Tutorial Cara Membuat Meja Kayu Palet Sendiri sampai Finishingnya

Menciptakan meja kayu palet sendiri adalah hal yang mudah. Jika Anda adalah pemula di bidang ini maka Anda perlu mempersiapkan bahan dan juga produk finishing yang tepat. Ada banyak kayu palet di luar sana Anda bisa menemukannya di pabrik furnitur atau di toko yang menjual khusus kayu palet.

Bahkan jika Anda tidak menemukannya, carilah di rumah tetangga Anda yang biasanya menyimpan kayu bekas. Jika tidak menemukan kayu palet Anda bisa memanfaatkan berbagai macam jenis kayu bekas lainnya. Kayu ini memiliki kelebihan mudah difinishing untuk hasil yang artistik.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan jika menggunakan kayu palet sebagai material meja buatan Anda sendiri selain harganya yang murah. Demi menjaga lingkungan Anda bisa menggunakan kayu bekas atau kayu palet. Penggunaan kayu yang bekas akan mengurangi adanya penebangan pohon baru yang akan merugikan ekosistem hutan.

Selain menjaga lingkungan, kayu palet atau kayu bekas lebih mudah untuk diolah. Pada kasus kayu palet, biasanya menggunakan jenis kayu yang ringan seperti kayu pinus. Kayu ini merupakan jenis kayu lunak yang mudah dipotong dan juga dibentuk. Anda tidak akan mengalami masalah jika menggunakan kayu ini sebagai pemula.

Merakin meja yang terbuat dari kayu palet juga sangat mudah, kayunya yang ringan sangat mudah untuk di bawa atau digunakan pada furnitur kamar anak Anda. Kayu palet memiliki tampilan artistitk didukung dengan bentuk serat yang sangat menarik.

Ada banyak cara yang bisa para DIY gunakan untuk membuat sebuah meja kayu palet sendiri. Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana Anda bisa membuat meja dari kayu palet hingga pada tahapan finishingnya yang mudah.

Pembuatan Meja Kayu Palet

Berikut adalah proyek DIY yang tidak membutuhkan banyak keterampilan atau uang dan menghasilkan meja yang menarik dan bisa digunakan di dalam ruangan. Cukup banyak proyek DIY yang sempurna. Apakah Anda sudah siap untuk belajar bagaimana membangun meja kayu palet?

Bahan Yang Dibutuhkan:

  • Anda membutuhkan dua palet untuk proyek ini: satu berukuran 100 x 100 cm (39,4 x 39,4 inci) dan satu lagi berukuran 20 x 100 cm (47,2 x 39,4 inci).
  • Kayu palet sering digunakan hanya beberapa kali sebelum dibuang. Carilah palet di belakang toko-toko segala jenis setiap bisnis yang membutuhkan pengiriman cargo kemungkinan akan menggunakannya. Kebanyakan palet dirawat dengan bahan kimia atau panas matahari untuk mencegah infestasi serangga. Anda tidak ingin menggunakan palet yang diperlakukan secara kimia, jadi carilah yang memiliki huruf HT (untuk perlakuan panas).
  • Berbagai alat- palu, linggis, sarung tangan, kacamata, paku, gergaji, obeng, sekrup, dll.
  • Kaca mata pengaman berukuran 100 x 100 cm (39,4 x 39,4 inci).

Petunjuk pembuatan meja kayu palet yang sangat mudah.

    Membuat Meja Kayu Palet Sendiri
  1. Ambil satu palet terpisah. Dengan menggunakan palu dan linggis, ambillah palet yang lebih besar. Pastikan untuk mengenakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda dari serpihan dan kacamata untuk menjaga potongan-potongan terbang keluar dari mata Anda.
  2. Potong kayu. Potong menjadi delapan potongan kaki dari palet palet, masing-masing 70 x 660mm (2,8 x 26 inci). Dari empat meter (sekitar 13 kaki) dari 2 x 2 kayu, potong empat potong 70 x 680mm (2,8 x 26,8 inci) untuk bingkai meja. Untuk pengikat meja potong delapan potong dari kayu, masing-masing panjang 320mm (12,6 inci), dengan masing-masing ujung dipotong pada sudut 45 derajat.
  3. Taruh potongan-potongan itu. Taruh bingkai meja utama bersama-sama. Untuk masing-masing kaki meja potong dua palet palet bersamaan. Pasang kaki ke bingkai. Tambahkan penguat meja untuk memperkuat kaki. Sekrup semua ini ke palet yang tersisa dan putar tegak.
  4. Semua bagian sudah terakit dengan baik dan tinggal melakukan finishing pada meja Anda sesuai dengan keinginan Anda dan kemudian tutup dengan sepotong kaca pengaman berukuran 100 x 100 cm (39,4 x 39,4 inci).

Finishing Meja Kayu Palet Buatan Sendiri

Kini meja kayu palet telah berdiri dengan kokoh, saatnya Anda untuk memperlihatkan keindahan dari seni kayu palet. Banyak orang yang tidak melirik kayu ini karena ketahanannya yang kurang baik di luar ruangan. Memang benar kayu palet kurang cocok digunakan di luar ruangan maka sebaiknya Anda meletakan meja ini di dalam ruangan saja.

Membuat Meja Kayu Palet Sendiri

Untuk finishingnya Anda bisa memilih warna natural untuk lebih meperlihatkan serat kayu. Ada banyak warna finishing natural yang bisa Anda pilih. Apabila Anda ingin hasil yang lebih unik gunakan api untuk mengeluarkan tampilan serat kayu.

Teknik ini dikenal dengan teknik finishing shou sugi ban. Teknik yang berasal dari Jepang banyak digunakan pada kayu cedar namun tidak menjadi masalah karena serat kayu palet tidak jauh berbeda dan cukup menarik seperti kayu cedar.

Memulai finishing shou sugi ban ini Anda membutuhkan torch dengan tekanan api yang baik. Jika ingin lebih mudah Anda bisa memilih torch portable yang mudah dibeli di mana saja. Setelah itu siapkan sikat kawat, amplas dan juga lap. Untuk bahan lapisan akhir Anda bisa menggunakan cat kayu water based.

Mulai dengan pengamplasan seluruh permukaan meja. Anda perlu mengamplas menggunakan amplas kayu dengan grit yang kasar seperti nomor 220. Amplas seluruh permukaan rata untuk membuka pori kayu. Selanjutnya gunakan torch dan semburkan api berlawanan arah kayu, maka Anda bisa melihat guratan dari serat kayu yang sangat tajam.

Lakukan ini dengan cara merata dan satu kali pembakaran. Pembakaran yang terlalu lama hanya akan mengurangi tampilan serat dan kayu akan lebih menghitam gosong. Setelah itu lanjutkan dengan menghilangkan serbuk kayu yang terbakar menggunakan sikat kawat.

Pastikan semua permukaan sudah hilang dari debu pembakaran. Untuk membuat guratan dan tekstur Anda bisa menyikat permukaan meja kayu palet dengan sikat kawat. Sikatkan sambil ditekan hingga muncul goresan ke seluruh permukaan sesuai dengan serat kayu. Maka akan muncul tekstur secara alami.

Langkah terakhir adalah melakukan finishing. Pada lapisan akhir Anda bisa menggunakan cat kayu water based yang lebih aman untuk lingkungan dan kesehatan. Tampilan dari lapisan top coat ini bisa Anda pilih untuk mengkilap bisa menggunakan gloss sedangkan utnuk tampilan natural Anda bisa menggunakan cat doft.

Kuaskan atau semprotkan top coat yang sudah dicampur dengan air sesuai dengan instruksi yang tersedia dalam kemasan cat kayu. Anda bisa menggunakan cara ini hingga rata. Agar lapisan top coat mengering dengan benar, diamkan selama 24 jam dan Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Akhirnya Anda bisa mendapatkan tampilan yang menarik pada meja kayu palet. Apabila Anda merasa kesulitan dengan finishing yang menggunakan api ini maka Anda bisa memilih langkah yang paling mudah yaitu menggunakan cat pernis kayu water based.

 

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH