Total Harga Sanding Sealer untuk Mengecat Kabinet Dapur sesuai Alat

Jika kabinet dapur di rumah Anda terlihat kusam dan sudah mulai banyak yang mengelupas setelah bertahun-tahun digunakan maka itu adalah hal yang wajar. Saat ini yang diperlukan adalah mempersiapkan proyek untuk memperbaiki kabinet dapur . Apabila kayu yang digunakan masih berkualitas dan masih bagus maka ada banyak kesempatan untuk memperbaikinya

Anda bisa memberikan warna solid atau warna natural sesuai kebutuhan.  Warna natural akan mudah didapatkan apabila material kayu yang digunakan masih berkualitas dan utuh tidak banyak cacat akibat rayap. Finishing natural membutuhkan sanding sealer sebagai penutup pori kayu dan menghaluskan hasi l finishing.

Berapa jumlah harga sanding sealer yang dibutuhkan dan berapakah biaya yang harus dipersiapkan untuk finishing ulang kabinet? Tentu saja hal tersebut tergantung dengan produk dan cara Anda melakukan finishing.

Sebelum memulai menjumlahkan uang yang diperlukan selama proses refinishing ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini hal penting yang perlu dipersiapkan:

  1. Jenis cat

Anda harus mempertimbangkan jenis cat yang digunakan untuk refinishing kabinet dapur. Jenis cat ini akan berdampak pada harga, ketahanan dan juga tampilan yang dihasilkan. Kualitas cat yang diaplikasikan akan menentukan berapa lama cat akan bertahan. Misalnya seperti ketahanan terhadap air dan kelembaban, mudah mengelupas saat digunakan dan juga mudah rusak karena kotoran. Kebanyakan jenis cat yang digunakan adalah cat minyak atau cat water based.

baca juga : harga cat duco termurah di Indonesia

  1. Cat minyak dan cat water based

Memilih cat minyak dan cat water based tergantung dengan hasil tampilan yang dibutuhkan. Banyak profesional yang menggunakan keduanya untuk menghasilkan finishing yang lebh tahan lama. Bahkan tampilannya akan berbeda. Membedakan antara keduanya adalah harga. Cat minyak sekilas lebih murah namun bahan pelarut yakni thinner akan membuat biaya semakin meningkat. Sedangkan cat water based hanya membutuhkan pelarut air yang tidak mahal.

  1. Warna cat

Jika menggunakan cat maka sanding sealer maka cat water based akan memberikan hasil yang terbaik dengan tampilan bening. Sedangkan untuk wood stain pilihan warna natural sangat beragam. Jika memilih top coat water based maka tampilan transparan akan lebih tahan lama daripada cat minyak. Namun jika ingin mendapatkan tampilan dengan tingkat gloss tinggi sebaiknya pilih top coat solvent dengan resiko mendapatkan efek menguning setelah beberapa lama.

Berapa Jumlah Biaya untuk Mengecat Kabinet Dapur?

Proyek refinishing sebuah kabnet dapur adalah proyek yang tidak boleh dianggap remeh. Penggunaan kabinet yang terlalu sering belum lagi tingkat kelembaban yang lebih tinggi dibandingkan dengan ruangan lainnya membuat lapisan cat lama cepat rusak.

Berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk finishing kabinet lama dengan sanding sealer? Bahan cat apa saja yang dibutuhkan untuk mengecat? Tentu jawabannya memerlukan perincian yang ebih dalam lagi. Bagi Anda yang ingin menggunakan cat sebaiknya persiapkan budget dengan tepat agar tidak terlalu banyak sisa cat.

Jumlah cat dan biaya dapat diperkirakan beradasarkan dengan alat yang digunakan untuk mengecat. Ada tiga jenis alat yang biasa digunakan yakni kuas, roll dan juga spray. Pemilihan alat ini dapat disesuaikan dengan alat yang bisa Anda gunakan.

Berikut ini harga sanding sealer yang dibutuhkan untuk refinishing kabinet dapur sesuai dengan jenis alat aplikasi yang digunakan:

  1. Aplikasi dengan roll
Total Harga Sanding Sealer Untuk Mengecat Kabinet Dapur

Kebutuhan cat lebih banyak apabila Anda menggunakan alat aplikasi roll. Menggunakan roll artinya banyak sanding sealer yang terserap ke dalam kain roll. Apabila biasanya satu liter cat dapat digunakan sampai 10 m2 dengan alat semprot maka aplikasi roll akan lebih boros sekitar 20%. Maka dalam satu liter cat Anda memerlukan tambahan 20% cat kembali.

Tidak hanya satu liter saja yang dibutuhkan Anda perlu mempersiapkan satu setengah liter sanding sealer dengan harga dua kali lipat. Jika satu kaleng berharga 85 ribu maka dibutuhkan 150 ribu untuk memenuhi kebutuhan 10 m2.

  1. Aplikasi dengan kuas
Total Harga Sanding Sealer Untuk Mengecat Kabinet Dapur

Dibandingkan dengan roll, aplikasi kuas akan lebih irit. Karena cat yang diserap oleh kuas tidak sebanyak dengan busa yang ada pada alat roll. Aplikasi sanding sealer menggunakan kuas saja hanya perlu diaplikasikan tipis melalui ujung kuas saja. Anda tidak perlu mencelupkan seluruh bagian bulu kuas ke dalam cat. Memungkinkan untuk lebih hemat 10% dibandingkan dengan penggunaan roll.

Maka jika harga satu liter cat adalah 85 ribu dan aplikasi kuas lebih boros 10% maka dibutuhkan 1,25 liter cat dengan harga sekitar 100 ribu rupiah. Jangan lupa untuk menenetukan luasan dari kabinet dapur yang dibutuhkan. Kebutuhan tersebut akan dikalikan dengan jumlah cat yang dibutuhkan.

  1. Aplikasi dengan spray gun
Total Harga Sanding Sealer Untuk Mengecat Kabinet Dapur

Rata-rata setiap aplikasi sanding sealer yang tertera pada kemasan cat adalah aplikasi menggunakan spray gun. Jadi tolak ukurnya sudah sangat jelas. Apabila dalam kemasan tertera digunakan untuk 8 m2 per liternya maka itulah ukuran sesungguhnya untuk aplikasi menggunakan spray gun.

Kini untuk mengalikan jumlah uang yang dibutuhkan Anda hanya perlu menghitung luas kabinet dapur. Apabila Anda memiliki luas kabinet dapur sekitar 30 m2 maka dibutuhkan tiga kaleng sanding sealer. Apabila harga sanding sealer per liternya adalah 85 ribu maka kalikan tiga menjadi 255 ribu rupiah.

Inilah cara menghitung kebutuhan cat sanding sealer dalam menentukan budget untuk mengecat kabinet dapur. Jangan lupa pemilihan jenis cat solvent atau cat water based juga akan termasuk dalam hitungan budget.

Jika menggunakan sanding sealer water based maka Anda tidak perlu lagi menghitung tambahan bahan pelarut. Berbeda dengan sanding sealer solvent, Anda perlu menghitung berapa jumlah thinner yang dibutuhkan. Satu liter thinner biasanya memiliki harga sektar 35 ribu rupiah.

Apabila kabinet berukuran 30 m2 maka dibutuhkan tiga kaleng thinner dengan jumlah 105 ribu rupiah. Jumlah tersebut ditambahkan dengan harga sanding sealer yang akan Anda beli. Sangat mudah bukan menghitung kebutuhan harga sanding sealer sesuai dengan alat aplikasinya.

Tips Mengecat Kabinet Dapur dengan Mudah

Total Harga Sanding Sealer Untuk Mengecat Kabinet Dapur

Selain perhitungan total biaya, ada beberap tips yang bisa Anda ikuti dalam memenuhi kebutuhan finishing. Khusus untuk kabinet dapur, pilihlah jenis sanding sealer yang aman dan tahan lama. Kabinet dapur seringkali digunakan sebagai tempat penyimpanan peralatan makanan bahkan makanan basah atau kering.

Lapisan cat yang aman harus terbuat dari bahan yang aman. Bahan ini hanya akan Anda dapatkan apabila menggunakan lapisan sanding sealer atau cat water based. Kandungan bahan organik berbahaya di dalamnya sangat sedikit sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk masalah keamanan pada makanan.

Bahkan pada saat proses aplikasi Anda tidak akan mencium bau menyengat seperti yang dikeluarkan oleh cat atau sanding sealer solvent. Mempersiapkan bahan cat adalah tips terpenting demi keamanan dapur dan juga bahan atau alat makanan.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH