Cara Mudah Membuat Sendiri Meja Lipat Untuk Anak

Meja lipat tak selalu harus mahal. Berikut tips cara mudah membuat sendiri meja lipat untuk anak.

Meja belajar yang nyaman dan juga menarik pastinya dapat membangkitkan motivasi dan juga semangat bagi anak. Banyak sekali meja lipat yang tersedia di pasaran dengan model dan juga gaya yang menarik. Hal ini tentu saja juga berpengaruh pada harga yang ditawarkan. Semakin bagus meja tersebut maka harganya juga akan semakin mahal. Oleh karena itu, pastinya tidak semua orang dapat membeli meja lipat untuk belajar buah hati mereka.

Cara Membuat Meja Belajar Kayu Sederhana

Meja lipat memang sering dipilih karena lebih praktis dan juga dapat digunakan untuk ruangan minimalis. Nah, kali ini kami akan memberikan inspirasi bagi anda mengenai cara mudah membuat sendiri meja lipat untuk anak sehingga anda dapat dengan mudah membuat sendiri meja lipat sesuai dengan yang anak anda inginkan.

Tips Cara Mudah Membuat Sendiri Meja Lipat Untuk Anak

  1. Siapkan alat pertukangan dan juga bahan-bahan yang akan dibutuhkan

Untuk membuat meja belajar maka yang akan anda butuhkan diantaranya adalah gergaji, mesin bor, siku, meteran, triplek, kayu reng, amplas, masker. Gunakan masker sebelum anda memulai proses pembuatan meja lipat.

  1. Potong kayu sesuai ukuran dan desain yang sudah dibuat

Siapkan kayu reng kemudian potong kayu dengan ukuran panjang sekitar 30 cm. Buatlah empat buah potongan kayu tersebut dengan ukuran yang sama. Buat kembali potongan kayu dengan ukuran 20 cm sebanyak empat buah. Buatlah palang untuk bagian bawah 2 buah, sedangkan untuk bagian tengah 1 buah. Gunakan meteran, pensil kayu, kemudian potong dengan gergaji.

  1. Bor pada ujung

Langkah selanjutnya, siapkan bor untuk mengebor pada bagian ujung untuk digunakan sebagai pemasangan baut. Apabila sudah selesai mengebor, maka pasang semua baut dengan kuat.

  1. Bor pada bagian pertengahan kayu

Siapkan kayu yang panjang pada bagian pertengahan kayu kemudian bor untuk dibuat sebagai baut untuk penyangga. Lalu, pasangkanlah kayu pada bagian tengah sesuai dengan ukuran yang telah anda persiapkan.

  1. Pasang triplek

Pasang kayu triplek yang pendek, gunakan paku untuk merekatkannya. Samakan sisi pada bagian dalam-dalamnya. Jangan lupa pula untuk menyamakan bagian sisi-sisi pada luar dengan bagian bagian sisi luarnya. Pasang bagian bawahnya. Meja lipat anda sudah jadi dan lakukan pengetesan dengan membuka dan menutup meja belajar yang telah anda buat.

Nah, demikian cara mudah untuk membuat sendiri meja lipat untuk buah hati anda. Pastikan kayu yang anda pilih adalah jenis kayu yang kuat dan juga berkualitas. Amplas semua bagian kayu tersebut sampai dengan halus dan rata. Patikan tidak ada bagian kayu yang lancip yang dapat mengakibatkan luka gores pada anak anda.

Selain itu, apabila anda menginginkan untuk memberikan cat pada meja lipat ini, maka pilih cat yang berkualitas bagus agar lebih tahan lama dan juga aman bagi buah hati anda. Pilih cat yang benar-benar aman untuk kesehatan buah hati anda baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang. Jenis cat yang aman bagi anak untuk furniture adalah cat dengan bahan dasar air atau cat dengan water based. Cat ini menggunakan bahan pelarut air sehingga aman untuk digunakan.

Keunggulan dari jenis cat water based ini adalah tidak menimbulkan bau yang menyengat dan juga mudah untuk diaplikasikan. Jangan memilih cat dengan bahan pelarut yang berbahaya, seperti thinner, spiritus atau bahan kimia yang lainnya. Pilih jenis cat yang benar-benar berkualitas agar aman bagi anda dan keluarga anda.

Artikel "Uncategorized"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.