Cara Mengecat Dinding Bergaris Untuk Pemula

Mengecat dinding bukanlah hal yang sulit. Dengan cara mengecat dinding bergaris yang mudah maka Anda pemula pun dapat menciptakan hasil yang artistik.

Apakah Anda bosan dengan warna dinding yang itu-itu saja? Atau Anda ingin menciptakan ruangan dengan tidak banyak furniture tetapi tetap terlihat artistik? Hal ini sangat mudah dilakukan karena saat ini banyak sekali dekorasi rumah. Jika melihat dari dinding Anda bisa memanfaatkan wallpaper yang sudah sangat banyak digunakan modern ini terutama oleh apartemen berharga milyaran. Wallpaper adalah kertas yang memilii tekstur, warna dan juga pilihan corak beragam. Cara aplikasinya adalah menempelkan pada dinding menggunakan bahan perekat khusus. Untuk coraknya wallpaper memiliki variasi baik untuk kamar anak, kamar utama, ruang tamu dan juga ruang keluarga bahkan dapur. Wallpaper memiliki harga yang cukup mahal bagi Anda yang memiliki budget minim untuk mendekorasi ulang rumah. Selain itu juga wallpaper akan cepat rusak jika rumah Anda memiliki suhu ruangan yang lembab. Wallpaper akan mudah mengelupas dan juga berjamur. Ketika wallpaper sudha mulai rusak Anda harus menggantinya dengan yang baru. Bahkan untuk sisa lem yang menempel pada dinding akan merusak dinding sehingga Anda akan sulit jika setelah menggunakan wallpaper dan beralih menggunakan cat tembok. Maka sebelum Anda memilih lapisan untuk dinding Anda harus riset manakah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Alternaif lain selain wallpaper adalah dengan menggunakan cat tembok. Untuk menghasilkan dinding yang kreatif Anda bisa menggunakan cara mengecat dinding bergaris. Hasil garis yang diberikan pun akan sesuai dengan selera Anda. Anda hanya menyiapkan cat yang bervariasi dan juga kuas. Bahkan untuk polanya juga bisa dimodifkais tidak hanya terpaku pada pola horizontal atau vertikal. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah mengumpulkan berbagai warna cat dinding dan dipilih yang sesuai dengan selera Anda. Kemudian menciptakan pola horizontal, vertikal atau miring bahkan bisa membentuk sebuah pola lain yang menarik dan dekoratif seperti gambar. Pengecatan dinding bergaris ini akan menjadi kegiatan yang sangat menarik dilakukan di waktu senggang atau waktu libur Anda.

Alat Sederhana Untuk Cara Mengecat Dinding Bergaris

Cara-cat-dinding-bergaris

Mewujudkan dinding bergaris bukanlah hal yang sulit. Mungkin sebagain besar Anda masih berpikir bahwa cara mengecat dinding bergaris membutuhkan alat-alat yang sulit dan profesional. Sebenarnya Anda yang seorang pemula dan masih terbilang amatir bisa memanfaatkan alat-alat sederhana yang ada di rumah. Bahkan Anda tidak perlu membayar tukang untuk mengecat dinding yang hasilnya belum tentu sesuai dengan yang diharapkan. Berikut ini alat-alat yang bisa digunakan sebagai alternatif menciptakan dinding bergaris serta cara penggunaannya.

  1. Selotip kertas. Penggunaan selotip kertas ini sangat mudah karena Anda hanya menempelkan selotip sesuai dengan pola garis yang diinginkan. Selain itu selotip kertas tidak merusak lapisan dinding sehingga Anda harus mengulangi pengecatan. Asalkan pelepasan selotip harus menunggu cat benar-benar kering. Bahan ini sangat banyak digunakan jika Anda akan memberikan hasil garis horizontal dan vertikal.
  2. Kapur dan tali bagunan. Cara ini akan memberikan garis yang tipis berbeda dengan selotip yang memberikan garis sesuai dengan ketebalan selotip yang digunakan. Cara aplikasinya adalah dengan manarik garis lurus sesuai pola kemudian mengikatkan tali bangunan pada dua titik yang menyatukan garis. Lalu gariskan kapur tepat pada tali dan tarik tali pada tembok hingga menimbulkan garis, maka Anda akan mendapatkan garis tipis dan bisa memulai mengecat.
  3. Biasanya sikat ini akan memberikan dinding bergaris satu warna. Caranya adalah menggunakan sikat pakaian pada dinding yang sudah diaplikasikan cat setengah kering. Tarikan sikat satu arah pada tembok maka akan timbul garis kecil sekaligus menimbulkan tekstur yang artistik pada tembok.
  4. Kardus dan pensil. Hasil menggunakan kardus ini paling bisa bervariasi karena Anda tidak hanya bisa menciptakan garis tetapi berbagai bentuk menarik. Caranya adalah membuat model kardus kemudian gunakan kardus untuk menciptakan mal dengan pensil. Lakukan pengecatan bentuk yang sudah diciptakan sesuai dengan pola yang telah tergambar dengan pensil. Hasil menggunakan karus ini sangat cocok untuk kamar anak dengan bentuk bentuk yang unik.

Alat alat sederhana di atas akan sangat membantu Anda dalam mengecat dinding bergaris. Dalam cara mengecat dinding bergaris, Anda juga bisa menggunakan jenis alat lain seperti sponge untuk mendapatkan tekstur yang terlihat seperti berlubang caranya adalah dengan menekan pada cat yang belum kering. Anda bisa juga memanfaatkan kuas yang dan memberikan teksur garis hampir sama dengan menggunakan sikat. Bekas brush mark dari kuas akan memberikan tekstur yang unik. Anda juga bisa menggunakan kain katun bersih yang diusapkan pada dinding seperti teknik bal pada finishing kayu. Jika Anda menginginkan hasil yang lebih menarik lagi bisa menggunakan roll dan lapisi dengan kain maka dinding akan memiliki hasil yang artistik.

 3 Langkah Mudah Cara Mengecat Dinding Bergaris

Cara mengecat dinding bergaris tidak membutuhkan langkah yang panjang. Cukup tiga langkah berikut maka Anda  sudah bisa melakukan pengecatan. Sebelumnya persiapkan alat-alat berikut ini:

  • Varian warna cat tembok sesuai dengan hasil yang diinginkan
  • Selotip kertas dengan lebar 3 cm atu 5 cm
  • Kuas berukuran sedang bisa 5 inci

Cara mengecat dinding bergaris:

  1. Untuk mendapatkan hasil yang lebih mudah Anda bisa memanfaatkan dinding yang sudah diberikan dasaran cat sebagi warna pertama. Lalu bentuk pola terlebih dahulu, jika pola sudah terpikirkan maka Anda bisa memulai menggaris dengan selotip. Pastikan selotip benar-benar tertempel rata sehingga tidak ada gelembung di dalamnya. Gelembung dalam selotip bisa menimbulkan kebocoran sehingga cat akan mengotori garis yang sudah dibentuk.
  2. Jika pola dengan keras selotip sudah selesai maka Anda bisa melakukan pengecatan. Pengecatan dilakukan tidak boleh melebihi batas selotip hanya di bagian dalam saja dan di atas selotip. Lakukan pengecatan hingga seluruh dinding terpenuhi warna sesaui dengan konsep yang Anda inginkan.
  3. Tunggu dinding menjadi benar benar kering baru Anda bisa melepas selotip. Ini dilakukan agar cat di atas selotip benar benar kering dan cat tidak menimbulkan bercak.

Cara mengecat dinding bergaris yang sangat mudah ini bisa Anda lakukan kapan saja. Kunci utama untuk pengecatan bergaris lebih rapi adalah pola yang Anda ciptakan melalui selotip. Untuk garis vertikal atau horizontal pastikan benar garis yang diciptakan lurus dan sejajar. Selain itu juga adalah warna dasar dinding yaitu warna putih. Anda bisa menggunakan plamir sebelum mengecat. Warna dasar putih dari plamir akan menimbulkan warna tajam dari cat dinding yang dipilih. Jika dinding belum diplamir maka warna semen yang abu abu gelap akan membuat warna cerah juga berubah menjadi lebih gelap.

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.