Tips Mengecat Besi dengan Mudah dan Aman hanya Menggunakan Kuas

Memiliki furniture besi di rumah? Bingung ingin dicat apa dan bagaimana cara mengecatnya? Tenang saja saat ini sudah banyak tersedia berbagai macam jenis cat yang bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan finishing furniture besi.

Furniture besi sangat penting dan perlu menggunakan lapisan cat. Dikarenakan besi tidak jauh berbeda dengan kayu yang juga rentan terhadap air. Besi dapat berjamur dan jamur inilah yang akan menimbulkan karat. Tentu saja keberadaan karat dalam furniture besi sangat membahayakan karena karat bisa menimbulkan penyakit tetanus.

Tidak ingin terkena resiko dari penyakit tetanus sebaiknya berikan lapisan cat pada furniture besi yang dimiliki di rumah. Fungsi cat tidak hanya memberikan warna namun juga untuk memberikan perlindungan pada besi. Cat yang mengandung anti karat sangat berperan penting di sini.

Jadi Anda cukup mencari produk terbaik untuk cat besi lalu mengenal bagaimana cara menggunakannya dengan benar. Jika dilihat di pasaran ada banyak sekali merk yang dijual, namun Anda hanya perlu memilih salah satu diantaranya yang terbaik.

Memilih Cat Besi yang Aman

Unsur utama pada saat memilih cat besi adalah mencari manakah jenis cat besi yang aman. Cat aman akan memberikan keamanan bagi penggunanya. Yakni bebas dari bahan beracun yang bisa mempengaruhi kesehatan. Apabila produk yang aman sudah didapatkan maka mengecat bukan persoalan yang sulit lagi.

Apa saja ciri dari cat besi yang aman? Sebelum masuk dalam tips mengecat besi yang tepat Anda harus memilih cat sesuai dengan standar berikut ini:

  1. Kandungan dalam cat besi

Sebagai cat besi yang aman maka kandungan di dalam cat harus dipelajari dengan sekesama. Mungkin Anda hanya akan memiliki sedikit waktu dalam proses memilih namun ada beberapa kandungan yang harus dipahami jumlah atau kadar yang terkandung di dalam cat besi.

Kandungan yang harus diperhatikan antara lain adalah timbal, formalin dan juga merkuri. Ketiga bahan tersebut harus memiliki kadar sangat rendah bahkan cukup 50 hingga 10 gram per liternya saja. Jika melebihi kadar tersebut maka bahaya akan mengancam kesehatan Anda. Jika kesulitan Anda juga bisa hanya mengecek kadar VOC saja. Kadar ini juga harus rendah yakni di bawah 50 gram per liternya.

  1. Pilih cat dengan aplikasi kuas

Para pengecat amatir atau pemula sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan cat besi yang dapat diaplikasikan dengan kuas. Mengapa? Karena aplikasi menggunakan kuas adalah salah satu cara paling mudah dan juga cepat. Tidak perlu bingung dengan hasilnya karena aplikasi kuas tidak jauh berbeda dengan aplikasi semprot.

Berbeda dengan halnya jika Anda memaksakan menggunakan alat semprot dan menuntut hasil yang sempurna. Menyemprot cat juga membutuhkan teknik khususnya agar tidak muncul saging, jadi alangkah baiknya jika memulai hanya dengan menggunakan kuas saja. Selain itu kuas adalah alat yang mudah ditemukan dan murah.

  1. Cat besi dengan anti karat

Perlindungan yang diberikan cat besi pada furniture besi tidak hanya sekedar untuk tahan air atau tahan gores saja. Anda juga perlu mencari jenis cat besi yang mengandung zincalume atau bahan anti karat. Ini akan mencegah timbulnya jamur pada besi yang memicu munculnya karat.

Karat tidak hanya berbahaya bagi lingkungan namun juga akan mempercepat kerusakan pada furniture besi. Karat adalah sumber atau penyebab besi yang keropos kemudian membuat besi mudah rusak. Tidak ingin mengalami masalah karat? Pastikan cat besi yang digunakan mengandung zincalume.

  1. Ketersediaan warna

Apakah Anda pernah bingung memilih warna dari cat yang disediakan? Memang jika melihat pilihan warna ada ratusan warna yang bisa dipilih namun Anda hanya perlu membeli satu warna cat saja. Nah apa yang harus Anda lakukan? Pemilihan cat besi aman ini harus berdasarkan dengan gaya yang ingin diterapkan dalam rumah.

Jika menggunakan gaya sebagai landasan utama pada saat memilih cat besi maka Anda akan lebih mudah mendapatkan warna yang sesuai.

  1. Kecapatan kering

Keamanan cat bukan hanya pada lingkungan namun juga proses aplikasinya. Cat besi yang mudah kering akan membuat Anda menghemat waktu untuk proses aplikasi berhasil dengan warna yang diinginkan. Kecepatan kering akan menyelamatkan furniture besi atau penggunaan cat besi pada furniture besi lainnya agar tidak cacat finishing.

Misalnya saja Anda mengecat pagar, karena adanya hujan dan Anda belum selesai mengecat maka cat besi yang belum kering ini akan menghasilkan cacat finishing. Pagar tidak akan memiliki penampilan yang halus dan rata.

Sedangkan jika Anda memilih jenis cat besi yang cepat kering bahkan tidak tergantung dengan panas matahari, akan sangat mudah menyelesaikan pekerjaan mengecat dalam beberapa jam saja.

Baca juga : cat duco besi terbaik se-Indonesia 2019

Cara Mengecat Furniture Besi Paling Mudah

Apabila Anda sudah menemukan cat besi apa dan manakah yang akan digunakan selanjutnya adalah mengetahui bagaimana bisa mengaplikasikannya dengan cara yang cepat dan mudah. Salah satu produk yang dianjurkan untuk masalah kemudahan dan kecepatan kering adalah cat kayu besi Orchid.

Tips Mengecat Besi Dengan Mudah Dan Aman

Produk Orchid adalah cat besi yang diaplikasikan dengan kuas dirancang khusus rendah toxic atau VOC. Anda bisa aman dan nyaman menggunakannya bahkan tidak akan membuang waktu hanya menunggu lapisan cat kering terlalu lama.

Nah untuk lebih jelasnya proses aplikasi cat besi Orchid pada furniture besi dengan mudah adalah sebagai berikut ini:

  1. Amplas halus permukaan furniture besi. Jika terdapat karat pastikan pengamplasan telah menghilangkan karat. Bersihkan debu pengamplasan.
  2. Campurkan cat besi water based Orchid dengan air dahulu dalam sebuah wadah plastik. Pastikan takaran tidak terlalu banyak bisa menggunakan perbandingan 4 bahan : 1 air. Aduk rata kemudian kuaskan ke seluruh permukaan furniture besi.
  3. Pastikan penguasan dilakukan satu arah. Jika dilakukan dua arah maka hasilnya tidak rata dan muncul bekas sapuan kuas. Tunggu lapisan pertama kering sekitar 60 menit dalam suhu ruangan tanpa dijemur.
  4. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas kembali.
  5. Kuaskan lapisan cat Orchid yang kedua, proses penguasan sama seperti cara yang pertama. Anda bisa menggunakan hingga 3 atau 4 lapisan, pastikan selalu menunggu kering kemudian mengamplas ambang dan bersihkan debu amplas sebelum penguasan kembali.

Jika lapisan ketiga atau keempat sudah dilakukan diamkan furniture besi selama semalaman. Ini akan membuat lapisan cat kering sempurna sebelum digunakan. Hasil finishing dari cat besi Orchid adalah semi gloss.

Apabila Anda ingin mendapatkan hasil finishing doft caranya mudah cukup tambahkan top coat doft atau matte untuk menurunkan tingkat glossy yang dihasilkan. Namun jika memutuskan untuk memberikan hasil doft permukaan furnitur besi akan mudah terkena goresan dan terlihat.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH