Mengenal Apa itu Plamir Kayu dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Perabotan terkelupas, goresan di meja, dll adalah masalah umum di sebuah rumah tangga. Ini mungkin terjadi karena penggunaan yang lama atau bahkan saat membuat furnitur baru. Jika Anda memiliki hewan peliharaan di dalam rumah, Anda dapat melihat banyak goresan dan kerusakan lainnya pada furnitur Anda juga.

Cacat pada furnitur yang telah dilapisi cat dengan baik tidak terlihat bagus. Kadang-kadang, cacat sangat kecil sehingga mengganti furnitur bukanlah solusi yang baik. Anda bisa menggunakan cat plamir kayu atau wood filler untuk memperbaiki cacat.

Baik dempul kayu and wood filler dapat digunakan bergantian dalam memperbaiki kayu. Namun, mereka berbeda dalam banyak hal. Di sini kita akan melihat perbedaan-perbedaan ini sehingga membantu kita dalam memilih mana yang akan digunakan untuk proyek tertentu.

Dempul kayu juga dikenal sebagai plamir kayu. Bahan ini digunakan untuk mengisi lubang dan celah pada kayu. Produk ini terbuat dari biji rami rebus yang dikombinasikan dengan kalsium karbonat. Dempul kayu mengering dan bisa di amplas halus. Residu minyak yang tersisa setelah dempul benar-benar kering, dapat dengan mudah dibersihkan.

Plamir kayu yang dijual di pasaran memiliki tekstur adonan kaku atau tanah liat yang basah. Namun pada saat Anda menerapkannya menggunakan pisau dempul, beberapa jenis akan mengeras sendiri. Lainnya membutuhkan pencampuran dengan bahan kimia pengerasan yang akan mengubah dempul menjadi kaku.

Berbeda dengan plamir kayu, wood filler adalah bahan pengisi kayu yang digunakan untuk mengatasi celah kecil dan mengisi pori kayu. Hasilnya memungkinkan finishing mendapatkan hasil warna natural. Proses aplikasinya tidak jauh berbeda dengan plamir yaitu menggunakan pisau palet dan akan mengering setelah diaplikasikan.

Plamir kayu yang cocok digunakan untuk mengatasi cacat lubang yang berukuran lebih besar memiliki warna yang lebih terang. Warna ini akan menutup warna kayu dan seratnya. Dempul kayu adalah yang terbaik digunakan untuk furniture outdoor.

Penyusutan ini tahan dan tidak terpengaruh oleh hujan atau matahari. Namun, beberapa jenis akan tetap terlihat setelah Anda menghaluskannya. Inilah sebabnya mengapa Anda harus berhati-hati tentang cara menggunakan plamir kayu sebelum mengaplikasikan cat.

Instruksi Penggunaan Plamir Kayu

Tukang kayu kebanyakan menggunakan plamir kayu untuk mengisi lubang kecil dan besar karena paku atau cacat kayu lainnya. Lubang ini perlu ditutup dan banyak cara yang digunakan untuk menutupnya. Jika ikatan yang dibuat lemah terhadap pori kayu maka plamir tidak akan menempel.

Inilah alasan mengapa memilih plamir kayu menjadi salah satu hal yang sangat penting dan juga harus dipilih dengan benar.  Ada dua jenis utama plamir kayu, pertama memiliki pengikat yang terbuat dari nitroselulosa yang kedua adalah memiliki pengikat akrilik.

Apa Itu Plamir Kayu Dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Dengan demikian, jenis plamir yang kedua dapat larut dalam air sampai mengering, sedangkan yang pertama harus dicampur dengan bahan tiner, atau bahan kimia serupa. Plamir kayu sebenarnya biasanya dicampur dengan serpihan kayu atau debu kayu, hal ini bisa digunakan pada lubang kayu yang cukup besar.

Plamir kayu memiliki kecenderungan mengeras dalam kaleng, jadi Anda biasanya harus mengaduknya sebelum digunakan, dan Anda terkadang harus menambahkan sedikit pengencer untuk mengembalikannya ke konsistensi pucat.

Disarankan hanya untuk kayu yang belum di finishing dan tepi cacat harus diamplas sebelum Anda menerapkannya. Apabila permukaan kayu yang akan dilapisi oleh plamir tidak di amplas maka tidak akan terjadi ikatan yang kuat. Pada ukuran yang lebih besar lagi, satu kali aplikasi seringkali tidak cukup dan Anda harus mengulang sampai permukaan kayu menjadi merata.

Jika Anda sudah siap dengan produk yang tepat ikuti instruksi penggunaan plamir kayu berbahan dasar akrilik berikut ini:

    • Amplas seluruh permukaan kayu dengan kertas amplas alumunium oxide nomor 220.Apabila permukaan kayu masih kasar gunakan kertas amplas bernomor kecil misalnya 150 and perlahan beralih ke 220.
    • Siapkan plamir kayu dan wadah untuk mencampurkan dengan air. Ambil sedikit plamir and tambahkan air lakukan sesuai petunjuk pada kemasan. Tambahkan serbuk kayu aduk sampai merata.
    • Isilah seluruh bagian kayu yang berlubang cukup dalam. Jika perlu buatlah bulatan kecil plamir dan tekan masukan ke dalam lubang. Tutup dengan plamir kayu menggunakan pisau palet.
    • Diamkan mengering dan amplas. Gunakan amplas 240 hingga mendapatkan permukaan kayu yang merata dan datar. Jika masih terdapat cekungan, berikan plamir kayu yang tidak dicampur dengan serbuk kayu. Buatlah menjadi merata. Tunggu kering dan lanjutkan mengamplas.

Proses aplikasi plamir kayu sangat mudah bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja. Cara menggunakan plamir kayu akrilik lebih mudah dibandingkan plamir yang menggunakan solvent.

Ada perbandingan lain yang bisa dilihat ketika menggunakan keduanya. Berikut ini perbandingan lebih detail antara plamir kayu akrilik dan solvent.

  1. Plamir solvent akan menimbulkan bau yang menyengat karena thinner sebagai bahan pelarutnya. Sedangkan plamir akrilik tidak akan menimbulkan bau yang mengganggu.
  2. Proses kering berbeda, plamir solvent membutuhkan penjemuran di bawah panas matahari sedangkan plamir akrilik tidak. Panas akan mempercepat penguapan thinner dengan sempurna. Sedangkan panas justru tidak akan membuat plamir akrilik mengering dengan sempurna.
  3. Plamir solvent seringkali membutuhkan tambahan hardener. Hardener inilah yang akan membuat plamir mengeras. Namun jumlah hardener yang dicampurkan harus tepat dan cenderung terlalu cepat mengering sehingga harus cepat mengaplikasikannya. Sedangkan plamir akrilik tidak akan cepat mengering saat aplikasi. Namun pada saat sudah selesai diaplikasikan, plamir akan mengering dalam hitungan menit.
  4. Jika dilihat dari proses aplikasi dan pengamplasan keduanya sama-sama mudah di amplas dan juga tidak sulit untuk diaplikasikan oleh pemula. Apabila ingin mendapatkan hasil finishing menggunakan plamir kayu yang rapi, maka dibutuhkan banyak latihan.
  5. Jika ingin menggunakan salah satu plamir maka jenis cat yang digunakan haruslah sesuai bahan pelarut yang digunakan. Plamir solvent perlu menggunakan cat kayu solvent dan plamir kayu akrilik perlu menggunakan cat akrilik seperti cat water based.

Beberapa profesional seringkali membuat plamir kayu sendiri dengan bahan-bahan seperti lem dan juga serbuk kayu. Sebelum ada produk dempul kayu biasanya mereka membuat sendiri dan banyak kelemahan yang dihasilkan dari plamir kayu buatan sendiri ini.

Apa Itu Plamir Kayu Dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Kelemahan yang sering ditimbulkan adalah warna kayu akan berbeda ketika dilapisi cat. Hal ini bisa terjadi karena masalah lem yang tidak dapat menyerap cat dengan baik. Selain itu plamir buatan sendiri ini juga mudah retak karena tidak menyerap ke dalam pori kayu dengan sempurna.

Bagi Anda yang masih bingung memilih plamir yang tepat, cobalah untuk mengulas kembali kebutuhan yang dibutuhkan dan bagaimana selama ini cara Anda menggunakan plamir kayu. Jika ingin mendapatkan aplikasi yang paling mudah maka plamir kayu akrilik sangat tepat.

Plamir kayu akrilik juga cocok digunakan untuk berbagai macam jenis kayu. Perbaikan lubang kayu dapat bertahan mulai dari kayu keras dan kayu lunak.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH