Cara Mengamplas Kayu dengan Mesin dan Memilih Jenis Alat yang Tepat

Pengamplasan adalah salah satu hal yang sangat penting dari proyek apa pun dengan kayu. pengamplasan bisa memakan waktu lama, dan hasilnya halus. Pengamplasan tidak mengubah benda kerja Anda dengan cara memotongnya menjadi ukuran. Pengamplasan juga tidak memberikan hasil seperti cat dengan warna yang indah. Tetapi jangan salah, ini adalah langkah kunci yang harus diambil ketika mengubah kayu mentah menjadi bagian investasi furnitur, yang menambah nilai bagi rumah atau gaya hidup Anda.

Apa itu Pengamplasan? Meskipun pengamplasan membuat kayu terasa lebih halus, yang merupakan proses untuk menghilangkan permukaan yang kasar. Alat-alat yang digunakan untuk mengamplas dengan mesin adalah ampelas sander tetapi tidak ada amplas yang menempel secara langsung.

Cara Mengamplas Kayu Dengan Mesin

Sebaliknya, abrasif berfungsi sebagai alat pemotong (tidak seperti pisau gergaji), yang dapat digunakan untuk memotong, membentuk, dan menyelesaikan kayu mentah hingga ke titik di mana bahan siap menerima hasil akhir.

Pengamplasan dengan mesin tidak sepenuhnya diperlukan untuk pekerjaan apa pun, tetapi sander bertenaga dapat menghemat banyak waktu dan keringat. Salah satu jenis mesin sander yang direkomendasikan adalah orbit sander. Alat ini sanagt mudah digunakan tidak memiliki daya listrik yang terlalu tinggi bahkan bisa Anda gunakan untuk berbagai macam jenis kayu.

Orbit sander adalah alat yang mudah sehingga cocok digunakan baik di pabrik atau digunakan para penghobi kayu.

Pengamplasan Menggunakan Mesin untuk Finishing

Pengamplasan tidak hanya membantu sebelum finishing, tetapi juga selama finishing. Jika Anda berencana untuk mengecat atau melapisi benda kerja Anda, pertama-tama amplas dengan kertas 220 grit, kemudian bersihkan permukaannya dengan lap basah atau spons.

Cara pengamplasan ini akan membuka pori-pori dan membuat kayu lebih mudah dicat. Apakah Anda akan menerapkan hasil akhir cat solvent? Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan tidak hanya dengan amplas 220 grit.

Amplas permukaan kayu dengan kertas amplas 220 grit, kemudian aplikasikan cat solvent atau wood stain kemudian tunggu kering/ Setelah itu gunakan kertas 320 grit. Lanjutkan hingga Anda mendapatkan permukaan kayu yang diinginkan.

Salah satu tugas yang dihadapi para pekerja kayu pemula dengan belajar adalah bagaimana mengampelas kayu. Pengamplasan bisa menjadi proses yang membosankan, tetapi sangat penting bagi kualitas keseluruhan proyek pengerjaan kayu.

Dalam artikel-artikel berikut, Anda akan mempelajari cara mengamplas kayu melalui berbagai metode, dari pengamplasan tangan hingga menggunakan tipe-tipe tertentu dari kekuatan sanders. Setelah Anda menguasai teknik pengamplasan kayu ini, Anda akan dapat menyiapkan proyek Anda untuk hasil akhir yang bagus.

Memilih Amplas yang Benar

Cara Mengamplas Kayu Dengan Mesin

Hal pertama yang perlu diketahui ketika mempersiapkan untuk mengampelas sebuah proyek adalah jenis amplas atau pengamplasan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Dari grit tertentu untuk memahami perbedaan dalam formulasi yang dirancang untuk pengamplasan tangan atau abrasive berkecepatan tinggi, menggunakan mesin pengamplasan yang tepat sangat penting untuk keberhasilan proyek.

  • Orbital Sanders Random

Hampir setiap toko kayu modern memiliki setidaknya satu orbital sander random. Hasil aplikasi sander ini membantu menghilangkan bekas goresan yang dapat dibuat dengan pengamplasan tangan atau dengan sander berpola berulang (seperti sander lembar biasa). Jika Anda akan mengamplas dalam jumlah banyak yang biasanya dilakukan dengan pengamplasan tangan maka Anda bisa menggunakan orbital sander random agar pekerjaan lebih cepat.

  • Sheet Sanders

Sheet sanders kadang-kadang dianggap sebagai sander yang lebih baik dari sander orbital acak, yaitu karena mereka menggunakan pola berulang untuk memindahkan pad pengamplasan. Namun, untuk banyak tugas pengamplasan awal, sheet sander cukup memadai.

Selain itu, sheet sander dapat menggunakan ½ atau 1/2 lembar amplas biasa, membuatnya jauh lebih ekonomis daripada pengorbit orbital acak (yang membutuhkan disk pengamplasan tertentu). Pelajari keuntungan dari sheet sander dan bagaimana menggunakan satu pada proyek woodworking Anda. Pemilihan sheet sander bisa sangat menguntungkan Anda dan menghemat biaya.

  • Osilasi Spindle Sanders

Untuk pengamplasan pemotongan melengkung (seperti yang dibuat oleh gergaji band atau jigsaw), beberapa alat dapat menyamai kemampuan osilasi spindle sanders. Sander khusus ini pada dasarnya adalah drum sander yang spindelnya bergerak naik turun saat drum berputar.

Tindakan berosilasi ini mengekspos lebih banyak drum pengamplasan ke kayu, memperpanjang umur drum dan mengurangi garis pengamplasan pada kayu. Pelajari keuntungan menggunakan osilasi spindle sanders, ditambah teknik tambahan untuk pengamplasan potongan lurus dengan sander yang unik ini.

Perlukah Pengamplasan dengan Tangan setelah Mesin?

Setelah menggunakan grit yang lebih halus secara bertahap melalui proses pengamplasan dengan sander orbital acak atau sander lembar Anda, langkah terakhir sebelum mengakhiri proses pengamplasan harus selalu memberikan proyek pengamplasan tangan yang bagus sekali (minimal).

Jadi pengamplasan dengan tangan tetap dibutuhkan. Pada intinya aplikasi amplas mesin hanya untuk mempercepat proses Anda mengamplas. Namun untuk sentuhan akhir pengamplasan dengan tangan tetap menjadi sangat penting.

Cara Mengamplas Kayu Dengan Mesin

Tidak hanya akan mengamplas proyek sebelum selesai, Anda juga dapat menyesuaikan beberapa titik yang mungkin memerlukan sedikit perawatan ekstra, tetapi juga dapat membantu menghilangkan tanda pengamplasan kecil yang disebabkan oleh kekuatan sander.

Jadi pengamplasan dengan tangan juga sangat dibutuhkan pada bagian tertentu yang tidak bisa dijangkau oleh mesin. Ada banyak bagian tersebut misalnya seperti pada bagian sudut lemari. Bagian ini tidak akan teramplas dengan sempurna jika Anda tidak melanjutkannya dengan tangan.

Maka Anda juga perlu mempelajari pengamplasan menggunakan tangan.

  • Bagaimana Amplas Terbuat

Meskipun mungkin tampak sangat mendasar dan sederhana, proses pembuatan amplas agak teknis dan cukup menarik. Dalam artikel ini, ikuti langkah demi langkah sebagai amplas, pengamplasan sabuk dan pengamplasan disk yang diproduksi.

Seperti amplas, sabuk pengamplasan memiliki formulasi khusus dan proses manufaktur yang memungkinkan mereka untuk menjadi tahan lama, untuk berdiri dengan panas yang dihasilkan oleh kekuatan sander belt. Sabuk dibuat dari potongan-potongan panjang amplas yang dirancang untuk menangani suhu tinggi, kemudian dipotong menjadi lebar dan ditempelkan bersama untuk membentuk lingkaran.

  • Menghapus Serbuk Gergaji Halus Sebelum Anda Melakukan Finishing

Setelah pengamplasan proyek pertukangan Anda, Anda harus menghapus semua sisa serbuk gergaji sebelum Anda dapat mengaplikasikan cat pilihan Anda. Mengapa membuang serbuk gergaji sangat penting?

Kini bayangkan saja jika Anda tidak menghilangkan serbuk gergaji tersebut maka permukaan kayu yang akan Anda finishing akan menempel. Cat yang mengering akan menimbulkan tekstur dimana serbuk amplas tersebut menyebar di seluruh permukaan kayu.

Anda juga tidak boleh membersihkan begitu saja dengan lap kering pada seluruh permukaan kayu. Debu amplas akan bertebaran ke seluruh ruangan yang mengakibatkan Anda harus membersihkan ruangan sebelum melakukan finishing.

Untuk membersihkan serbuk kayu lakukan satu arah, dan pastikan Anda mengumpulkannya dalam kantong plastik yang besar. Kumpulkan menjadi satu dan Anda bisa memulai proses pengecatan dengan tenang.

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH