Sangkar Burung dari Bambu Tampak Natural dengan Biovarnish Water Based

Apakah sangkar burung di rumah sudah tampak kusam? Segera perbaiki tampilan dari sangkar burung di rumah dengan mudah dan cepat. Tampilan natural dari sangkar bisa Anda tonjolkan ditambah jika burung di dalamnya terawat dengan baik.

Sangkar burung dari bambu yang tidak dilapisi dengan cat akan sangat rentan terhadap kelembaban dan menimbulkan jamur. Pori pada bambu berfungsi untuk menyerap kelembaban dan inilah yang akan membuat sangkar menjadi mudah lembab.

Tidak ingin kerusakan terjadi pada sangkar segera lakukan pencegahan sekarang juga. Jika Anda merasa tidak bisa mengecat, cobalah untuk mencari produk pernis yang mudah dilakukan. Pernis bukan hanya produk yang digunakan untuk melapisi kayu namun juga semua jenis serat alam seperti rotan dan juga bambu.

Produk Biovarnish hadir untuk Anda para pemula di bidang finishing. Jika Anda belum pernah melakukan finishing sama sekali, Biovarnish akan tetap memberikan hasil yang terbaik. Sapuan kuas yang ringan akan menghasilkan warna sekaligus lapisan kuat pelindung sangkar.

Apakah Keunggulan Biovarnish sebagai Bahan Finishing Sangkar?

Mengapa Anda harus memilih Biovarnish untuk sangkar burung? Jika Anda akan menggunakan sebuah cat, penting mengetahui apa saja keunggulan produk tersebut. Cat kayu Biovarnish sebagai pengganti pernis konvensional akan membuat sangkar burung terlindungi dari lapisan film yang dibentuknya?

Apa saja keuntungan dari lapisan film yang kuat ini? Berikut ini macam-macam keuntungannya:

  1. Tahan terhadap kelembaban, panas dan juga perubahannya
  2. Memiliki bahan anti jamur dan anti rayap
  3. Tidak menimbulkan bau sehingga tetap menjaga kebersihan udara di dalam kandang
  4. Rendahnya kandungan toxic seperti logam berat
  5. Memberikan warna natural sesuai kebutuhan

Lima keuntungan dari Biovarnish di atas adalah faktor perlindungan yang dibutuhkan sangkar dan juga burung Anda. Contohnya saja tidak adanya bau yang ditimbulkan. Bau yang dihasilkan bahan finishing berasal dari kandungan toxic yang tinggi.

Bau yang sangat menyengat biasanya muncul dan menjadi penyebab utama burung stress. Anda sebagai pengguna cat juga akan mendapatkan imbasnya seperti pusing, batuk dan mata perih. Namun semua permasalahan tidak akan didapatkan selama Anda menggunakan produk Biovarnish.

Apakah yang Membuat Produk Biovarnish Aman untuk Sangkar?

Jika dilihat dari keuntungan Biovarnish sebagai pelapis sangkar burung dari bambu nantinya maka produk ini termasuk aman dan juga ramah lingkungan. Bagaimana cat bisa aman? Bahan dasar yang digunakan adalah resin dan juga air, perpaduan keduanya menggunakan teknologi terbaru.

Apabila dibandingkan dengan produk pernis konvensional maka sangat berbanding terbalik. Biasanya pernis mengandung resin dan juga solvent, dimana solvent berfungsi sebagai pelarut dan membuat lapisan coating menjadi keras. Solvent adalah bahan utama yang mengandung logam berat sangat tinggi seperti formalin.

Sedangkan Biovarnish semua fungsi solvent digantikan dengan air yang tidak mengandung logam berat. Air mudah didapatkan dan harganya sangat murah. Sebagai bahan pelarut dan juga bahan dasar air menjadi bahan yang aman dan ramah lingkungan. Tidak hanya itu saja, pembuatan dari Biovarnish mengikuti regulasi luar negeri tentang pembatasan bahan kimia berbahaya.

Ada dua regulasi yang diikuti dalam pembuatan Biovarnish yaitu European Chemical Agency dan juga US Environmental Protection Agency. Keduanya membatasi penggunaan bahan kimia berbahaya hingga 350 gram per liternya. Bahan kimia yang terdapat di dalam cat Biovarnish hanya berada di angka di bawah 50 gram per liternya.

Produk Biovarnish Apa Saja yang Digunakan untuk Sangkar Bambu?

Bagi Anda yang ingin melakukan finishing sangkar dengan Biovarnish, kuas dengan bulu nilon adalah alat yang digunakan. Alat ini sangat mudah didapatkan, Anda bisa membelinya di toko bahan bangunan dengan ukuran paling kecil. Ukuran sangat menentukan mudah tidaknya menjangkau seluruh area dalam sangkar.

Ada dua produk Biovarnish yang harus digunakan, pertama adalah Biovarnish sanding sealer dan kedua adalah Biovarnish clear coat gloss. Lapisan pertama yang bisa Anda bentuk adalah Biovarnish sanding sealer, produk ini akan menjadi cat dasar sangkar. Warna dari sanding sealer adalah transparan sehingga tetap memperlihatkan warna natural bambu.

Sanding sealer juga berfungsi untuk memperkuat lapisan coating di atasnya yaitu clear coat. Lapisan kedua adalah Biovarnish clear coat gloss, lapisan inilah yang akan membentuk coating kuat dan melindungi dari segala masalah pada sangkar bambu. Sebenarnya ada dua jenis tampilan yang bisa dipilih yaitu gloss dan matte.

Khusus untuk finishing sangkar Anda harus memilih clear coat gloss agar hasil finishing nya lebih tahan lama dan juga tahan goresan. Adanya sheen level yang tinggi mampu menyamarkan goresan yang diakibatkan patukan dari burung pada sangkar. Jadi jangan sampai salah ketika membeli Biovarnish Clear Coat.

Persiapan Finishing Sangkar Burung dari Bambu

Sebagai pemula Anda harus mengetahui apa saja persiapan yang dilakukan sebelum finishing sangkar. Tentukan dulu apakah sangkar burung sebelumnya pernah dilapisi dengan pernis. Jika iya maka hilangkan lapisan coating yang lama dengan pengamplasan.

Pastikan Anda mengamplas dengan amplas grit rendah yang sangat kasar untuk lebih cepat menghilangkan lapisan coating lama. Jika lapisan coating sudah hilang, ganti amplas dengan grit tinggi seperti 150. Gunanya adalah untuk membuat permukaan sangkar bambu menjadi lebih halus.

Jika tidak Anda bisa mulai mengamplas dengan kertas amplas grit tinggi seperti 180. Anda cukup memastikan bahwa tidak ada kotoran yang menyumbat pori bambu. Sekaligus menghilangkan lapisan lilin pada permukaan bambu. Langkah terakhir bersihkan semua debu amplas dengan kain kering.

Proses Aplikasi Biovarnish untuk Sangkar

Lanjutkan dengan proses pengecatan. Anda bisa mempersiapkan wadah untuk melarutkan cat, kemudian kuas bulu nilon dan pengaduk. Jangan lupa amplas grit 400 untuk menghaluskan permukaan kayu. Siapkan Biovarnish sanding sealer dan clear coat gloss sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Apabila bahan dan juga alat sudah disiapkan, pastikan Anda menggantung sangkar agar proses pengecatan bisa lebih mudah dan juga cepat. Setelah itu lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk dalam wadah terpisah dengan pengaduk dan pastikan tidak ada bahan mengendap.
  2. Kuaskan sanding sealer ke seluruh permukaan sangkar dan pastikan satu arah saja. Diamkan selama 60 menit baru di amplas secara ambang. Gunakan amplas 400 hingga permukaan lebih halus, gunanya untuk menciptakan permukaan kasar sehingga clear coat merekat dengan mudah.
  3. Campurkan Biovarnish clear coat gloss dengan air perbandingan sama. Aduk dalam wadah terpisah kemudian kuasakan merata satu arah di seluruh permukaan sangkar burung.
  4. Diamkan sangkar mengering selama semalaman.

Lapisan coating terakhir dari Biovarnish clear coat bisa langsung mengering dalam semalam. Anda tidak perlu menunggu waktu kering berminggu-minggu hanya untuk bisa segera menggunakannya.

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH