Faktor Penentu Harga Lantai Kayu Melambung Tinggi yang Perlu Diketahui

Ingin menggunakan kayu sebagai lantai? Namun Anda selalu ragu karena harga lantai kayu yang sangat mahal. Jika Anda tidak memiliki budget cukup untuk menggunakan lantai kayu maka sebaiknya pilih lanntai lain yang lebh murah dan juga lebih mudah didapatkan. Apa sih sebeanrnya yang membuat kayu itu mahal?

Jika bertanya soal harga lantai kayu maka Anda akan melejit karena harga bisa mencapai puluhan juta hanya untuk lantai. Setenagh dari harga yang akan Anda keluarkan dengan memilih lantia keramik. Nah ada baberapa faktor yang membuat kayu ini mahal. Apa saja itu? Baca selengkapnya dalam artikel ini.

Kualitas Kayu untuk Lantai Rumah

Memilih kayu untuk lantai tentu saja tidak sembarangan karena ada banyak sekali jenis kayu yang tumbuh. Ada jenis kayu yang hanya cocok digunakan untuk pembuatan furnitur dalam ruangan adapula jenis kayu yang memang cocok digunakan untuk lantai. Bahkan jenis kayu untuk lantai balkon atau luar ruangan seringkali berbeda dengan jenis kayu dalam ruangan.

Ketahanan dari kayu yang membedakan harga dari semua jenis kayu. Nah ingin tahu jenis kayu apa saja dan bagaimana kualitasnya ketika digunakan untuk lantai? Berikut ini jenis – jenis kayu dan kualitasnya yang sering digunakan sebagai material lantai.

  1. Kayu merbau

Jika Anda memilih kayu dengan warna kemerahan untuk lantai maka Anda bisa menggunakan kayu merbau.  Kayu ini memiliki kekuatan dan keawetan kelas I-II. Kemampuannya adalah tahan terhdapa serangan rayap, tahan terhadap cuaca yang panas atau bahkan hujan. Warna yang menarik dan serat yang indah menjadi keunggulan dari kayu merbau.

  1. Kayu jati

Di Indonesia kayu jati sering digunakan dan menjadi kayu dengan kelas I-II. Bahkan pemerintah telah membuat hutan khusus budidaya pohon jati yang akan dipanen beebrapa uluh tahun sekali. Saejak zamand ahulu tanaman jati sudah banyak ditemukan di hutan tropis Indonesia. Penebangannya membuat kayu ini menjadi langka. Banyak yang menyukai kayu jati karena ketahanannya khususnya pada rayap.

Faktor Penentu Harga Lantai Kayu Melambung Tinggi

Warna dari kayu jati paling menarik karena memberikan warna cokelat dengan efek keemasan. Anda akan mendapatkan warna kayu jati ini cukup dengan lapisan pernis atau plitur kayu saja.

  1. Kayu ulin

Jenis kayu ketiga ini adalah kayu dengan kelas awet I, cocok digunakan untuk lantai karena tingkat kerasnya. Dibandingkan dengan jenis kayu yang lainnya kayu ulin yang paling kuta terhadap air. Jadi kayu ini yang cocok digunakan untuk balkon hingga deck kolam renang. Kekuatannya ini membuat harganya yang sangat mahal. Ada dua jenis kayu ulin yang beredar di pasaran Indonesia yaitu kayu ulin Sulawesi dan kayu ulin Kalimantan.

  1. Kayu bengkirai

Kayu bengkirai sering menggantikan kayu ulin. Kayu ini memiliki tingkat keras yang sama namun tingkat keawetannya adalah kelas II. Dalam kayu bengkirai ini Anda akan melihat warna cokelat kemerahan dengan serat lurus. Inilah yang banyak dipilih orang karena keindahan warna dan juga seratnya. Sama seperti kayu ulin kayu bengkirai juga sering digunakan sebagai lantai luar ruangan.

  1. Kayu sonokeling

Anda menyukai lantai dengan warna kehitaman? Maka Anda bisa memilih kayu sonokeling, kayu ini akan memberikan hasil yang maksimal dan juga memberikan tampilan yang menarik. Kekuatan kayu sonokeling adalah kelas I dan II. Jika menggunakan kayu ini Anda perlu memberikan pengwet kayu karena keawetannya masih kelas II yang menandakan kayu ini tidak kuat terhdap serangan rayap.

  1. Kayu keruing

Jenis kayu terkahir yang banyak digunakan sebagai lantai adalah kayu keruing. Kayu ini adalah jenis kayu yang bisa ditemukan di daerah Sulawesi. Kayu keringing berbeda dengan jenis kayu lainnya karena yang paling murah. Baik tingkat keawetan dan kekuatannya adalah kelas II sehingga hanya dapat digunakan untuk lantai dalam ruangan. Kayu ini sering menggantikan kayu ulin yang harganya lebih mahal karena warna dans ertanya yang mirip.

Apabila Anda mencermati jenis-jenis kayu di atas maka Anda akan enukan kayu mahal. Harga lantai kayu yang mahal dikarenakan kualitasnya yang mahal. Anda akan menemukan kayu dengan kelas I dan II maka harga per meternya bisa mencapai jutaan rupiah.

Kayu ini juga dijual dalam bentuk kayu solid atau panel khusus untuk lantai kayu yang tebal dan berat. Banyaknya jumlah kayu yang digunakan untuk lantai membuat harganya melambung tinggi. Kayu untuk lantai rata-rata adalah kayu yang memiliki penampilan eksotis dari serat dan juga warnanya. Anda tidak akan menemukan penampilan ini pada kayu dengan harga ratusan ribu.

Faktor Penentu Harga Lantai Kayu Melambung Tinggi

Terakhir adalah kayu harus kuat, kayu kuat dipilih untuk lantai yang akan menopang beban orang yang berjalan di atasnya. Belum lagi pengikisan kayu karena penggunaannya juga bisa terjadi jika Anda hanya menggunakan kayu murah yang lunak. Kayu keras dibutuhkan untuk masalah ketahanan ini.

Kayu-kayu menjadi mahal karena kelangkaan kayu, semua kayu yang telah ditanam puluhan tahun yang lalu kini telah ditebang dan dipanen tanpa diimbangi dengan penanaman ulang setiap tahunnnya.  Inilah yang membuat kayu untuk lantai menjadi langka dan harganya melambung tinggi contohnya saja kayu jati.

Perawatan Lantai Kayu yang Mahal

Tidak hanya harga material lantai kayu saja yang mahal, namun juga perawatan yang diberikan sangat mahal. Perawatan lantai kayu dilakukan setiap hari dengan perawatan khusus. Pemasangan lantai kayu memang mudah namun mempertahankannya dalam kondisi yang baik membutuhkan waktu luang Anda.

Perawatan yang dibutuhkan untuk lantai kayu adalah sebagai berikut ini:

  • Perawatan harian

Merawat lantai kayu sehari-hari bukan menggunakan air namun membutuhkan mesin vakum. Anda perlu menyedot debu yang berada di sela-sela lantai kayu. Selain itu setiap ada noda yang tumpah Anda harus langsung membersihkannya dengan lap. Tanpa adanya pembersihan maka lantai kayu yang terkena tumpahan air akan meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Perawatan lainnya adalah dengan membersihkan debu atau kotoran.

  • Perawatan bulanan

Sebaiknya jika Anda memiliki rumah berukuran besar dengan lantai kayu maka belilah buffer. Buffer adalah alat untuk memoles permukaan lantai. Lantai kayu membutuhkan alat poles kayu yang dilakukan setiap bulan. Anda bisa menyewa buffer namun untuk perawatan rutin sebaiknya Anda membelinya.nah jika Anda sudah mendapatkan buffer sebaiknya lakukan menggunakan poles kayu khusus. Memoles kayu digunakan untuk mempercantik lantai dan membuat lapisan lantai terlindungi dengan baik. Bahan poles kayu akan membantu Anda mendapatkan lantai kayu yang mengkilap.

  • Perawatan tahunan

Dalam perawatan tahunan Anda perlu mengecek apakah terdapat cacat pada permukaan kayu seperti goresan atau terdapat panel kayu yang rusak. Setiap tahun Anda harus memperbaiki cacat penggunaan pada lantai kayu. Nah jika terdapat cacat permanen di banyak tempat Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan pengecatan ulang.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH