Ingin Patio Furniture Tampak Natural? Ini Pernis yang Harus Digunakan

Apakah perlindungan yang paling dibutuhkan untuk furniture outdoor seperti patio? Tentu saja jawabannya sangat banyak. Perlindungan yang dibutuhkan meliputi sinar UV, perubahan cuaca, rayap, hingga jamur. Semua perlindungan terbesar yang dibutuhkan kayu terdapat pada patio furniture. Tereksposnya kayu pada sinar matahari terlalu lama kemudian hujan akan mengundang rayap dan jamur. 

Hal ini bisa juga terjadi pada patio yang sudah menggunakan jenis kayu mahal dan kuat seperti jati. Anda tentu saja tidak ingin mengalami kesulitan untuk memperbaiki patio rusak karena kelalaian pemilihan bahan finishing. Pengecatan pada patio harus dilakukan sejak awal sebelum digunakan. 

Lapisan coating inilah yang akan memberikan semua perlindungan pada patio furniture. Melalaikannya artinya Anda harus siap dengan resiko kerusakan yang didapatkan pada masa mendatang. Tak hanya perlindungan, Anda tentu juga ingin mendapatkan tampilan yang indah pada patio. 

Sia-sia jika kayu jati yang sudah dipilih dengan mahal tidak diperlihatkan keindahannya. Maka pernis akan menjadi kebutuhan yang harus dipertimbangkan sejak awal. Manakah pernis untuk patio furniture yang sebaiknya digunakan?

Pernis Terbaik untuk Patio Furniture Terlihat Natural

Mengecat patio dengan warna solid tentunya akan kurang menarik. Serat kayu jati yang indah jadinya tertutup dengan warna cat solid. Bagaimana cara membuat tampilan natural pada patio? Anda bisa menggunakan pernis kayu yang memberikan warna transparan semaksimal mungkin. Produk ini adalah Biovarnish clear coat. 

Biovarnish clear coat adalah produk dalam negeri yang terbuat dari bahan dasar air. Anda tidak perlu khawatir akan masalah keamanannya. Kandungan volatile organic compoundnya telah dibatasi. Jadi logam berat tidak akan menguap saat cat mengering dan membahayakan kondisi lingkungan. 

Kelebihan dalam Hal Tampilan dari Biovarnish

Apabila dilihat dari segi keamanannya, Biovarnish clear coat adalah pernis kayu yang aman. Apakah penampilannya akan sesuai dengan tingkat keamanannya? Tampilan yang diberikan adalah transparan dan proses aplikasinya sangat mudah. 

Clear coat yang digunakan ini bukanlah produk sembarangan. Penampilan yang diberikan sangat tahan lama dan memperlihatkan serat kayu jati dengan maksimal. Berikut ini keuntungan dalam hal penampilan yang akan didapatkan. 

  1. Memberikan tampilan gloss yang mampu menutupi cacat goresan karena penggunaan. 
  2. Transparansinya yang mencapai 70% sehingga Anda tidak perlu takut efek memutih atau bahkan menguning. 
  3. Serat kayu jati akan terlihat dengan baik dan tahan lama karena perlindungannya terkuat. 
  4. Warna kayu jati pada patio tidak mudah memudar karena Biovarnish clear coat akan melindunginya dari sinar UV. 

Dapat dipastikan bahwa jika patio furniture di rumah Anda menggunakan Biovarnish clear coat, proses recoating akan berlangsung lebih lama. Anda juga tidak akan boros karena tidak ada pelarut thinner yang digunakan namun hanya air. 

Kelebihan Biovarnish dalam Proses Aplikasi

Masalah penampilan yang diberikan tentu tidak akan diragukan lagi. Jika penampilannya sangat menawan, apakah proses aplikasinya sulit? Kebanyakan bahan finishing menuntut proses finishing yang cukup rumit. Seperti misalnya pernis solvent yang harus dijemur agar keringnya lebih cepat. 

Anda akan menemukan proses finishing yang lebih mudah dari Biovarnish clear coat. Apalagi hanya dengan kuas memudahkan siapa saja yang tidak berpengalaman mengecat tetap bisa mendapatkan hasil sempurna. Berikut ini kemudahan proses aplikasinya. 

  1. Membutuhkan kuas berbulu nilon atau busa untuk seluruh aplikasinya yang murah. 
  2. Waktu kering yang cepat, untuk kering sentuh saja 20 menit. Kering sempurna akan didapatkan setelah 24 jam. 
  3. Tarikan kuas yang lebih ringan membuatnya bebas brush mark. Anda tidak perlu menekan untuk membuat cat lebih menyebar ke permukaan kayu. 
  4. Daya sebar yang luas dan daya rekat tinggi membuat sekali aplikasi saja sudah cukup. 
  5. Tidak perlu terganggu dengan aroma keras yang biasanya muncul. Cukup menggunakan masker saja selama prosesnya. 

Apakah semua kelebihan dari aplikasi Biovarnish ini akan Anda dapatkan di produk lainnya? Belum tentu karena Biovarnish clear coat adalah produk yang benar-benar dibutuhkan oleh patio furniture di rumah Anda. 

Base Coat yang Digunakan pada Patio

Tidak hanya pernis saja yang dibutuhkan agar lapisan pelindung menjadi lebih kuat. Anda juga perlu mengaplikasikan base coat yaitu sanding sealer. Fungsinya adalah untuk menutup pori kayu dan membuat clear coat menjadi lebih kuat. Biovarnish juga mengeluarkan produk sanding sealer. 

Tampilan sanding sealer adalah transparan sehingga akan membuat patio tampak lebih natural. Adapun beberapa kelebihan dari Biovarnish sanding sealer adalah sebagai berikut. 

  1. Aman serta ramah lingkungan karena sama-sama water based.
  2. Proses kering cepat hanya 60 menit sebelum pengamplasan. 
  3. Meningkatkan tampilan glossy dari clear coat. 
  4. Meningkatkan perlindungan terhadap perubahan cuaca. 
  5. Bisa juga diaplikasikan di atas wood stain. 

Sanding sealer yang digunakan wajib terbuat dari bahan sama. Misalnya saja jika Anda memilih clear coat berbasis solvent maka sanding sealer juga harus terbuat dari solvent. Karena patio furniture Anda membutuhkan Biovarnish clear coat maka sanding sealer yang digunakan juga harus berbasis air. 

Jika menggunakan bahan yang berbeda akan menurunkan daya rekatnya. Clear coat tidak akan merekat dengan maksimal dan tentunya tidak bertahan lama. 

Proses Finishing Patio Furniture dengan Biovarnish 

Berencana mendapatkan warna natural kayu artinya Anda harus menggunakan sanding sealer terlebih dahulu baru mengaplikasikan pernis. Karena patio bisa saja berukuran besar maka sebaiknya pilih jenis kuas ukuran lebih dari 5 inci. Pastikan juga cuaca sedang cerah karena Anda akan melakukannya di luar ruangan. 

Jika Anda sudah siap, maka beberapa bahan ini harus disediakan. 

  1. Biovarnish clear coat gloss
  2. Biovarnish sanding sealer
  3. Kuas bulu nilon ukuran 5 inci
  4. Gelas plastik atau wadah untuk mencampurkan cat
  5. Amplas halus nomor 400 dari aluminium oxide
  6. Kain katun bersih 

Cara mengecat patio dengan pernis Biovarnish:

Langkah pertama. Bersihkan patio dengan kain bersih. Pastikan permukaannya tidak kotor dan tertinggal debu. Jika perlu amplas terlebih dahulu untuk menghaluskannya. Anda bisa menggunakan amplas nomor 220 hingga 240. Selesai mengamplas bersihkan kembali debu pada permukaannya. 

Langkah kedua. Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan perbandingan 2 : 1 air. Anda juga bisa mengukurnya dengan alat NK 2 hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik. Kuaskan sanding sealer searah dengan serat kayu secara merata. Diamkan 60 menit kemudian lanjutkan dengan pengamplasan dengan amplas 400.

Langkah ketiga. Campurkan Biovarnish clear coat gloss dengan air. Anda juga bisa menggunakan perbandingan sama yaitu 2: 1 atau mendapatkan viskositas 11-12 detik. Kuaskan pernis ini ke permukaan kayu searah dengan serat. Pastikan kayu benar-benar terlapisi maksimal dan diamkan selama semalaman. 

Ketiga langkah di atas bisa Anda selesaikan dalam waktu satu hari. Tips agar finishing berhasil adalah selalu bersihkan debu atau kotoran ketika lapisan coating sudah mengering. Anda bisa mengaplikasikan sanding sealer lebih dari satu lapisan. Prosesnya adalah menunggu kering, mengamplas kemudian mengecat ulang. 

 

Artikel "Featured"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.