kering, tidak ada lagi tanda-tanda warna kayu yang basah. Anda bisa mengeringkannya selama beberapa hari sebelum masuk ke dalam tahapan finishing.

Finishing Kayu Mahoni

Kini kayu mahoni sudah memiliki warna yang berbeda, tidak lagi merah. Jadi Anda bisa lebih leluasa untuk bisa memilih jenis warna apa saja yang ingin diberikan. Manfaatkan Biovarnish wood stain yang memiliki pilihan warna mirip dengan jenis kayunya.

Biovarnish wood stain juga merupakan bahan finishing yang terbuat dari bahan air sehingga aman untuk kayu dan lingkungan. Jika aplikasi wood stain selesai, kemudian tutup dengan lapisan terakhir dari pernis untuk mempertahankan warna.

Artikel "Featured"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.