Cara Mudah Mengecat Rak Dinding Hanya dengan Kuas Hasil Natural

Pengecatan rak dinding dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keindahan dan keawetannya. Berikut akan kami ulas cara mudah mengecat rak dinding hanya dengan kuas saja.

Di rumah kita pasti memiliki rak dinding. Entah itu untuk tempat buku, tempat bumbu dapur, maupun sebagai tempat piring atau gelas dirumah Anda. Rak dinding yang paling banyak ditemui biasanya menggunakan bahan kayu sebagai bahan dasarnya. Karena kayu mempunyai nilai estetika sendiri bagi peminatnya. Dan juga jika Anda menggunakan kayu, Anda lebih bisa membentuk sesuai dengan keinginan.

Cara Mudah Mengecat Rak Dinding Hanya Dengan Kuas

Kayu sebagai rak dinding dengan cat finishing natural tranparant akan lebih menonjolkan nilai estetika kayu tersebut. Sebenarnya jika Anda menginginkan warna solid juga menarik. Namun untuk pemilihan warna solid Anda harus menggunakan warna yang cerah atau warna pastel seperti putih, hijau aqua, pink, dan lain sebagainya. Untuk warna natural transparant Anda bisa menggunaan warna red ox, candy brown, ataupun red gl. Warna natural yang agak cerah biasanya membuat rak dinding Anda semaakin menarik.

Untuk desain Anda bisa memilih desain yang minimalis dan tidak begitu memakan banyak tempat. Kayu yang Anda butuhkan juga tidak begitu banyak. Jika rak sudah selesai, Anda bisa segera melakukan finishing untuk rak dinding Anda. Untuk finishing biasanya menggunakan metode semprot ataupun kuas. Namun untuk pemakaian individu sebaiknya menggunakan kuas. Kuas yang digunakan adalah kuas sponge. Karena kuas sponge tidak akan menimbulkan brush mark dan kuas sponge juga mudah dibersihkan.

Jenis cat finishing yang digunakan sebaiknya menggunakan cat yang berbahan dasar air atau water based. Cat water based ini aman digunakan untuk jangka panjang. Karena air tidak akan menguap dan menimbulkan efek negatif seperti yang ditimbulkan ketika menggunakan cat berbahan solvent based.

Cara Mudah Mengecat Rak Dinding Hanya Dengan Kuas Menggunakan Cat Biovarnish

Cat water based mulai banyak diminati akhir-akhir ini. Salah satu cat water based terbaik adalah merk Biovarnish. catmerk Biovarnish ini memiliki banyak varian warna. Dan juga keunggulan lain seperti:

  • Aman dan ramah lingkungan
  • Aplikasinya mudah
  • Memiliki tranparansi bagus
  • Tahan air dan cuaca
  • Cepat kering

Untuk finishing cat dinding menggunakan kuas sponge, yang Anda butuhkan adalah:

  • Kuas sponge
  • Serian cat Biovarnish (Wood Filler, Wood Stain, Clear Coat)
  • Pisau palet atau kain bal
  • Air sebagai pengencer
  • Amplas nomor 270 dan nomor 400
  • Kain bersih

Langkah-langkah untuk pengecatan menggunakan kuas:

  1. Langkah pertama pastikan pintu kayu Anda sudah kering dan bebas debu. Pastikan MC tidak lebih dari 12%. Jika permukaan kayu belum merata, bisa diamplas dahulu agar cat bisa menempel secara baik.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler yang dicampur sedikit air untuk mentup pori-pori menggunakan pisau pallet atau kain bal. Keringkan selama 20 menit, lalu amplas merata menggunakan ampalas 270 sampai terlihat permukaan kayunya dan yang tertinggal hanya yang di pori-pori kayu.
  3. Kuaskan Biovarnish Wood Stain yang dicampur air dengan perbandingan 4 bahan : 1 air dan diaduk sampai rata. Kuaskan menggunakan kuas sponge secara merata searah serat kayu. Diamkan 60 menit lalu amplas ambang menggunakan amplas 400.
  4. Lapisan terakhir menggunakan Biovarnish Clear Coat. Campurkan bahan dengan air campurannya 4 bahan : 1 air. Kuaskan menggunakan kuas sponge tipis dan pastikan tidak ada yang terlewat. Setelah itu bisa Anda keringkan semalam dan lihatlah hasil yang sangat memuaskan.

Untuk perawatan dari dalam dan luar Anda bisa menggunakan Biopolish Beeswax yang cukkup dioleskan menggunakan kain bersih ke rak kayu dinding Anda. Mudah bukan proses aplikasi finishing rak dinding menggunakan cat finishing natural water based dari Biovarnish? Selamat mencoba.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH