Trik Mengecat Kitchen Set yang Tahan Terhadap Serangan Jamur

Bermasalah dengan jamur di kitchen set di rumah? Jangan sampai jamur menyerang pada peralatan dapur Anda melalui furniture. Jamur sangat cepat menyerang kayu apabila Anda tidak memberikan lapisan coating yang benar. Selain itu proses pengawetan kayu juga harus dilakukan sebelum melakukan finishing.

Tanpa bantuan profesional untuk mengecat, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Tentu saja dengan bantuan produk-produk yang tepat untuk finishing. Daripada Anda harus membeli kitchen set baru karena masalah jamur, sebaiknya gunakan produk yang ramah lingkungan serta anti jamur.

Cat warna solid water based Bioduco dan juga obat anti jamur permukaan BioCide Surface Film Preservative (SFP) adalah dua produk yang diandalkan. Cukup dengan dua produk water based ini kitchen set akan lebih aman dan tahan serangan jamur. Inilah trik pertama yang harus Anda terapkan.

Teknik mengecat juga harus diperhatikan, karena sangat mempengaruhi hasil akhir yang terbaik. Anda bisa mendapatkan hasil finishing terbaik mulai dari warna solid yang menutup, pilihan warna beragam dan juga hemat. Seperti apa proses pengecatan yang benar? Yuk ikuti langkah-langkahnya.

Proses Pengawatan Kitchen Set agar Tahan Jamur

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengawetan pada permukaan kitchen set yang belum dilapisi cat. Saat ini pori kayu masih terbuka sehingga mudah bagi BioCide SFP untuk meresap ke dalam dan memberikan proteksi. Trik yang dilakukan adalah mengaplikasikan dengan kuas ke seluruh permukaan kayu.

Produk-obat-jamur-permukaan

Jika pada pabrikan kayu akan direndam, Anda hanya cukup mengaplikasikan bahan dengan dikuas. Berikut ini cara-cara aplikasi BioCide SFP pada kitchen set di rumah Anda.

  • Amplas permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pori. Jangan lupa untuk menghilangkan debu bekas amplas dengan kain.
  • Campurkan BioCide SFP dengan air ke dalam wadah berbeda. Jangan lupa gunakan masker dan juga sarung tangan karet agar tidak terkena bahan. Larutan cukup berbahaya dan dapat menimbulkan iritasi.
  • Kuaskan bahan ke seluruh permukaan kitchen hingga rata. Khususnya bagian yang tidak terlihat seperti siku dalam dan bawah furniture.
  • Tunggu bahan meresap dan mengering, Anda juga bisa menjemurnya. Jadi pastikan cuaca hari itu sedang cerah.

Jika kayu sudah kering, maka obat anti jamur sudah meresap hingga ke dalam. Artinya perlindungan jamur dari dalam sudah bekerja. Kini Anda siap untuk tahapan selanjutnya yaitu finishing.

Persiapan Mengecat Kitchen Set agar Hasil Merata

Kayu mungkin sudah kering, namun bukan berarti telah benar-benar siap untuk di finishing. Masih ada langkah persiapan kitchen set sebelum Anda melapisinya dengan cat Bioduco. Persiapan ini meliputi cara Anda untuk membuat permukaan kayu bersih, bebas debu serta merata.

Permukaan kayu yang rata dan bebas debu akan menghasilkan finishing yang halus. Oleh karena itu, ikuti trik membersihkannya berikut ini:

  1. Lepaskan semua perangkat keras mulai dari engsel, knob hingga dekorasi dari besi lainnya. SImpan ke dalam plastik. Tandai lubang untuk memasang sekrup agar nanti tidak kesulitan dalam memasang ulang.
  2. Bersihkan semua permukaan dari kotoran yang menempel dengan keras. Manfaatkan pisau palet atau cutter. Pastikan Anda menghilangkan kotoran dan tidak merusak permukaan kayu.
  3. Amplas seluruh permukaan kayu hingga merata dan halus. Anda bisa menggunakan mesin atau kertas amplas yang dibalut dengan balok kayu. Amplas searah dengan serat.
  4. Terakhir bersihkan semua debu bekas pengamplasan dengan kain microfiber yang telah dibasahi. Kain akan mampu mengangkat debu atau kotoran yang sangat halus.

Primer Coat untuk Menutup Warna dan Serat Kayu

Cat warna solid saja tidak cukup jika Anda menghendaki warna solid yang baru benar-benar menutup. Daya tutup cat Bioduco memang baik, namun jika Anda ingin cat lebih bertahan lama sebaiknya aplikasikan terlebih dahulu Bioduco Primer coat.

Cat-dasar-kayu

Primer adalah cat dasar dengan warna putih yang berfungsi untuk menutup warna kayu asli. Sehingga Anda tidak kesulitan dalam mengecat warna solid nantinya. Nah untuk langkah-langkah aplikasi primer dan triknya adalah sebagai berikut:

  • Bekerjalah untuk mengecat bagian dalam terlebih dahulu baru bagian luar. Pastikan kuas yang digunakan berukuran pas agar bisa menjangkau area siku dalam dengan rapi. Anda bisa menggabungkan dengan roller untuk bagian yang datar dan luas.
  • Pertama campurkan Bioduco primer coat dengan air kemudian aduk merata. Celupkan kuas dan mulai pada bagian siku dalam terlebih dahulu. Setelah merata gunakan roller untuk bagian yang datar.
  • Diamkan lapisan cat agar mengering selama 60 menit tanpa harus dijemur. Setelah kering amplas ambang dengan kertas aluminium oxide nomor 400. Biarkan primer merata dan bebas sapuan kuas atau roller.
  • Bersihkan semua debu amplas, jika warna primer kurang merata maka aplikasikan sekali lagi hingga warna asli kayu dan seratnya tidak terlihat lagi.

Apabila bagian dalam sudah selesai dicat, mulailah untuk mengecat bagian luar dengan langkah-langkah yang sama.

Trik dan Langkah Mengecat dengan Bioduco

Kini saatnya Anda mengaplikasikan cat duco, pertama cobalah untuk pilih warna yang tepat. Pilih warna yang disesuaikan dengan gaya ruang dapur Anda, tersedia 24 warna untuk bisa dipilih dengan leluasa.

Produk-cat-warna-solid

Proses mengecat dilakukan dengan cara yang sama yaitu dimulai dari bagian dalam kemudian luar. Langkah-langkah aplikasinya adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan permukaan kayu dengan kain kering. Pastikan tidak ada debu yang tertinggal.
  • Campurkan Bioduco solid color yang telah Anda pilih kemudian aduk hingga merata. Siapkan kuas dengan bulu nilon dan celupkan ¾ bagian bulu. Kurangi jika terdapat kelebihan cat dalam bulu.
  • Mulai dengan bagian sudut dalam, tanpa roller Anda bisa langsung menguaskan ke seluruh area dengan kuas. Pastikan penguasan harus sesuai dengan arah yang sama.
  • Diamkan cat hingga kering kemudian amplas secara ambang. Bersihkan debu amplas, ulangi aplikasi jika warna masih kurang sesuai.

Menciptakan Lapisan Film yang Kuat

Terakhir adalah bagaimana Anda menciptakan lapisan film yang kuat melalui Bioduco top coat gloss. Baik Bioduco primer dan solid color tidak dapat menciptakan lapisan film. Melalui top coat inilah perlindungan kitchen set dari jamur akan terbentuk.

Top-coat-water-based

Lapisan film akan semakin kuat jika Anda mencampurkannya dengan BioCide SFP. Sama-sama terbuat dari bahan air membuat BioCide dan Bioduco dapat dicampurkan. Berikut ini langkah aplikasinya:

  1. Campurkan Bioduco top coat glossy, air dan BioCide SFP ke dalam wadah yang berbeda. Kemudian aduk merata hingga bercampur.
  2. Kuaskan ke bagian dalam kitchen set, lakukan cara yang sama ketika aplikasi cat Bioduco solid color.
  3. Warna dari top coat adalah transparan jadi sangat penting jika Anda bekerja di bawah sinar yang terang. Fungsinya untuk mengetahui tidak ada bagian yang terlewatkan selain itu hasil finishing juga harus halus.
  4. Terakhir diamkan kitchen set selama semalaman atau 24 di ruangan yang bersih dan kering. Setelah benar-benar kering pasang kembali perangkat keras pada kitchen set.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH