Rahasia Tampilan Natural dengan Sanding Sealer untuk Garden Furniture

Apa sih sebenarnya rahasia yang dimiliki oleh para tukang finishing furniture profesoanl? Apa yang mereka pelajari sehingga bisa menghasilkan finishing yang sesuai dan juga cepat? Bahkan hasil finishing mereka cocok dengan jenis kayu dan juga memberikan ketahanan yang sangat baik.

Perlu waktu lama untuk mencapai kemampuan pada profesional, namun bukannya tidak mungkin apabila Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang mirip dan dikerjakan sendiri. Cobalah untuk melakukan finishing pada garden furniture.

Mengapa harus garden furniture? Ada banyak tantangan yang bisa dikerjakan untuk finishing outdoor. Garden furniture merupakan furniture yang diletakan di taman atau halaman rumah. Fungsinya harus tetap baik ketika digunakan kapan saja. Namun meletakan furniture kayu di luar ruangan tentu memiliki resiko cepat rusak.

Inilah tantangan yang harus bisa Anda kuasai sehingga menghasilkan finishing yang baik. Apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melakukannya, Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini.

Langkah Pertama untuk Finishing Garden Furniture

Anda harus menentukan langkah pertama apa yang harus dilakukan. Kebanyakan para profesional akan menentukan apakah jenis kayu pada furniture tersebut dan kira-kira seperti apakah hasilnya nanti ketika selesai difinishing.

Pada langkah awal ini gunakan imajinasi Anda untuk menggambarkan seperti apakah hasil yang diinginkan. Hasil yang paling mudah diraih adalah finishing natural. Warna natural kayu adalah warna yang paling mudah dicapai, Anda tidak perlu bingung memadupadankan dengan warna lainnya. Warna kayu itu sendiri bisa memberikan keindahan.

Rahasia Tampilan Natural Dengan Sanding Sealer Untuk Garden Furniture

Perhatikan apakah jenis kayu yang digunakan. Pastikan jika kayu yang digunakan bagus dan memiliki kekuatan sesuai sebagai furniture outdoor. Kayu yang digunakan harus kayu solid, memilki serat yang indah dan juga warna yang baik. Setelah menentukan material kayu dan hasil finishing yang akan didapatkan lanjutkan dengan perawatan kayu.

Perawatan kayu dimaksudkan agar furniture tidak mudah berjamur dan dimakan oleh rayap. Terlebih jika furniture akan diletakan di atas tanah langsung. Tanah yang lembab akan mempercepat proses jamur merusak substrat kayu. Caranya adalah menggunakan obat anti rayap dan obat anti jamur.

Pada langkah perawatan awal ini gunakan obat anti rayap yakni BioCide Insecticide. Caranya mudah cukup campurkan obat dengan air kemudian kuaskan ke seluruh permukaan furniture kayu. Lanjutkan dengan penjemuran sampai kayu mengering dengan sempurna. Jika sudah kering maka furniture sudah siap dengan proses pengecatan.

Pemilihan Bahan Cat untuk Finishing Natural

Memilih finishing tampilan natural maka tidak lepas dari apa saja jenis bahan finishing yang dibutuhkan. Jika melihat finishing natural kebanyakan orang awam akan memilih pernis atau pltur. Pernis sebenarnya digunakan sebagai lapisan akhir saja namun sebelumnya kayu harus diberikan lapisan dasar dari sanding sealer.

Penggunaan sanding sealer pada kayu cukup mudah, namun Anda harus memilih sanding sealer yan benar-benar akan bekerja dengan maksimal. BioColours sanding sealer adalah salah satu jenis produk yang bisa dipercayai kualitasnya. Kemampuan sanding sealer ini untuk menutup seluruh area pori kayu sangat maksimal.

Cara aplikasi yang mudah membuat siapa saja bisa melakukan finishing dengan mudah. Setelah lapisan sanding sealer Anda membutuhkan pernis atau top coat. Gunakan juga BioColours top coat yang akan memberikan perlindungan sempurna sekaligus memberikan tampilan natural.

Gabungan antara sanding sealer dan juga top coat akan membentuk lapisan film yang tahan terhadap perubahan cuaca, kelembaban hingga goresan yang terjadi pada permukaan garden furniture. Membuat furniture akan lebih tahan lama walaupun diletakan di luar ruangan.

Tampilan atau hasil akhir natural pada furniture harus memperlihatkan seolah-olah furniture tidak dilapisi bahan cat. Lapisan glossy pada furniture sebaiknya tidak digunakan karena hanya akan memperlihatkan tampilan yang tidak alami. Gunakan lapisan terakhir dari BioColourstop coat matte yang akan mendukung tampilan terlihat sangat natural.

Cara Aplikasi Sanding Sealer dan Top Coat Pada Garden Furniture

Hasil akhir yang transparan dan tahan lama akan diperoleh jika Anda menggunakan sanding sealer dan top coat water based dari BioColours. Seluruh aplikasi cat akan menggunakan alat semprot sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang rata dan juga halus.

Tambahan lagi sebagai perawatan dari pencegahan pertumbuhan jamur pada furniture, top coat perlu dicampurkan dengan obat anti jamur. Anda bisa menambahkan produk BioCide SFP yang akan mencegah pertumbuhan jamur permukaan pada furniture taman ini.

Sudah siap untuk mengetahui cara aplikasinya? Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Rahasia Tampilan Natural Dengan Sanding Sealer Untuk Garden Furniture

    Pengamplasan pada seluruh permukaan garden furniture. Pengamplasan dilakukan dengan amplas nomor 180 hingga 220. Pengamplasan harus rata, menggunakan hand sander akan membantu Anda mempercepat pekerjaan dengan hasil rata dan halus. Bersihkan debu amplas sesudah pengamplasan.

  2. Pencampuran bahan sanding sealer BioColours di sebuah wadah plastik seperti gelas plastik. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Lakukan penyemprotan pada seluruh permukaan kayu hingga rata lalu tunggu kering. Setelah kering lanjutkan dengan pengamplasan. Amplas ambang dengan amplas 400.
  3. Jika sanding sealer sudah kering dan diamplas kembali lanjutkan dengan aplikasi top coat. Campurkan BioColours top coat dengan air dan juga BioCide SFP. Aduk rata dan semprotkan ke seluruh permukaan garden furniture. Tunggu lapisan akhir ini kering selama 24 jam.

Cara aplikasi di atas cukup mudah diikuti. Selebihanya Anda bisa mempelajari bagaimana cara aplikasi alat semprot yang benar dan cepat. Mempelajari penggunaan spray gun bisa dilakukan bersama dengan teman. Sisanya Anda bisa bereksperimen khususnya jika ingin mendapatkan cat warna tertentu.

Perawatan Garden Furniture dengan Bahan Poles

Pengecatan adalah salah satu perawatan garden furniture yakni memberikan lapisan cat atau coating dari luar. Lapisan film yang terbentuk akan menjaga agar air, panas dan segala perubahannya tidak merusak kayu secara langsung. Maka jika perawatan berhenti di bahan finishing saja penampilan garden furniture belum tentu terjamin.

Jika ingin mendapatkan tampilan furniture yang lebih tahan lama sebaiknya gunakan bahan poles kayu. Bahan poles kayu akan membuat tampilan garden furniture ini tampak bercahaya dan juga tahan lama. Cara menggunakannya juga tidak sulit karena Anda tidak membutuhkan alat atau listrik apapun.

Cukup menyiapkan bahan poles seperti Biopoles Linseed Oil dan juga kain katun kering yang bersih. Ambil sedikit bahan poles menggunakan kain kemudian oleskan pada seluruh permukaan garden furniture. Gosokan satu arah atau dengan memutar sampai semua bahan melekat dengan baik. Permukaan tidak boleh lengket setelah proses pemolesan.

Diamkan furniture agar benar-benar kering sehingga tidak muncul jamur dan bahan poles tidak hilang. Anda akan melihat tampilan garden furniture berubah dan terlihat lebih menyala. Penggunaan bahan poles ini sebaiknya dilakukan secara teratur setiap satu bulan sekali.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH