Finishing Kusen Sendiri Menggunakan Cat Water Based

Finishing kusen sendiri menggunakan cat water based bisa dilakukan dengan mudah menggunakan cat Biovarnish.

Sering kali ketika kita membangun rumah, kita membeli jadi kusen untuk pintu rumah kita. Karena untuk menghemat waktu dan tenaga, kita memilih tanpa kita tahu kelebihan dan kekurangan kusen yang kita pilih tersebut. Padahal kita bisa membuat sendiri dari pemilihan bahan baku kayunya sampai dengan pengecatan kusen.

Kusen memberikan porsi penting dalam desain hunian. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat membuat kusen, termasuk bahan finishing yang digunakan. Membuat kusen sendiri bisa memberikan kepuasan tersendiri. Namun, jika memang waktu dan tenaga tidak bisa dikondisikan, sebaiknya Anda mempercayakan pada ahli finishing untuk pengecatan kusen kayu Anda.

Sebenarnya untuk finishing pun kita bisa melakukan sendiri dirumah dengan menggunakan kuas spons ataupun roller. Tetapi memang untuk memudahkan pengerjaan, Anda bisa menggunakan kuas spons yang lebih ringan dan tidak memerlukan banyak biaya untuk membeli peralatan.

Nah untuk cat, sebaiknya Anda memilih cat berbahan dasar air atau cat waterbased yang lebih aman, ramah lingkungan dan pastinya lebih baik untuk kesehatan Anda dalam jangka panjang. Cat kusen yang menggunakan campuran air ini memang belum banyak dikenal. Namun cat waterbase ini sangat disarankan untuk proses finishing kayu Anda. Karena tidak banyak bahan berbahaya seperti cat yang menggunakan thinner pada umumnya.

Aplikasi Mudah Finishing Kusen Sendiri Menggunakan Cat Water Based

Cat water based untuk kayu banyak dijual di pasaran, namun kami merekomendasikan cat merk Biovarnish untuk Anda sebagi pemula dan untuk proses finishing yang mudah. Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah:

  • Serian cat Biovarnish yang terdiri dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat
  • Kuas spos
  • Pisau palet atau kain bal
  • Amplas nomor 270 dan amplas nomor 400
  • Dan tentunya air sebagai bahan pelarut Biovarnish

Langkah-langkah pengecatan bisa Anda lakukan dengan cara berikut:

    Finishing Kusen Sendiri Menggunakan Cat Water Based
  1. Jika kusen yang akan Anda cat adalah kusen lama dalam artian kusen yang pernah dicat sebelumnya, maka Anda harus membersihkan cat terdahulu dengan cara mengamplas sampai warnanya hilang.
  2. Jika Anda merasa kayu kusen Anda kurang merata dan masih terdapat lubang, maka sebaiknya Anda mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler yang berfungsi menutup pori-pori dan menutup cacat pada kayu. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang dicampur sedikit air untuk mengencerkan menggunakan pisau palet atau kain bal. Lalu tunggu selama kurang lebih 20 menit, dan setelah kering amplas (60 menit) bisa Anda amplas menggunakan amplas 270 sampai rata atau sampai serat kayu aslinya terlihat.
  3. Jika sudah Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Wood Stain yang sudah dicampur air dengan perbandingan 4 bahan : 1 air. Aduk sampai benar-benar merta agar warna yang dihasilkan sama. Lalu kuaskan tipis-tipis searah serat kayu, tunggu sampa kering kurang lebih 60 menit. Jika sudah kering dan dirasa warna masih kurang, bisa dilakukan pewarnaan kembali seperti langkah sebelumnya. Lakukan sampai dirasa warna sudah pas sesuai dengan keinginan. Lalu amplas ambang menggunakan amplas 400.
  4. Untuk hasil akhir atau top coat, Anda bisa mengaplikaikan Biovarnish Clear Coat dengan perbandingan 4 bahan : 1 air, aduk sampai merata. Kuaskan dengan kuas spons searah serat kayu secara tipis agar tidak menimbulkan gelembung kecil yang akan membuat permukaan kayu tidak merata. Setelah kering bisa Anda lap menggunakan kain bersih pada permukaan kayunya. Jika ingin melihat hasil akhirnya, bisa Anda keringkan semalam dan hasilnya akan terlihat dihari kemudian.

Untuk aplikasi Biovarnish ini cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama maupun harus menunggu munculnya sinar matahari. Karena cukup diangin-anginkan, cat Biovarnish ini sudah kering dengan sendirinya. Selamat mencoba sendiri di rumah, selamat berkreasi.

Artikel "Life Style"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.