Ayo Membuat Sendiri Meja Belajar dari Kayu Bekas Caranya Mudah

Membuat sendiri meja belajar dari kayu bekas bisa menjadi kado istimewa untuk anak.

Ayo Membuat Sendiri Meja Belajar dari Kayu Bekas Caranya Mudah

Meja Belajar Anak

Meja belajar adalah sebuah furnitur yang penting untuk menunjang proses belajar anak. Memberikan anak meja belajar dapat membuat mereka nyaman dan anak Anda akan betah belajar. Sehingga dalam proses belajar anak dapat maksimal dan menjadi seorang anak yang pandai. Banyak anggapan bahwa eja belajar yang menarik merupakan barang yang mahal bagi sebagian orang tua.

Tetapi itu tidak sepenuhnya benar, karena anda dapat membuat kreasi meja belajar memanfaatkan kayu bekas di sekitar anda. Selain dapat memberikan meja kayu yang indah. Kegiatan ini dapat membantu mengurangi limbah kayu yang ada di lingkungan rumah.

Selain itu, memberikan meja belajar kepada anak dapat menyenangkan anak Anda. Pada dasarnya anak menyukai kegiatan yang menyenangkan seperti bermain, jalan-jalan, atau diberi sesuatu. Pemberian sebuah barang akan menyenangkan hati anak, bisa berupa makanan favoritnya atau barang favoritnya, meja belajar bisa menjadi salah satunya.

Manfaat Meja Belajar untuk Anak

Ternyata sebuah meja belajar tidak hanya berguna untuk tempat anak belajar. Banyak sekali manfaat dibalik meja belajar bagi anak yang mana dapat membantu mereka beprestasi di sekolah. Maka dari itu penting untuk tidak menganggap remeh meja belajar, berikut manfaat meja belajar bagi anak :

  1. Membuat anak lebih bersemangat belajar. Anak Belajar; Meja Belajar

    Menggunakan meja belajar yang sesuai dengan keinginan anak akan membuat mereka tambah semangat dalam belajar. Apalagi jika Anda bisa menyediakan sebuah meja belajar yang disesuaikan dengan kegemaran anak Anda. Pastinya dengan meja belajar yang sesuai dengan kesukaanya anak Anda akan lebih bersemangat dalam belajar.

  2. Memudahkan anak menemukan barangnyaPerlengkapan yang menunjang sekolah dan pembelajaran tidak hanya meja belajar. Ada banyak perlengkapan yang biasa digunakan anak, seperti buku, pensil, penghapus, penggaris, rautan, serta pulpen. Meja belajar berguna untuk menyimpan perlengkapan tersebut sehingga anak mudah dalam mencarinya.
  3. Membantu anak lebih berkonsentrasi. Anak Berkonsentrasi

    Meja belajar yang nyaman dapat memberikan konsentrasi yang lebih kepada anak. Suasana yang dibawa dari menggunakan meja belajar akan seperti di sekolah. Hal tersebut dapat membuat anak lebih berkonsentrasi.

  4. Melatih bertanggung jawabAnak akan merasa bertanggung jawab dengan barang miliknya, apabila mereka diberi meja belajar. Barang yang maksud di sini berupa peralatan sekolah seperti buku, pensil, penghapus, dan sebagainya. Mereka akan merasa bahwa meja belajar merupakan wilayahnya, sehingga rasa tanggung jawab untuk merapikan akan muncul.
  5. Tidak mudah lelah Anak Bosan Belajar

    Posisi belajar ketika menggunakan meja belajar akan lebih ideal. Belajar dengan posisi duduk di lantai atau kasur bahkan tiduran tengkurap dapat membuat anak merasa tidak nyaman dan pegal. Hal tersebut dapat membuat anak mudah menyudahi proses belajarnya.

Membuat Meja Belajar dari Kayu Sulit ?

Menyediakan meja belajar ternyata memiliki banyak manfaatkan untuk membantu proses belajar pada anak. Apa lagi jika kita bisa membuat meja belajar sendiri. Dengan membuat meja belajar sendiri Anda dapat membuat meja belajar yang sesuai dengan keinginan anak. Anda bisa menentukan besar atau kecilnya ukuran dari meja belajar tersebut. Warna yang digunakan juga dapat kita tentukan sendiri sesuai dengan keinginan anak.

Untuk membuat meja belajar tersebut, tentunya anda juga tidak perlu untuk membeli kayu yang baru, tetapi anda dapat memanfaatkan kayu bekas yang masih bagus. Hal ini tentu saja akan menghemat dana anda, sehingga lebih hemat. Bagaimana membuat meja belajar dari kayu dengan mudah? Simak cara sederhana berikut ini.

Tips Membuat Sendiri Meja Belajar dari Kayu Bekas

  1. Siapkan kayu bekas sebagai bahan utama beserta peralatan yang diperlukan

    Kayu Bekas

Untuk bahan utamanya adalah kayu bekas. Pilih jenis kayu bekas yang masih bagus. Untuk ukurannya, sesuaikan dengan selera anda. Alat penunjang lain yang anda butuhkan diantaranya adalah gergaji, bor, sekrup, paku, lem kayu, pensil kayu, meteran, amplas, serta masker. Pastikan anda memakai masker agar tidak ada debu yang terhirup ketika anda memulai untuk mengamplas kayu anda.

  1. Buatlah desain meja belajar yang anda inginkan

Buatlah desain meja belajar sesuai yang anda inginkan. Gambarkan sketsa meja belajar tersebut pada sebuah lembaran kertas. Tidak perlu menggunakan ukuran yang tepat atau sesuai dengan skala. Gambar pula dimensi meja belajar agar memudahkan anda dalam membuat meja belajar tersebut.

  1. Potong bagian kayu

    Pemotong Kayu

Siapkan kayu bekas yang akan buat sebagai desain untuk meja belajarnya. Siapkan meteran, gergaji, serta pensil kayu. Potong bagian kayu-kayu bekas tersebut menjadi rancangan desain meja belajarnya, mulai dari bagian alas meja atau bagian atas meja, serta bagian kaki-kaki mejanya. Pastikan sesuaikan ukurannya dengan tepat.

  1. Amplas potongan kayu tersebut

Bagian selanjutnya adalah mengamplas semua potongan kayu tersebut dengan cara menggosokkan amplas pada semua bagian kayu sampai kayu benar-benar halus dan rata. Pengamplasan ini juga dimaksudkan agar tidak ada cat lama yang masih menempel pada kayu, sehingga anda akan lebih mudah untuk mengecatnya. Apabila ada bagian kayu yang kurang rata, amplas kembali dengan menekan kuat sampai bagian tersebut rata.

  1. Buatlah alas meja

    Meja Kayu

Untuk membuat alas meja bagian atas, anda dapat menyatukan potongan-potongan kayu yang sudah anda buat. Buatlah palangan untuk bagian atas agar semua potongan kayu merekat. Gunakan lem kayu bila perlu, kemudian tambahkan paku agar lebih kuat.

  1. Buatlah kaki-kaki meja

Apabila bagian atas meja sudah terpasang, maka buatlah bagian kaki-kaki meja anda. Pasang kaki-kaki meja dengan merekatkannya dengan lem dan tambahkan sekrup atau paku agar lebih kuat. Pasangkan kaki-kaki meja yang lain dengan cara yang sama.

  1. Proses finishing

    Menggunakan kuas untuk aplikasi pernis

Proses terakhir adalah pengecatan. Pilih cat yang aman dan juga berkualitas. Pilih jenis cat dengan water based atau cat dengan bahan pelarut air. Cat jenis ini aman bagi kesehatan anak dan keluarga anda. Jangan menggunakan cat solvent based atau cat dengan bahan pelarut organik seperti thinner atau spiritus, karena cat jenis ini berbau menyengat serta tidak bagus untuk kesehatan anak dan keluarga anda. Aplikasikan cat water based pada meja belajar sesuai dengan petunjuk penggunaannya.

Demikian tips membuat meja belajar sendiri. Membuat meja belajar sendiri ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Membuat meja belajar bisa memanfaatkan kayu bekas yang ada di sekitar kita sehingga kita dapat mengurangi limbah kayu yang ada. Selain itu memberikan meja belajar yang sesuai dengan kegemaran anak akan membantu anak tambah bersemangat dalam belajar.

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH