Mengintip Pembuatan Meja Bundar Ramah Lingkungan dari Kayu Bekas

Meja bundar seringkali membuat banyak orang bertanya, bagaimana membuatnya berbentuk bulat dan nyaman digunakan tanpa adanya ujung yang kasar di setiap pinggiran table top. Bagaimana caranya dan apakah proses ini sulit? Bagi Anda yang masih awam dan ingin mencoba pekerjaan woodworking jangan khawatir karena Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah.

Peralatan sederhana yang mudah akan melancarkan pembuatan meja budar terlebih lagi yang ramah lingkungan. Furnitur ramah lingkungan tidak hanya meja bundar saja namun semua olahan kayu yang dibuat dengan cara yang tidak mencemari lingkungan.

Produk ramah lingkungan ada dua cara pembuatannya yaitu menggunakan material bekas atau recycle dan juga bahan finishing yang bebas logam berat. Kedua hal ini sangat membantu melestarikan lingkungan yang akan Anda temukan dengan sangat mudah dan menghemat budget.

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana material yang dapat digunakan untuk pembuatan meja bundar beserta cara pembuatannya. Terakhir adalah bagaimana produk finishing yang aman dan ramah lingkungan sekaligus cara aplikasinya.

Memilih dan Memproduksi Meja Bundar dengan Material Recycle

Material recycle adalah kayu bekas yang sangat mudah ditemukan. Anda bisa melihat ke sekeliling rumah Anda atau di lingkungan Anda. Paling mudah jenis kayu yang bisa digunakan untuk meja berbentuk bulat adalah palet kayu. Anda juga bisa mencari di pabrik furnitur, jika Anda memiliki kerabat yang bekerja di sana maka akan lebih mudah lagi untuk mendapatkannya.

Material kayu bekas yang baik adalah masih berbentuk kayu solid, tidak memiliki rayap yang merusak pada bagian dalamnya. Anda bisa memilih lebih dari satu jenis kayu karena hasilnya akan lebih menarik. Kumpulkan semua jenis kayu jika mudah pilih kayu dengan ketebalan yang sama karena akan lebih mudah membuatnya.

Setelah Anda mengumpulkan bersihkan kayu, hilangkan semua paku dan benda logam lain atau kotoran lain yang masih menempel. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan dan alat yangtepat untuk mengambil paku karena Anda tidak ingin merusak substrat kayu. Amplas seluruh bagina hingga halus dan warna kayu asli terlihat beserta serat kayu.

Anda sudah menyiapkan kayu recyle dengan baik kini saatnya untuk mengolahnya menjadi meja bundar.

  1. Ukuran

Mengukur adalah tahapan awal yang perlu diperhatikan. Namun di sini Anda akan bekerja dengan berbagai macam jenis kayu yang berbeda. Untuk itu Anda perlu menyamakan ukuran khususnya pada ketebalan. Jadikan ketebalan kayu satu ukuran agar top table bundar terbentuk dengan baik. Ukuran ketebalan yang bisa Anda pilih antara lain 5 hingga 10 cm. Gunakan saw table untuk memotong sesuai dengan ukuran ketebalan.

Berapa ukuran diameter dari meja bundar yang akan Anda gunakan? Ukuran diameter ini akan menjadikan tolak ukur dari kayu tengah yang akan digunakan. Pastikan kayu bagian tengah memiliki panjang yang lebih dari diameter meja yang diinginkan. Selanjutnya letakan kayu yang lebih pendek di sebelah kanan dan kirinya begitu seterusnya hingga Anda mendapatkan susunan yang tepat.

Jangan lupa ukur kayu yang akan digunakan sebagai kaki meja. Pastikan Anda membuat kaki meja yang kuat dan kokoh.

  1. Pengeleman

Anda sudah mendapatkan susunan yang tepat kini saatnya untuk mengelem seluruh bagian kayu secara sejajar hingga terbentuk sebuah bidang yang akan digunakan sebagai top table. Jika Anda akan menggunakan meja budar sebagai dining table sebaiknya pilih lem yang aman seperti lem putih water based dan bukan menggunakan lem kuning yang tinggi kandungan formalin.

Mengintip Pembuatan Meja Bundar Ramah Lingkungan

Gunakan clamp untuk mengelem seluruh bagian kayu. Anda bisa melakukannya secara bertahap karena lem akan bekerja dengan baik jika Anda melakukannya bertahap. Lakukan hingga Anda bisa melihat bidang top table yang diinginkan. Selanjutnya adalah memotong.

  1. Pemotongan

Anda sudah mendapatkan bidang dari top table namun bentuknya belum benar-benar bundar. Maka diperlukan pemotongan yang rata agar membentuk bulat. Anda bisa menggunakan mesin khusus berbentuk laser yang akan memotong sesuai dengan diameter meja atau bisa juga dilakukan secara manual dengan gergaji.

Mengintip Pembuatan Meja Bundar Ramah Lingkungan

Gambar diameter top table pada permukaan meja kemudian mulai pemotongan. Jika Anda memilih langkah manual maka lakukan perlahan dan sesuai dengan garis jika perlu diluar garis karena Anda bisa menghaluskanya kemudian dengan mesin amplas.

Potong dengan benar seluruh bagian kaki meja, jika perlu sesekali pasangkan dengan bagian bawah top table untuk memastikan Anda membuat ukuran yang tepat.

  1. Pengamplasan

Lakukan pengamplas dengan mesin amplas. Pastikan Anda mendapatkan pinggir bagian bundar menjadi lebih halus dan rata. Lakukan ini hingga Anda mendapatkan tingkat bundar sesuai dengan keinginan. Jika mesin amplas sulit mendapatkan tingkat bulat maka Anda bisa menggunakan amplas yang dibalut dengan pipa.

Lakukan pengamplasan tidak hanya untuk membentuk bulatan namun juga untuk mengamplas seluruh permukaan kayu. Anda perlu menggunakan alat yang datar. Jika mengamplas secara manual gunakan amplas yang dibalut pada balok kayu. Jangan lupa untuk mengamplas kaki meja.

Pengamplasan berguna untuk mendapatkan permukaan meja yang halus dan juga membuka pori kayu yang akan memudahkan lapisan cat meresap.

  1. Perakitan
Mengintip Pembuatan Meja Bundar Ramah Lingkungan

Terkahir adalah merakit kaki meja dan top table. Anda bisa merakit keduanya dengan bantuan paku atau siku besi yang dikaitkan dengan sekrup. Pastikan kaki meja berdiri dengan rata serta kuat dan kokoh. Semua siku yang dipasang harus kuat dan membuat meja tidak mudah roboh.

Finishing Meja Bundar yang Ramah Lingkungan

Cara finishing yang tepat untuk meja bundar adalah dengan cara menggunakan cat water based. Produk cat yang berbahan dasar air rendah kandungan logam berat dan juga tidak mengeluarkan bau yang berbahaya dan menyengat pada pernapasan. Anda tidak perlu khawatir pada proses aplikasi karena sangat mudah.

Pertama cari produk cat water based di toko bahan bangunan terdekat, lalu campurkan cat tersebut dengan air. Jika Anda ingin produk paling mudah dan sekali aplikasi maka Anda bisa memilih pernis atau plitur kayu. Lanjutkan dengan pengadukan cat dengan air.

Kuaskan cat ke seluruh permukaan meja bundar hingga rata. Pilih kuas busa atau kuas dari bahan nylon agar cat tidak menimbulkan brush mark. Aplikasikan secara tipis karena semakin banyak lapisan cat maka hasilnya menjadi lebih baik.

Tunggu lapisan pertama kering tanpa penjemuran di bawah panas matahari. Lanjutkan dengan proses pengamplasan secara ambang dengan kertas amplas 400. Bersihkan debu amplas dengan baik dan Anda bisa mengaplikasikan cat kembali ke permukaan meja bundar dengan cara yang sama.

Hasilnya Anda akan melihat warna kayu recyle yang indah dengan serat kayu yang menarik. Adanya lapisan pernis atau plitur akan mempertajam serat kayu dan memberikan perlindungan langsung. Lapisan film yang kuat dari cat water based outdoor akan memberikan perlindungan pada furnitur pada panas dan hujan.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH