Tips Cara Mendempul Kayu Dengan Mudah

Kendala dalam dunia finishing berawal dari cara mendempul kayu yang baik dan benar sehingga dapat menutup cacat tekstur pada kayu.

Cacat tekstur pada kayu adalah permasalahn yang akan selalu hadir dalam material kayu. Cacat tekstur tersebut ditimbulkan akibat dari kondisi alam dan tekstur dari kayu itu sendiri pada saat pertumbuhannya. Manusia tidak bisa menciptakan tekstur pohon sebagaimana yang diinginkan. Jalan satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan menutup cacat tekstur kayu menggunakan bahan kimia yang disebut dengan dempul kayu atau triplek. Produk dempul kayu sudah ditemukan sejak berpuluh-puluh tahun lamanya dan sangat efektif dalam menutup cacat tekstur tersebut.

Dempul sendiri memiliki berbagai macam kualitas ada yang boros karena tidak memiliki sifat endapan atau menempel pada pori-pori yang bagus. Maka harus dipilih dempul dengan sifat endapan yang bagus sehingga Anda tidak boros dan juga membutuhkan waktu yang cepat pada saat aplikasi dempul. Penentuannya Anda bisa mencoba dempul dari berbagai macam merk dan apabila ketika masuk tahap pengamplasan terjadi peeling atau depul yang terangkat maka kualitas dempul tersebut berkualitas buruk. Sedangkan cara mendempul kayu yang baik bisa Anda simak dalam artikel ini.

4 Cara Mendempul Kayu Dengan Baik

Melakukan aplikasi dempul kayu atau triplek bukanlah hal yang sulit. Aplikasi mudah tergantung dengan produk yang akan digunakan. Produk dempul yang baik sudah disampaikan di atas, selanjutnya adalah mengetahui cara mendempul kayu yang mudah.

  1. Persiapan

Dalam persiapan alat-alat yang harus disiapkan adalah material kayu, dempul, pisau scrape dan amplas alumunium oxide no. 240, kain lap yang bersih dan kering.

    Cara Dempul Kayu Yang Benar
  1. Aplikasi

Siapkan kayu yang sudah kering, bersih dari debu amplas. Jika permukaan kayu masih kasar Anda bisa menggunakan amplas kayu yang kasar untuk menghaluskannya. Jika sudah halus, aplikasikan dempul kayu dengan pisau scrape secara merata ke seluruh permukaan kayu searah serat kayu. Jika terdapat cacat tekstur yang cukup dalam maka isi dengan dempul.  Isi hingga penuh atau menonjol tidak apa-apa karena akan diamplas selanjutnya.

  1. Pengamplasan

Jika aplikasi dempul sudah selesai maka pengamplasan menggunakan amplas alumunium oxide no. 240. Cara mengamplas searah serat kayu dan tidak terlalu ditekan sekali cukup amplas ambang saja. Dalam penekanan amplas sendiri harus rata yaitu menggunakan tiga jari tengah. Jika pengamplasan hanya ditekan pada bagian ujung jari maka permukaan kayu akan menjadi tidak rata. Jika sudah diamplas maka  didiamkan kurang lebih 20 menit agar dempul mengeras dan menempel pada permukaan kayu.

  1. Pengulangan

Jika sudah kering maka raba permukaan kayu bisa berkali kali untuk memastikan bahwa sudah halus dan juga rata sesuai yang diinginkan. Jika sudah rata tetapi pada bagian cacat tekstur masih belum terisi dengan baik maka ulangi pemberian dempul pada bagian yang cacat saja dan amplas lagi. Diamkan selama kurang lebih 20 manit dan pastikan sudah rata benar.

Mengikuti cara mendempul kayu yang baik diatas akan meminimalisir kegagalan yang biasanya terjadi ketika proses pendempulan. Selain cara Anda juga harus mendaptakan produk dempul terbaik yang mendukung untuk pendempulan yang baik. Mendapatkan produk dempul bio untuk kayu terbaik dan tidak peeling bisa Anda dapatkan dalam website ini.

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.