Kreasi dan Cara Membuat Meja dari Kayu Bekas sampai Tahapan Finishing

Meja dari kayu bekas sudah menjadi trend yang banyak di-ikuti bahkan oleh industri furniture. Bagaimanakah cara membuat meja dari kayu bekas?

Memanfaatkan kayu bekas untuk dijadikan sebagai furniture yang baru tentu saja dapat mengurangi budget Anda yang berlebihan. Kayu bekas yang masih bagus dan juga kokoh dapat Anda manfaatkan untuk dijadikan sebagai berbagai furniture rumah tangga yang kreatif dan juga keren, contohnya adalah meja bekas.

Membuat meja dari kayu bekas sebenarnya bukan merupakan hal yang sulit. Namun, hal yang paling pokok adalah kemauan dan ide kreatif Anda. Lalu bagaiman mengubah tampilan kayu bekas menjadi meja yang kreatif dan juga cantik tanpa harus mengeluarkan banyak dana? Simak tips berikut ini.

Tips mudah membuat meja dari kayu bekas

  1. Pilih desain meja yang menarik

Hal yang pertama agar memudahkan Anda dalam membuat meja adalah mencari desain meja yang sesuai dengan selera Anda. Kali ini Anda harus memutuskan untuk membuat meja yang digunakan untuk ruang tamu, ruang makan atau dapur. Desain meja ini harus sesuai dengan ruangan yang Anda ingin berikan meja. Selain itu, Anda juga perlu untuk mengukur berapa besar meja yang ingin Anda buat yang sesuai dengan ruangan Anda.

  1. Persiapan alat dan bahan yang diperlukan

Lakukan persiapan alat dan bahan jika Anda sudah memutuskan untuk memilih desain meja yang tepat. Alat dan bahan untuk proses pembuatan meja ini cukup sederhana, yaitu gergaji, sekrup atau paku, bor listrik, lem kayu serta meteran. Persipkan pula kayu bekas Anda yang masih bagus dengan kondisi yang masih kokoh dan juga kuat.

  1. Potong kayu sesuai kebutuhan

Langkah selanjutnya yaitu pemotongan kayu. Untuk membuat meja sederhana, maka Anda perlu membuat kaki-kaki meja dan juga alas meja. Jika Anda menginginkan meja fungsional, maka Anda dapat menambahkan laci atau rak dibawahnya. Potong kayu sesuai dengan ukuran yang sudah Anda buat.

  1. Amplas kayu untuk mendapatkan permukaan yang halus, rata dan siap dieksekusi

Lakukan proses pengamplasan pada kayu yang sudah Anda potong. Pengamplasan ini ditujukan untuk menghilangkan sisa cat dan juga agar kayu Anda lebih halus sehingga meja Anda akan terlihat lebih cantik dan menarik. Pengamplasan ini dapat Anda lakukan secara berulang sampai kayu dalam kondisi bersih dan tidak ada cat lama yang masih menempel.

  1. Pasang kaki meja pada alas meja

Pemasangan kaki-kaki meja pada alas meja memang akan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapakan alatnya seperti palu, sekrup, bor listrik. Apabila meja terdiri lebih dari satu alas di atas, maka Anda perlu memasang alas pertama atau bagian rak dari meja tersebut. Lakukan proses ini dengan benar.

  1. Lakukan pengecatan pada media kayu
Kreasi Dan Cara Membuat Meja Dari Kayu Bekas

Langkah terakhir adalah proses pengecatan pada meja Anda. Pengecatan dapat Anda lakukan pada ruangan yang terbuka untuk mengurangi bau cat yang berlebihan. Gunakan kuas atau alat penyemprot cat agar lebih cepat dan juga memudahkan Anda. Biarkan cat sampai benar-benar kering.

Demikian beberapa tips mudah untuk membuat meja dari kayu bekas. Jangan buang kayu bekas Anda yang sudah usang karena dapat juga Anda sulap menjadi meja menarik dan juga unik kreasi dari Anda sendiri. Bahkan, dari pada membuang kayu bekas yang masih kokoh dan kuat yang hanya akan menjadi sampah, ide kreatif yang Anda wujudkan akan menjadi barang yang bermanfaat. Sekian dan cari inspirasi menarik lainnya. Selamat mencoba.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH