Cara Menggunakan Sanding Sealer untuk Decking Kolam Renang Tahan Lama

Kolam renang adalah salah satu fasilitas yang bisa ditambahkan di dalam rumah. Adanya kolam renang akan meningkatkan harga rumah atau properti. Memilkin kolam renang maka akan membutuhkan instalasi dek. Decking kolam renang bisa terbuat dari berbagai macam jenis bahan. Ada yang mengunakan batu alam atau menggunakan kayu.

Membangun kolam renang artinya sang pemilik rumah sudah tahu dan paham betul tentang perawatan yang harus dilakukan. Memiliki kolam renang membutuhkan perawatan yang cukup mahal, pengurasan dan perawatan decking agar tidak licin membutuhkan bahan khusus dan tenaga profesional tentunya.

Decking kolam renang sendiri dirancang agar tidak licin dan menimbulkan kecelakaan bagi orang yang sedang berjalan di atasnya. Apakah yang menjadi syarat sebuah material decking kolam renang? Dan bagaimana cara untuk menjaganya agar decking tetap memiliki penampilan menarik serta dapat digunakan dalam waktu yang lama?

Ciri Material Decking Kolam Renang yang Terbaik

Ada beberapa ciri material decking yang perlu diperhatikan. Ciri ini akan memenuhi kebutuhan decking yang tahan lama. Banyak faktor yang diperhatikan sehingga Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik.

Cara Menggunakan Sanding Sealer Untuk Decking Kolam Renang

Berikut ini ciri material decking kolam renang yang dibutuhkan:

  1. Ketahanan material

Apa saja material decking yang bisa bertahan lama? Ketahanan menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi. Misalnya saja kayu, apakah kayu bisa bertahan lama jika terkena air kolam renang terus menerus? Jika tidak apakah bahan yang bisa digunakan sehingga membuatnya menjadi lebih tahan lama. Inilah yang harus dipikirkan ketika Anda akan memilih kayu sebagai decking kolam renang.

  1. Penampilan yang menarik

Tidak hanya memiliki ketahanan yang baik namun material decking juga harus memiliki penampilan yang menarik. Apakah gaya yang akan Anda ciptakan dari kolam renang, bagaimana bentuk dan asesoris yang digunakan. Apakah lantai kayu yang digunakan sebagai decking memiliki tampilan yang sesuai dengan gaya yang diterapkan. Apakah jenis kayu yang akan Anda pilih mulai dari warna hingga tampilan seratnya.

Kedua aspek di atas adalah faktor penting yang wajib diperhatikan ketika memilih material decking kolam renang dari kayu. Ingat bahwa decking kolam renang akan selalu terkena air, bagaimana kayu bisa bertahan walaupun sudah terkena air berulangkali bahkan setiap kali. Inilah yang harus diperhatikan selanjutnya.

Memilih Jenis Kayu untuk Decking Kolam Renang

Sebelum membeli kayu untuk decking kolam renang pilih dahulu apakah jenis kayu yang layak digunakan. tidak semua kayu memiliki ketahanan yang sama apalagi jika digunakan sebagai decking. Kekuatan kayu, kelenturan, daya susut dan memuainya harus rendah dan yang pasti adalah tahan terhadap jamur atau rayap.

Banyak jenis kayu tersebut di Indonesia, kayu tersebut berat, keras dan memiliki tampilan yang eksotis. Harga yang dipasang untuk satu palet kayu juga cukup tinggi. Jika Anda ingin memasang decking kayu yang luas maka dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Apa saja jenis kayu yang biasanya digunakan untuk decking kolam renang? Berikut ini daftarnya:

  1. Walnut

Kayu walnut berasal dari Amerika dan banyak digunakan sebagai material decking. Alasannya adalah kayu ini tidak akan dimakan rayap dan tidak mudah berjamur. Kayu tidak akan cepat keropos dan Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dengan kayu walnut ini. Warna kayu walnut cukup eksotis untuk diperlihatkan sebagai kecantikan tambahan dari kolam renang. Cukup dengan memberikan top coat dan sanding sealer kayu walnut dapat digunakan dalam waktu yang lama.

  1. Red cedar

Masih jenis kayu yang berasal dari Amerika, warna kayu red cedar adalah merah kecokelatan. Bagi Anda yang suka dengan tampilan kemarahan berpadu dengan warna kolam renang yang biru akan sangat menawan. Kayu red cedar sendiri adalah jenis kayu yang mudah diamplas dan cepat memiliki permukaan yang halus. Kekuatan kayu cedar terletak dari ketahanannya dalam menahan serangan air hujan, panas matahari, udara yang panas dan juga dingin bersalju.

  1. Mahoni

Kayu mahoni yang digunakan untuk decking ini berasal dari negara Filipina, berbeda dengan kayu mahoni yang berasal dari Indonesia. Kayu mahoni dari Filipina adalah jenis kayu yang sangat kuat, memiliki warna yang lebih gelap dan bukan kemerahan. Ada banyak keunggulan yang diberikan dari kayu mahoni khususnya ketahanannya ketika digunakan sebaga decking kolam renang.

  1. Kayu jati

Inilah jenis kayu yang berasal dari Indonesia dan memilik keindahan khusus ketika digunakan sebagai decking kolam renang. Kayu jati adalah jenis kayu yang bisa digunakan tidak hanya sebagai furniture outdoor namun juga sebagai decking kolam renang. Kayu jati adalah kayu yang memiliki resin khusus melawan rayap dan juga jamur. Inilah yang membuat kayu jati menjadi lebih tahan lama.

Mendapatkan Perlindungan Pada Decking Kayu

Jika jenis kayu sudah sangat mendukung kini saatnya melakukan finishing. Pengecatan decking kolam renang yang terbuat dari kayu adalah salah satu cara untuk membuatnya menjadi lebih terlindungi, memiliki warna yang tahan lama. Sisanya adalah perawatan agar lantai kayu tidak licin ketika digunakan.

Cara Menggunakan Sanding Sealer Untuk Decking Kolam Renang

Mengecat adalah hal penting dan wajib dilakukan ketika cuaca sedang cerah jika tidak hasil finishingnya akan gagal. Ada dua jenis produk yang sebaiknya digunakan untuk finishing decking kayu kolam renang yakni sanding sealer dan juga top coat.

Sanding sealer yang digunakan haruslah tahan panas, tahan dingin dan air hujan bahkan tahan goresan. Sedangkan untuk top coat yang digunakan adalah pulyurethane. Gunakan sanding sealer untuk decking seperti cat water based yang juga memiliki produk top coat polyurethane.

Nah cara menggunakannya bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Amplas seluruh permukaan decking kayu kemudian gunakan vakum untuk mengangkat debu pengamplasan hingga bersih agar hasil finishing rata dan halus.
  2. Campurkan sanding sealer terlebih dahulu dengan bahan pelarutnya. Gunakan takaran yang sesuai agar tidak terlalu kental atau terlalu encer. Siapkan roll yang bersih dan kering kemudian celupkan roll ke dalam campuran cat dan mulai aplikasikan ke seluruh decking kolam renang.
  3. Tunggu hingga sanding sealer benar-benar mengering kemudian mulai amplas kembali. Jangan lupa bersihkan debu amplas jika sudah selesai.
  4. Lapisan akhir campurkan top coat polyurethane dengan bahan pelarutnya. Jangan sampai salah juga untuk menggunakan bahan pelarutnya. Aduk rata dan ratakan kembali ke seluruh permukaan decking kolam renang menggunakan roll. Kali ini cukup tunggu decking mengering selama 24 jam baru bisa digunakan.

Perlindungan yang diberikan sanding sealer dan juga top coat akan menutup pori kayu dan menciptakan lapisan perlindungan dari luar. Ketahanan top coat akan bekerja menahan panas dan hujan bahkan kerusakan akan pemakaian.

Nah sangat mudah bukan menggunakan sanding sealer untuk decking kamar mandi, kini Anda hanya perlu mencari manakah jenis produk yang tepat.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH