Bagaimana Memilih Model Meja Makan untuk Rumah Sempit? Ini Caranya

Ada banyak kendala ketika memilih meja makan pada hunian yang berukuran kecil. Namun tidak ada salahnya jika Anda memiliki meja makan pada hunian sempit terlebih jika seluruh anggota keluarga sering menghabiskan banyak waktu di meja makan. Lalu bagaimana Anda bisa memilih meja makan yang sesuai dengan ukuran rumah? Seringkali banyak orang yang salah pilih mengakibatkan ruangan terlihat sempit, atau terlalu kecil padahal anggota keluarga yang menggunakannya cukup banyak.

Tidak ingin menghilangkan kebiasaan berkumpul di meja makan dengan keluarga, inilah cara paling mudah yang harus Anda ikuti ketika memilih meja makan pada hunian yang sempit. Dalam artikel ini akan dijelaskan secara singkat bagaimana Anda bisa memilih meja makan sekaligus dengan mendekor ruang makan yang nyaman untuk digunakan.

Memilih Meja Makan yang Tepat untuk Ruang Sempit

Berapakah ukuran ruang makan yang akan Anda gunakan? Sangat penting untuk mengukur besaran dari ruang makan yang akan digunakan dan bagaimana dengan ukuran pintu. Ukuran pintu akan menentukan apakah meja maka baru yang akan Anda beli akan berukuran dengan benar dan mudah untuk dimasukan ke dalam ruangan.

Jika Anda belum pernah mengukur maka ukur sekarang juga. Rencanankan di mana Anda akan meletakan meja tersebut. Apakah diletakan di tengah ruangan atau diletakan pada sudut ruangan. Pastikan semua orang yang akan menggunakannya tidak akan penuh sesak, masih terdapat ruang untuk berlalu lalang.

Nah apa saja tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih meja maka? Berikut ini tipsnya:

  1. Bentuk bulat
Bagaimana Memilih Model Meja Makan Untuk Rumah Sempit?

Gunakan meja makan berbentuk bulat jika keluarga Anda yang akan menggunakan meja makan berjumlah lebih dari empat orang. Meja maka bulat yang diletakan di tengah ruangan akan sangat efektif dan bisa digunakan oleh banyak orang. Ruangan sempit akan sangat efisien jika menggunakan meja makan ini. Anda masih bisa berlalu lalang dengan ruangan di belakang meja yang cukup lega.

  1. Material

Apakah material meja yang paling aman? Daripada Anda memilih meja dengan material kaca Anda bisa memilih meja yang terbuat dari kayu. Meja dari kayu lebih mudah difinishing, dibersihkan dan tahan lama. Ketahanan dari meja akan tergantung dengan bahan finishing yang digunakan dan jenis kayu apa yang dipilih. Semakin baik jenis kayunya maka semakin mahal harga yang harus Anda keluarkan.

  1. Meja yang dapat dilipat

Jenis meja ini adalah meja yang banyak digunakan di rumah modern. Meja lipat hanya digunakan ketika Anda akan menggunakannya saja. Jika tidak, Anda bisa menyimpannya bahkan di dinding. Beberapa desainer terkenal menciptakan meja makan yang dilipat ke dalam dinding. Ketika tidak menggunakannya meja bisa berubah menjadi dekorasi ruangan yang menakjubkan atau bisa memiliki fungsi yang lainnya.

Meja yang sangat unik ini biasanya membutuhkan beberapa desain tertentu yang menyesuaikan dengan bentuk rumah dan dimana Anda akan meletakannya. Sehingga untuk mendapatkannya diperlukan biaya yang lebih tinggi.

  1. Meja makan tanpa kursi

Alternatif lain dari meja bulat adalah meja yang tidak menggunakan kursi. Meja makan seperti meja makan tradisional Jepang juga dapat digunakan untuk banyak kapasitas orang. Anda juga cukup mudah untuk memindahkan meja atau menggunakan meja sebagai meja di ruang keluarga. Sebagai pengganti kursi Anda hanya membutuhkan cushion agar tidak langsung duduk di lantai.

  1. Desain

Bagaimana dengan desain? Pada bagian desain ini banyak yang diulas mulai dari bentuk hingga warna meja makan. Untuk desain yang paling populer digunakan dalam hunian sempit adalah desain meja minimalis. Anda bisa menggunakan meja makan dengan kaki pedestal atau satu kaki sehingga dapat diigunakan oleh banyak orang. Sedangnya pada meja tidak banyak ornamen yang digunakan. Meja biasanya terbuat dari kayu polos tanpa ukiran. Jika Anda menginginkan ukiran Anda bisa menambahkannya pada taplak meja.

Desain meja minimalis juga tidak membutuhkan banyak warna. Kebanyakan warna yang dipilih adalah warna natural kayu. Warna natural kayu akan memberikan kesan netral di dalam ruangan sehingga akan mempermudah Anda mendapatkan dekorasi ruangan yang serasi.

  1. Bentuk persegi panjang
Bagaimana Memilih Model Meja Makan Untuk Rumah Sempit?

Jika Anda tidak suka dengan meja makan berbentuk bulat maka Anda bisa memilih meja makan bentuk klasik yaitu meja makan persegi panjang. Agar dapat digunakan oleh banyak orang Anda bisa menambhakn sofa atau banku panjang yang menempel di dinding ini adalah cara paling mudah untuk menambahkan jumlah orang yang dapat duduk di meja makan. Cara ini banyak digunakan pada restoran-restoran keluarga.

Cara Mendekorasi Ruang Makan yang Sempit

Kini Anda sudah mendapatkan meja makan yang sesuai. Selanjutnya Anda tinggal memilih manakah dekorasi tepat yang akan digunakan? Apakah ruang sempit membutuhkan dekorasi? Tentu saja, walaupun ruang makan sempit Anda perlu memberikan dekorasi ruangan yang tepat agar ruangan tampak berwarna dan juga memiliki aroma tempat yang nyaman digunakan.

Sudah siap untuk membuat dekorasi ruang makan? Berikut ini trik yang bisa Anda gunakan:

  • Meletakan kaca adalah salah satu trik yang sangat berguna. Anda bisa menggunakan kaca pada salah satu dinding penuh. Fungsinya adalah memperlihatkan ruangan tampak luas yang pada sebenarnya sangat sempit. Anda bisa melihatnya pada sebuah apartemen, kebanyakan mereka akan memberikan kaca besar pada salah satu dindingnya.
  • Gunakan rak, jika Anda masih memiliki space cukup luas atau menggunakan dapur yang menjadi satu dengan ruang makan maka tambahkan rak untuk menggantikan lemar. Rak akan mempermudah Anda mencari perabotan makan selain itu juga Anda bisa membeli rak tertutup denga pintu kaca sehingga dengan mudah melihat isi di dalamnya. Ketika rak dengan pintu kaca yang terkespose maka akan membuat Anda selalu merawat dan meletakan barang-barang dengan benar.
  • Bagaimana Memilih Model Meja Makan Untuk Rumah Sempit?

    Pemilihan kursi. Jika Anda akan menggunakan meja makan dengan kursi, maka pilihlah kursi dengan tepat. Kursi dengan gaya minimalis sebaiknya memiliki warna yang netral seeprti abu-abu yang tidak mudah kotor. Memilih kursi dengan sandaran punggung tanpa sandaran tangan akan membuat lebih luas.

  • Pemilihan warna dinding juga harus dipertimbangkan. Jika Anda menggunakan walpaper pilih yang tidak memberikan banyak motif. Motif hanya memberikan ruangan tampak sempit. Pilih warna dinding yang cerah seperti biru langit atau putih yang sesuai dengan desain minimalis.
  • Jangan gunakan chandelier, jangan gunakan lampu gantung seperti chandelier karena hanya akan membuat ruangan tampak sempit. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan lampu di dinding atau lampu gantung yang tidak memiliki banyak ornamen. Jika Anda memiliki jendela yang besar usahakan agar cahaya alami lebih sering masuk daripada menggunakan cahaya lampu.

Sangat mudah dan unik bukan untuk menata ruang makan Anda? Bahkan tidak ada hanya satu atau dua model meja makan yang bisa Anda pilih namun ada banyak dan berbagai macam merk yang bisa Anda gunakan.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH