Cara Finishing Kayu Natural dengan Alat Semprot Mulai dari Persiapan

Menggunakan alat semprot untuk finishing furnitur warna natural adalah pilihan yang sangat tepat. Bagi Anda yang belum bisa mengoperasikan peralatan semprot yaitu spray gun maka Anda bisa mepelajarinya dengan mudah dan cepat.

Menggunakan alat semprot artinya Anda harus menggunakan spray gun dan juga kompresor. Dalam proses penggunaan yang benar maka Anda bisa mempelajari ukuran nozel dan juga jenis-jenis spray gun. Ada banyak jenis spray gun yang bisa Anda gunakan, biasanya untuk pemula jenis spray gun yang digunakan adalah HVLP.

HVLP adalah jenis spray gun yang menggunakan tabung pada pistol semprot. Alat ini lebih mudah untuk pengecatan dalam jumlah tidak banyak dan Anda bisa mengatur tekanan angin, jumlah cairan yang keluar hingga besar kecilnya semprotan yang keluar. Dalam hal ini Anda memerlukan nozel ukuran 1 untuk segala macam pengecatan seperti warna natural.

Kunci utama Anda bisa berhasil menggunakan alat semprot adalah kebersihan. Jangan sampai terdapat cat yang mengeras dan mengerak di dalam tabung bahkan di lubang semprot atau jarum. Hal ini akan mengakibatkan kerusakan hingga pada kompresor karena tekanan angin yang berlebihan membalik.

Selalu bersihkan peralatan Anda menggunakan akir sambil disemprotkan ke udara. Warna natural pada kayu bisa Anda dapatkan dari jenis cat water based. Menggunakan cat water based untuk finishing warna natural memberikan Anda kelebihan yaitu warna yang transparan tidak berubah menjadi kuning pada jarak waktu tertentu.

Selain itu penggunaan cat pada alat semprot lebih aman untuk kesehatan. Tidak akan ada partikel cat yang berada di udara menimbulkan bau yang sangat keras bisa embuat batuk atau membuat mata pedih. Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dengan penggunaan cat water based.

Proses Persiapan Material Sebelum Aplikasi Cat Semprot

Pertama dalam proses aplikasi ini Anda perlu memilih bahan. Jika sudah memastikan Anda akan menggunakan cat water based maka siapkan produk yang Anda beli. Apakah produk sudah dilengkapi dengan wood filler atau belum atau Anda hanya akan melakukan finishing open pore maka persiapan media kayu menjadi penting.

Cara Finishing Kayu Natural Dengan Alat Semprot

Persiapan media kayu ini meliputi aplikasi dari wood filler yang berguna sebagai dempul kayu. Wood filler akan menutup pori kayu sekaligus dengan cacat ringan pada permukaan. Jika Anda mendapati banyak cacat dalam pada permukaan kayu maka lakukan penambalan dengan menggunakan wood filler atau dempul kayu yang telah dicampur dengan serbuk kayu.

Permukaan media yang telah siap adalah permukaan yang halus dan rata. Ratakan wood filler water based yang telah dicampur dengan air. Gunakan kain bal yang kering da terbuat dari kain katun, usap wood filler sambil ditekan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu permukaan berubah menjadi kering dan amplas halus dengan amplas 240.

Pastikan permukaan kayu berubah menjadi lebih halus, memiliki serat dan warna yang terlihat. Maka Anda cukup membersihkan debu amplas dengan kain yang kering. Permukaan sudah siap Anda aplikasikan dengan cat kayu water based.

Proses Aplikasi Cat  dengan Alat Semprot

Pada proses cat semprot ini Anda bisa memulai dengan mempersiapan alat semprot. Menggunakan alat semprot HVLP memudahkan jalannya cairan cat menuju ke jarum atau nozel karena tekanan yang mnucl berada dari atas menuju ke bawah.

Untuk kebanyakan alat semprot HVLP Anda harus memilih ujung cairan yang memungkinkan cat mengalir ketika Anda memiliki pelatuk yang dipicu. Setelah Anda tahu bahwa Anda memiliki tip minimal yang cukup besar untuk memungkinkan bahan mengalir, selanjutnya adalah memastikan bahwa tip Anda memungkinkan Anda untuk mengontrol jumlah cat yang Anda terapkan secara efektif. Ini dapat mengharuskan Anda melakukan beberapa pola uji untuk melihat apakah Anda merasa nyaman tanpa jumlah cat yang Anda keluarkan dari pistol semprot Anda.

Setelah Anda benar-benar menipiskan lapisan berdasarkan lembar data teknis langkah berikutnya adalah mulai meningkatkan tekanan udara sampai Anda mendapatkan cat yang putus yang ingin Anda capai. Pistol semprot HVLP harus tetap ditekan pistol di bawah tekanan yang tercantum pada tutup alat semprot, yang mewakili tekanan maksimum yang dapat Anda gunakan dan masih mendapatkan manfaat mengurangi limbah cat HVLP. Anda ingin meningkatkan tekanan udara saat melakukan semprotan tes dengan tujuan mencapai jumlah putus yang tepat.

Cara Finishing Kayu Natural Dengan Alat Semprot

Pada saat mengecat Anda perlu menjaga alat semprot sekitar 6 – 8 inci dari permukaan kayu atau sekitar panjang tangan. Anda dapat bergerak maju mundur dengan kecepatan yang sama. Anda juga dapat tumpang tindih setiap kelulusan sekitar 40%. Anda ingin menjaga alat semprot peripindicular ke permukaan dan hindari mengayunkan pergelangan tangan Anda. Semua ini akan memastikan Anda memiliki teknik semprot yang konsisten dan menghasilkan hasil akhir terbaik.

Anda juga perlu melakukan pemeriksaan pada berapa banyak cat yang Anda letakkan di permukaan setelah satu atau dua lulus untuk memastikan bahwa Anda telah memilih ujung yang tepat dan bergerak dengan kecepatan yang tepat untuk menerapkan bahan yang cukup. Jika materi berjalan saat mengecat yang biasanya menandakan bahwa cat Anda tipis atau tip Anda terlalu besar. Di sisi lain jika Anda tidak mendapatkan cat yang cukup Anda mungkin menggunakan untuk sedikit tip atau mungkin perlu mempertimbangkan menggunakan pistol semprot tekanan pakan atau sprayer cat pengap.

Setelah semua pekerjaan awal selesai, Anda dapat melanjutkan dan menyemprotkan cat sisa produk. Jika Anda mendapatkan hasil yang Anda harapkan, itu akan sangat bermanfaat bagi Anda untuk mencatat seberapa Anda menambahkan pelarut ke dalam cat Anda, pengaturan tekanan udara, ujung cairan yang Anda gunakan. Informasi ini akan membantu Anda mendapatkan hasil yang dapat diulang jika Anda menyemprotkan materi lagi di lain waktu.

Setelah pekerjaan Anda selesai Anda ingin memastikan untuk benar-benar membersihkan pistol semprot Anda sehingga akan berfungsi dengan baik untuk Anda pada saat Anda membutuhkannya. Pembersihan yang tepat akan melibatkan pengosongan semua cat dari alat semprot, menjalankan bersih (pelarut atau air tergantung pada jenis cat yang digunakan) melalui alat semprot sampai bersih bersih yang keluar dari alat semprot, dan kemudian memastikan wadah cat dibersihkan secara menyeluruh juga.

Dengan demikian Anda akan mendapatkan hasil maksimal dari warna natural pada kayu. Ad adua produk yang perlu Anda gunakan setelah aplikasi wood filler yaitu wood stain dan juga clear coat. Kedua cat ini memiliki fungsi yang berbeda.

Wood stain akan memberikan warna natural pada kayu, sedangkan untuk clear coat akan memberikan tampilan yang mengkilap atau matte pada kayu. Kedua tampilan ini bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pada furnitur kayu di rumah. Lapisan film yang terbentuk dari kedua produk ini akan memberikan hasil yang melindungi furnitur dengan baik.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH