Menggunakan Sanding Sealer untuk Eksterior Tanpa Efek Bintik Hitam

Kayu lunak seperti jenis kayu ceri, kayu pinus, kayu birch sangat mudah menimbulkan efek blockin dan sangat tidak menarik ketika hanya dilapisi oleh wood stain saja. Kecuali Anda menggunakan sanding sealer untuk eksterior sebelumnya. Hasil yang terbaik akan didapatkan apabila Anda melakukan percobaan terlebih dahulu untuk melihat hasil finishing akan lebih baik. Pengamplasan yang tepat akan menjadi kunci utama dalam mendapatkan hasil yang maksimal.

Beberapa jenis kayu yang seperti tadi telah disebutkan termasuk sulit untuk dilapisi dengan wood stain. Permukaan kayu sangat bagus namun sayangnya bentuk dari serat kayu yang menarik tersebut bisa berakhir menimbulkan  bintik hitam dan cukup banyak setelah Anda mengaplikasikan wood stain. Namun ada beberapa cara mudah bagi Anda untuk menghindari bintik hitam tersebut.

Bintik hitam pada kayu akan muncul ketika pigmen dari wood stain meresap pada area serat kayu yang terbuka lebih lebar atau berukuran lebih besar. Sayangnya pori terbuka tersebut tidak bisa langsung dilihat dan diidentifikasi pada bagian mana.

Satu-satunya cara untuk mengetahui manakah area yang memiliki pori lebih besar adalah menggunakan contoh kayu. Gunakan thinner dan gosokan menggunakan kain pada permukaan contoh kayu. Biasanya akan langsung muncul warna yang lebih gelap pada pori yang terbuka.

Cara lain yang digunakan adalah dengan mengoleskan wood stain pada permukaan kayu yang menjadi contoh. Perhatikan daerah mana saja yang memiliki pori kayu terbuka akan menimbulkan bintik hitam. Anda akan melihat dan bisa mencermati bagian mana saja pori yang terbuka lebar.

Mengetes bagian bintik hitam yang muncul memang mudah pada contoh kayu, namun bagaimana cara kerja yang praktis pada furniture kayu yang sesungguhnya? Tidak mungkin Anda akan menggunakan lapisan wood stain untuk mengecek, tentu saja akan membuat Anda harus mengulangi proses finishing kembali.

Pelajari langkah terbaik dalam artikel ini.

Menghilangkan Bintik Hitam dengan Sanding Sealer

Ketika furniture kayu akan dicat dengan warna natural maka kebersihan tempat finishing dan mengenali jenis kayunya akan menjadi kunci utama. Bahkan memahami jenis bahan finishing yang akan digunaan juga perlu karena bahan finishing yang berbeda juga akan memberikan hasil yang berbeda pada jenis kayu tertentu.

Kebanyakan pabrik pembuat wood stain menciptakan kondisioner sebelum proses aplikasi wood stain. Kunci utama dari pemillihan jenis cat adalah tidak hanya bahan finishing namun juga cara aplikasi yang benar.

Jika pabrikan tidak menciptakan kondisioner sebelum aplikasi wood stain, Anda bisa menggunakan sanding sealer. Sanding sealer merupakan salah satu jenis cat dasar kayu yang akan  menutup seuruh pori kayu sebelum aplikasi wood stain. Baik itu ukuran pori kayu yang besar atau kecil akan tertutup dengan baik sehingga tidak menimbulkan bintik hitam setelah wood stain diaplikasikan.

Sanding sealer bertugas untuk mengunci pori kayu, membuatnya terisi dengan baik sehingga peresapan wood stain pada permukaan kayu tetap sama dan warnanya tidak berbeda. Sanding sealer juga bertugas untuk membuat wood stain dapat melekat dengan baik pada lapisannya membuat wood stain tidak mudah mengelupas atau retak.

Cara aplikasi sanding sealer pada kayu juga sangat mudah, beberapa jenis sanding sealer ada yang bisa digunakan dengan cara wiping adapula dengan cara semprot. Jika memilih cara semprot maka Anda harus mempersiapkan kompresor dan spray gun. Memilih sanding sealer yang bisa diaplikasikan dengan alat semprot akan menghasilkan finishing yang lebih halus dan rata.

Sanding sealer yang diaplikasikan dengan alat semprot mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pengamplasan seluruh bagian kayu. Mengamplas bisa dilakukan secara manual atau menggunakan alat. Pastikan hasil pengamplasan adalah halus, tidak ada permukaan kayu yang kasar. Jika terdapat lubang pada kayu maka segera isi dengan wood filler atau dempul kayu sesuai ukuran kerusakan atau lubang. Amplas lagi hingga permukaan dirasa halus ketika diraba. Hilangkan debu amplas menggunakan kain bersih.
  • Menggunakan Sanding Sealer Untuk Eksterior Tanpa Efek Bintik Hitam

    Pencampuran sanding sealer, pelarutan dilakukan sesuai dengan jenis pelarutnya baik itu water based atau minyak. Campurkan sanding sealer sesuai dengan perbandingan yang tertera pada kemasan kaleng. Aduk sampai benar-benar rata baru masukan ke dalam tabung spray gun. Jangan lupa untuk menutup tabung agar cat tidak tumpah.

  • Mulai semprotkan sanding sealer ke seluruh permukaan furniture kayu. Lakukan dengan cara cross spray. Menggunakan cross spray adalah mengecat horisontal kemudikan vertikal. Langkah ini dilakukan untuk mendapatkan pori kayu benar-benar tertutup dan terkunci dengan baik.
  • Tunggu lapisan sanding sealer mengering dan mulailah untuk mengamplas. Pengamplasan dilakukan secara ambang agar seluruh lapisan cat tidak hilang atau habis. Bersihkan debu amplas sebelum memulai proses aplikasi wood stain.

Kunci keberhasilan aplikasi sanding sealer yang rata dan pori kayu benar-benar tertutup adalah memberikan lapisan tipis. Anda bisa mengulangi aplikasi sanding sealer hingga dua kali setelah pengamplasan. Kuncinya adalah lapisan harus tipis yang akan memperkuat penutupan pori kayu dan mempercepat pengeringan lapisan cat.

Membandingkan Hasil Warna Wood Stain

Apabila Anda ingin melihat bagaimana hasil warna yang dihasilkan oleh wood stain maka lakukan percobaan untuk mengetesnya. Caranya siapkan panel kayu yang sama dengan material yang digunakan untuk furniture. Di sini Anda akan mengecat untuk mendapatkan perbandingan hasil warna maka lapisi panel kayu tersebut dengan sanding sealer secara merata. Lakukan langkah di atas.

Setelah kering, buatlah garis pembatas pada panel kayu hingga membentuk tiga bagian. Gunakan isolasi kertas yang cukup tebal sebagai pembatas pada panel kayu. Kini kayu siap untuk dicat dengan kumlah layer cat yang berbeda.

Pada langkah awal semprotkan seluruh bagian menggunakan satu layer wood stain. Keringkan dan amplas. Gunakan amplas secara mengambang. Lanjutkan dengan penyempotan ulang wood stain kali ini hanya pada bagian kedua dan ketiga saja. Keringkan dan amplas, lanjutkan dengan pengecatan bagian ketga satu kali lapisan wood stain. Keringkan.

Anda akan melihat bahwa terdapat tiga warna dengan jenis wood stain yang sama. Pada setiap kolom atau bagian warna wood stain akan semakin tebal ketika banyak lapisan wood stain yang diterapkan. Manakah warna yang Anda inginkan untuk digunakan pada furniture?

Menggunakan Sanding Sealer Untuk Eksterior Tanpa Efek Bintik Hitam

Apabila warna masih belum sesuai dengan yang diinginkan, tambahkan top coat. Semprotkan top coat ke seluruh bagian panel kayu dan Anda akan melihat bagian manakah yang paling menarik. Pada percobaan ini hasil maksimal akan didapatkan apabila Anda mengecat dengan sungguh-sungguh dan menganggap aplikasi tersebut pada furniture yang asli.

Bahkan Anda juga akan bisa membandingkan menggunakan panel kayu yang tidak dilapisi dengan sanding sealer sehingga warna yang dihasilkan lebih pucat bahkan terdapat bintik hitam karena pori kayu tidak disegel dengan baik. Jadi pastikan seluruh proyek finishing kayu berpori besar selalu menggunakan cat sealer yang bagus.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH