Cara Membuat Meja Unik Hingga Finishingnya dengan Tampilan Rustic

Pembuatan meja yang unik akan sangat menantang, terlebih lagi Anda akan mengerjakan sendiri sebagai karya di akhir pekan. Mengerjakan jenis meja layaknya tukang kayu akan sulit apabila Anda tidak berpengalaman untuk membuatnya. Maka Anda membutuhkan bantuan yang tepat untuk pembuatan dan juga sampai pada tahapan pengecatan atau finishingnya.

Pada artikel kali ini Anda akan mempelajari bagaimana cara untuk melakukan finishing yang tepat dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Panduan ini akan sangat mudah terelbih bagi Anda yang masih pemula di bidang woodworking.

Membuat meja sendiri akan menjadi lebih mudah bahkan bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil menarik bisa Anda dapatkan sesuai dengan desain tertentu. Namun untuk desain rumit Anda harus terbiasa menciptakan struktur dari furnitur dan juga membuatnya memiliki tampilan finishing yang menarik.

Pada umumnya membuat meja unik ini harus melalui beberapa tahapan utama yaitu persiapan, pemotongan, perakitan dan juga finishing. Tahapan persiapan meliputi menyiapkan material kayu yang akan digunakan dan material lainnya yang digunakan untuk membuat meja tamu. Tajapan pemotongan adalah memotong semua bagian dengan ukuran yang presisi agar tidak terjadi kesalahan ketikan proses perakitan.

Melakukan perakitan dilakukan setelah pemotongan sehingga menciptkana konstruksi yang tepat, Baru tahapan terkahir adalah melakukan finishing. Pemberian finishing ini meliputi dua fungsi yaitu memberikan hasil warna dan juga memberikan perlindungan. Ingat bahwa finishing ini memiliki fungsi yaitu untuk penampilan dan juga untuk perlindungan kayu.

Menggunakan kayu adalah hal umum, jika Anda ingin menghemat biaya maka gunakan kayu bekas atau kayu daur ulang yang kini sangat mudah untuk ditemukan. Anda tidak perlu bingung untuk melakukan proses finishingnya karena justru kayu daur ulang memiliki tekstur dan juga penampilan yang lebih menarik dan lebih mudah untuk difinishing tampilan unik.

Nah untuk lebih lengkap dan lebih jelasnya ikuti beberapa tahapan berikut ini untuk finishing Anda.

  • Langkah 1. Amplas permukaan kayu atau top table
Cara Membuat Meja Unik Hingga Finishingnya

Keluarkan meja dengan sander belt, dimulai dengan amplas 36 grit pada permukaan dan tepi meja.

  • Langkah 2. Potong ujung meja menjadi persegi

Ukur dan tandai meja pada ukuran panjang yang Anda inginkan. Kemudian, sisipkan ujungnya menggunakan gergaji melingkar. Untuk pemotongan yang rata, gunakan penjepit tepi berbentuk lurus untuk membantu dalam proses ini.

  • Langkah 3. Lem dan jepit kayu

Letakkan kayu di penjepit selempang, yang akan memberi Anda lebar meja Anda. Aplikasikan lem kayu di sepanjang tepi kayu dan kencangkan klem untuk mengikatnya. Anda harus membiarkan lem mengering dan menyembuhkan secara menyeluruh. Setelah lem kering, lepaskan klem dan pahat lem berlebihan.

  • Langkah 4. Potong-potong kayu Anda sesuai ukuran

Untuk membuat proyek pembuatan meja unik ini lebih mudah, Anda bisa mendapatkan kaki meja Anda dipotong untuk ukuran sesuai dengan keinginan Anda.

  • Langkah 5. Potong kayu bekas menjadi persegi

Saat menggunakan kayu bekas, Anda mungkin perlu melepas sekrup, paku, dan perangkat keras lainnya terlebih dahulu. Kemudian gunakan gergaji meja untuk membersihkan tepinya agar lurus.

  • Langkah 6. Amplas kaki meja

Jika Anda memiliki kayu untuk ukuran potongan kaki sebelum dipotong, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan sander belt dan amplas 120 grit untuk menghilangkan pinggiran kasar dan tanda pada kayu.

  • Langkah 7. Buat kaki

Tata letak kayu dalam bentuk persegi panjang, jadi ada potongan 800mm di bagian atas, tetapi gabungkan dengan kayu sepanjang 655 mm di setiap sisi, dan kemudian dengan panjang kayu 710mm di bagian bawah. Jepit kayu bersama-sama. Bor lubang pilot ukuran 5mm dan countersink. Lalu lem dan kencangkan dengan sekrup 100mm terompet. Sekrup dari bagian atas 800mm ke panjang 655mm. Sekrup dari sisi panjang 655mm ke dalam 710mm. Biarkan lem mengering.

  • Langkah 8. Kencangkan kaki

Untuk memberi kaki hasil akhir yang bagus, gunakan lagi sander belt dengan 80 grit untuk menghilangkan tanda pensil apa pun yang Anda buat. Kemudian gunakan orbital sander untuk menghilangkan ujung-ujung tajam pada kaki untuk keamanan.

  • Langkah 9. Tandai posisi kaki

Ukur dan tandai untuk baut kepala cangkir 100mm yang akan masuk ke meja. Pastikan diposisikan sedemikian sehingga baut tidak berada di dekat meja bergabung atau sekrup di dekat ujungnya.

  • Langkah 10. Pra-mengebor untuk kaki

Di bagian bawah meja, lakukan pra-pengeboran lubang pilot 5mm melalui kaki dan ke meja di mana kaki Anda akan pergi. Kemudian selesaikan sebelum pengeboran lubang melalui meja. Balik meja dan gunakan spade bit 22mm untuk membuat lubang countersink dalam 8mm untuk baut kepala cangkir. Terakhir bor lubang izin 10mm yang lebih besar melalui meja dan kaki untuk mengakomodasi baut yang akan Anda gunakan.

  • Langkah 11. Masukkan baut

Balik meja, sehingga bagian atas menghadap ke meja kerja Anda. Duduk di atas meja di beberapa kayu offcuts dan geser baut dari atas.

  • Langkah 12. Amankan kaki

Geser kaki ke baut dan kencangkan dengan mur. Kencangkan ini dengan ratchet dan soket.

  • Langkah 13. Pekerjaan selesai

Meja unik dari kayu daur ulang Anda selesai dan kelihatannya bagus. Taruh di posisi di ruang makan Anda dan Anda akan menikmatinya selama bertahun-tahun yang akan datang.

Melakukan proses pengerjaan meja unik di atas bagi pemula mungkin akan memakan waktu yang sangat lama. Sehingga Anda harus bersabar dalam tahapan pembuatan ini. Jadi jika Anda memiliki waktu luang yang terbatas Anda bisa menyelesaikannya dalam beberapa hari.

Proses Finishing Meja Unik

Cara Membuat Meja Unik Hingga Finishingnya

Langkah finishing lebih mudah dan lebih menarik daripada yang Anda bayangkan. Melakukan tahapan ini adalah yang paling menyenangkan dan bisa Anda lakukan dengan waktu yang lama. Nah untuk hasil unik Anda bisa memilih tampilan rustik pada meja dengan langkah berikut ini.

  1. Amplas meja dengan amplas kasar dan gunakan sikat kawat untuk menciptakan guratan. Sikatkan ke permukaan kayu searah serat. Kemudian gunakan lap untuk menghilangkan debu dan kotoran.
  2. Gunakan cat dasar atau wood stain untuk memberikan warna dasar pada kayu. Cat yang lebih mudah digunakan adalah cat water based. Pilih warna yang sesuai dengan warna kayu jika Anda menyukai warna kayu asli. Aplikasikan cat tunggu kering dan amplas ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas.
  3. Gunakan cat glaze yang akan memberikan tampilan serat lebh tajam. Jika Anda menggunakan glaze water based maka campurkan dengan sedikit air kemudian kuaskan ke seluruh permukaan meja serah serat. Gunakan lap yang telah dibasahi dan diperas untuk menghapus kelebihan cat glaze secara merata dan akan timbul tampilan serat yang jelas dan juga nyata.
  4. Terakhir aplikasikan cat water based top coat sebagai lapisan akhir. Maka meja unik Anda telah selesai dan siap untuk digunakan.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH