Cara Membuat Plamir Kayu Sendiri Paling Mudah dengan Serbuk Gergaji

Jika Anda pernah bekerja dengan kayu, Anda terbiasa dengan skenario ini: Anda akan menerapkan pernis atau pelitur untuk sebuah furnitur ketika Anda menemukan goresan atau lubang yang akan tetap terlihat jika Anda tidak mengisinya dengan bahan yang mirip dengan warna kayu. Tidak perlu khawatir, karena Anda dapat membuatnya sendiri, dan mungkin akan lebih cocok dibandingkan dengan produk yang dibeli di toko. Anda juga dapat membuat plamir kayu yang mudah digunakan dan diberikan warna sesuai warna furnitur kayu yang sedang menjadi proyek Anda.

Serbuk gergaji yang tersisa dari pengamplasan adalah bahan baku untuk plamir kayu yang lebih tahan lama daripada kayu itu sendiri dan mampu memberikan tampilan warna. Ketika Anda sedang mengampelas, selalu ada baiknya untuk mengumpulkan beberapa serbuk gergaji dan menyimpannya dalam botol atau tempat khusus terutama ketika Anda bekerja dengan kayu eksotis. Serbuk gergaji yang terkumpul di bawah meja juga penting pada saat Anda sedang memotong kayu, tetapi terlalu kasar untuk digunakan sebagai plamir kayu sampai Anda menggilingnya dengan penggiling kopi. Untuk hasil pencocokan warna terbaik, hindari mencampur berbagai jenis serbuk gergaji dalam wadah yang sama.

Bahan lain dalam plamir kayu dari serbuk gergaji buatan sendiri adalah sesuatu untuk menahannya bersama-sama. Sebelum mencampur serbuk gergaji dengan lem kayu, ingat bahwa produk yang larut dalam air ini memiliki warna tersendiri dan memberi warna suram keabu-abuan yang tidak menarik. Menggunakan lem epoxy adalah pilihan yang lebih baik, terutama jika Anda perlu memberikan filler di sekitar tepi furnitur kayu. Ini juga cocok untuk mengisi retakan dan goresan pada kayu datar yang Anda rencanakan untuk membersihkan lapisan cat sebelumnya. Baik Anda menggunakan lem kayu atau epoxy, Anda memiliki peluang hanya beberapa menit untuk menggunakan plamir sebelum mengeras.

Mencampur serbuk gergaji dengan nitrocellulose lacquer membuat plamir yang tahan lama  yang dapat Anda gunakan untuk proyek-proyek kecil maupun yang besar, seperti mengisi celah di lantai kayu. Giling serbuk gergaji yang Anda rencanakan untuk digunakan dalam penggiling kopi dan tambahkan ke sejumlah kecil lak yang sudah Anda tuangkan ke dalam mangkuk. Lacquer dengan setia mempertahankan warna serbuk gergaji dan lebih mudah untuk diamplas daripada lem. Lacquer mengering lebih cepat dari lem kayu, tetapi Anda selalu dapat melembutkannya dengan menambahkan lebih banyak pernis atau sedikit lak tipis.

Ketika Anda perlu mengisi beberapa retakan dan gouges pada permukaan besar sebelum pengecatan, Anda dapat membuat plamir kayu yang ekonomis dengan batu kapur, kalsium karbonat yang pada dasarnya kapur dan minyak biji rami. Mereka adalah tiga bahan utama di sebagian besar merek dempul pelukis. Tuangkan minyak ke dalam mangkuk dan tambahkan kapur dan kalsium karbonat secara bertahap di bagian yang sama lalu aduk seperti yang Anda lakukan sampai Anda memiliki dempul dengan konsistensi yang Anda butuhkan untuk pekerjaan itu.

Jika Anda mengisi permukaan yang dicat, tambahkan pewarna untuk mencocokkan warna dempul dengan yang ada pada cat; pewarna di dempul putih yang dibeli di toko adalah titanium dioksida. Plamir ini tahan air dan tetap cukup fleksibel untuk bergerak dengan kayu dalam kondisi yang berubah-ubah, menjadikannya pilihan yang baik untuk aplikasi eksterior.

Material yang Dibutuhkan untuk Membuat Plamir Kayu

Sudah siap untuk menciptakan plamir kayu Anda sendiri? Pilihan sudah dijelaskan di atas kini Anda bisa dengan mudah memilih manakah jenis plamir yang akan dibuat sendiri. Untuk lebih singkatnya berikut ini beberapa material yang dibutuhkan untuk membuat plamir kayu.

    Cara Membuat Plamir Kayu Sendiri Paling Mudah
  • Sebuk Kayu: Ambil atau buat serbuk kayu bubuk yang sangat halus bukan serbuk gergaji dan tentu saja bukan serutan kayu dari bahan yang ingin Anda tempelkan. Gunakan debu edger atau sander. Pastikan bahwa debu menunjukkan area yang ingin Anda tempel. Misalnya, Anda tidak ingin menggunakan debu dari simpul, yang biasanya lebih gelap dari bagian kayu lainnya. Pisahkan dan buang potongan kayu besar yang mungkin bisa tercampur. Bersihkan kotoran yang jelas dari debu, seperti serutan logam.
  • Binding Agent (Lem): Kebanyakan perekat kayu berwarna coklat kecoklatan. Jika Anda dapat menemukan lem kayu putih, Anda akan memiliki kecocokan warna yang lebih baik. Warna lem tidak akan mempengaruhi warna dempul kayu bubuk yang Anda buat.
  • Sarung Tangan Lateks: Selama Anda tidak memiliki alergi lateks, sarung tangan lateks akan lebih ketat di jari Anda daripada nitril atau vinil, membuat proses pencampuran lebih mudah.
  • Pencampuran Permukaan: Permukaan sekali pakai untuk mencampur dempul sepotong kayu bersih, skrap drywall, kardus, foil, dll.
  • Pisau Scrpae: Pisau yang akan Anda gunakan untuk menerapkan dempul juga digunakan untuk mencampur dempul.

Langkah-Langkah Pembuatan Plamir Kayu

Anda sudah mengumpulkan alat dan juga bahan di atas kini saatnya menciptakan sebuah plamir kayu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan takut gagal karena Anda bisa mengulanginya kembali. Untuk itu ikuti cara membuat plamir kayu sendiri berikut ini.

  • Kumpulkan Serbuk Gergaji: Ambil serbuk kayu sebanyak seukuran telapak tangan dan letakkan di wadah plastik untuk pencampuran Anda.
  • Tambahkan Lem: Secara konsisten tambahkan lem ke serbuk kayu sambil mencampur. Jika Anda terbiasa membuat kue, cara pencampuran dilakukan dengan cara yang sama. Mayoritas bahan akan kering, dengan lem perlahan-lahan melunakkan campuran. Pastikan Anda tidak menggunakan lem terlalu banyak karena akan membuat adonan terlalu lembek untuk diaplikasikan.
  • Cara Membuat Plamir Kayu Sendiri Paling Mudah
  • Buatlah adonan: Bentuk campuran menjadi adonan yang dapat dikerjakan sampai menjadi bahan seperti dplamir yang dapat Anda gulung di antara jari-jari Anda.
  • Proses aplikasi: Dorong dempul kayu bubuk yang Anda buat ke dalam permukaan kayu, goresan, atau lubang, singkirkan bahan berlebih sebanyak mungkin. Bekerjalah dengan cepat.
  • Pembersihan : plamir kayu yang berbasis lem sulit dibersihkan. Jadi cepat bersihkan pisau dempulmu. Jangan sampai bekas dari plamir mengering.
  • Amplas: Setelah dempul kering, lakukan pengamplasan sangat ringan dengan amplas pasir halus. Tidak perlu banyak usaha untuk mengampelas plamir ini pengamplasan yang berlebihan hanya akan mencabut patch Anda. Buang pengisi kayu yang tidak digunakan itu tidak akan menyelamatkan.

Sangat mudah menciptakan plamir kayu sendiri, namun tetap ingat jangan sampai Anda lupa untuk membersihkan plamir agar tidak mengering di tempat yang tidak diingnkan. Setelah penggunaan plamir selesai Anda bisa mengamplas seluruh permukaan kayu hingga menjadi rata dan halus. Maka warna dari plamir juga akan tersamarkan Anda akan dengan lebih mudah melakukan pengecatan di atasnya.

Jika warna dari plamir kayu sangat berbeda dengan warna kayu maka Anda bisa memberikan warna pada bagian yang terkena plamir kayu saja. Dengan teknik tusik maka Anda bisa menyamakan warna kayu yang sudah terkena plamir baik itu terkena bagian besar maupun kecil. Berikan warna yang lebih gelap untuk meratakan warna kayu.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH