Cara Mengecat Lemari Triplek dengan Kuas Busa agar Hasilnya Halus

Triplek salah satu bahan olahan kayu serikali juga dijadikan sebagai material pembuatan lemari. Lemari yang terbuat dari triplek hanya bisa diletakan dalam ruangan yang kering mengingat triplek bukanlah material yang bisa diletakan sebagai furniture luar ruangan.

Namun walaupun kemampuannya hanya sebatas sebagai furniture dalam ruangan saja namun triplek sama seperti kayu lainnya bisa difinishing dengan berbagai macam jenis cat. Triplek terdiri dari tiga lapisan, setiap lapisannya dipasang dengan serat kayu yang berlawanan agar bahan perekat dapat merekatkan dengan kuat.

Permukaan triplek juga tetap menarik, walaupun tdak memiliki pori kayu namun serat tetap terlihat. Tampilan inji dhasilkan oleh veneer kayu yang memperlihatkan serat lembut dari kayu. Nah inilah yang bisa diperlihatkan dengan menggunakan berbagai macam hasil finishing.

Kebanyakan orang akan mengecat lemari dari triplek dengan warna solid atau warna yang menutup warna kayu asli. Bagaimana dengan lemari triplek yang bisa dicat dengan warna natural? Banyak cara untuk bisa mendapatkan hasil natural atau bahkan menduplikasi serat kayu agar lebih menarik.

Cara Mengecat Lemari Triplek Dengan Kuas Busa

Berikut ini jenis-jenis finishing yang bisa dilakukan pada lemari berbahan triplek.

  1. Warna kayu, finishing warna kayu ini adalah warna yang mirip dengan kayu. Anda bisa menggunakan wood stain untuk bisa mendapatkan hasil finishing yang mirip dengan warna kayu apapun. Duplikasi warna ini bisa sangat mirip apabila Anda menggunakan jenis wood stain water based yang akan menghasilkan finishing warna mirip kayu.
  2. Warna triplek, jika Anda tidak ingin menutupi warna triplek dengan wood stain atau warna solid, Anda bisa menampilkan warna triplek. Warna triplek ini memang jarang dicari karena triplek memiliki warna yang pucat. Untuk mendapatkan hasil finishing ini Anda memerlukan sanding sealer dan juga top coat.
  3. Artificial wood grain, ini yang paling banyak dicari yang finishing triplek dengan tampilan serat kayu. Lekuk dari serat kayu bisa dibuat dengan alat yang disebut dengan rubber grain. Jika menggunakan alat ini untuk membentuk serat maka diperlukan latihan yang cukup baik. Latihan ini meliputi cara untuk menarik tanpa adanya hasil yang putus. Untuk mendapatkan hasil ini Anda memerlukan cat galze yang bisa digunakan untuk finishing rustik. Sebelum diaplikasikan galze triplek terlebih dahulu diberikan wood stain sebagai warna dasar setelah dibentuk serat kayu agar glaze mengering harus langsung diaplikasikan top coat.

Inilah 3 jenis finishing natural yang bisa Anda dapatkan dalam varian mengecat lemari triplek. Jadi lemari yang tadinya tidak menarik akan memiliki penampilan yang lebih baik. Bahkan tidak hanya itu saja selain penampilan cat juga akan berfungsi untuk melindungi lemari triplek dari serangan rayap atau jamur.

Jenis Cat untuk Material Triplek

Jika Anda memutuskan untuk mengecat sendiri lemari triplek lalu jenis cat apa yang sebaiknya digunakan? Ada banyak merk cat dan terbagi menjadi beberapa jenis bahan cat tergantung dengan bahan pelarutnya. Pelarut cat bisa air, solvent atau spiritus.

Berbagai jenis cat ini menentukan hasil seperti apakah hasilnya akan berwarna transparan, memiliki warna yang tajam, tidak ada perubahan warna setelah diaplikasikan, memberikan perlindungan yang tepat bahkan Anda mendapatkan cara aplikasi yang mudah.

Menggunakan kuas adalah cara aplikasi yang sangat mudah. Maka sebaiknya pilihlah jenis bahan finishing yang akan memberikan hasil maksimal menggunakan kuas. Aplikasi kuas tidak mahal bahkan terbilang murah, Anda bisa mendapatkan kuas di toko bahan bangunan terdekat dengan ukuran yang bervariasi.

Jenis cat kuas yang banyak digunakan adalah pernis dan juga plitur. Pernis akan memberikan hasil finishing yang akan memberikan warna lemari triplek transparan. Pernis untuk triplek khususnya yang water based akan memberikan hasil yang tidak akan terkalahkan. Proses aplikasi yang mudah yaitu tidak membutuhkan panas matahari memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengecat di cuaca apapun.

Cara Mengecat Lemari Triplek Dengan Kuas Busa

Pernis atau plitur water based juga tidak akan mengalami perubahan warna seperti halnya cat kayu solvent. Kandungan formalin yang sangat rendah membuat hasil finishing tidak berubah menguning setelah cat mengereas. Inilah yang membuat para pengrajin furniture dan juga para pengguna furniture merasa puas.

Cat water based dirancang khusus untuk tidak mencemari lingkungan akibat proses penguapan dimana bahan pelarut menguap dan membuat cat menjadi keras. Akibatnya bukan hanya lingkungan saja yang aman namun pengguna cat dan pengguna furniture terhindar dari masalah gangguan kesehatan berupa penyakit kanker.

Tentu Anda sudah pernah mendengar bukan bahwa salah satu sumber penyakit kanker yang banyak diderita oleh pekerja furniture adalah kanker. Penyakit kanker yang sulit untuk disembuhkan bisa menyerang berbagai bagian organ tubuh manusia.

Nah menghindari hal ini maka cat kayu water based untuk lemari triplek sangat layak untuk digunakan di masyarakat saat ini.

Cara Aplikasi Cat Water Based Pada Lemari Triplek

Bagaimana cara menggunakan cat water based pada lemari triplek? Jika ingin menggunakannya maka Anda cukup menyiapkan produk, kuas busa, amplas dan kain kering. Pastikan juga lemari triplek yang akan dicat sudah diamplas.

Pengamplasan sebaiknya berlangsung sebelum lemari akan dicat. Ini akan membantu lemari agar lebih menghasilkan permukaan yang halus dan juga rata. Perlu diperhatikan pengamplasan triplek berbeda dengan pengamplasan kayu solid.

Cara Mengecat Lemari Triplek Dengan Kuas Busa

Triplek perlu diamplas perlahan karena lapisan veneer yang tipis. Selain itu juga Anda wajib menggunakan masker karena sebuk triplek yang lembut sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika pengamplasan sudah selesai bersihkan debu amplas dengan kain bersih.

Kini lemari triplek telah siap difinishing menggunakan cat kayu water based dan kuas:

  1. Aplikasikan terlebih dahulu wood filler. Bahan ini akan meratakan dan juga menyamakan warna kayu. Caranya campurkan wood filler dengan sedikit air, gunakan kain katun kemudian usapkan secara melingar sambil ditekan. Ini akan menutup permukaan triplek yang tidak rata. Diamkan lemari hingga wood filler mengering. Amplas permukaan dengan amplas 240 dan kembali bersihkan debu amplas.
  2. Kini lemari triplek telah memiliki permukaan yang rata, aplikasikan wood stain yang telah dicampur air sesuai petunjuk dalam kemasan kaleng cat. Aduk rata kemudian gunakan kuas busa yang masih bersih. Kuaskan wood stain tipis-tipis saja ke seluruh permukaan. Ingat untuk mendapatkan hasil sempurna lakukan penguasan searah serat kayu. Ini akan menghindari brush mark yang biasanya muncul. Tungga kering lapisan cat ini baru diamplas ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas.
  3. Lapisan akhir adalah top coat. Pilih top coat water based dan campurkan dengan air. Gunakan top coat ini sama seperti ketika mengaplikasikan wood stain. Untuk menunggu kering Anda hanya perlu mendiamkannya dalam ruangan bersih dan kering selama 24 jam.

Anda bisa mengaplikasikan wood stain dua hingga tiga kali hingga cat benar-benar menutup pada area lemari triplek. Namun jika memberikan banyak lapisan maka hasil warna yang didapatkan akan lebih gelap.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH