Mengubah Meja Rias Lama Menjadi Baru dan Tips Memperbaikinya

Meja rias menyediakan sentuhan keanggunan dan pesona kuno ke kamar tidur, kamar mandi, atau ruang ganti. Fungsinya memberikan ruang meja yang cukup luas untuk riasan dan alat-alat perawatan, dengan laci atau rak untuk penyimpanan tambahan. Cermin besar yang secara tradisional berada di atas meja rias adalah bagian penting dari fungsi dan dekorasinya. Kembalikan meja rias Anda yang sudah usang sesuai dengan pesona klasiknya atau berikan sentuhan menyegarkan dengan warna cat modern.

Anda tidak perlu khawatir untuk melakukannya sendiri karena pada dasarnya melakukan proses pengembalian meja rias yang telah rusak kembali menjadi terlihat baru dan berbda faktanya mduah dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Persiapan

Seperti kebanyakan proyek restorasi lainnya, memulihkan meja rias membutuhkan beberapa persiapan dasar. Tarik laci keluar dari meja, jika ada, dan keluarkan perangkat keras seperti tombol-tombol laci dan seluruh rakitan cermin yang pada umumnya terpasang di bagian belakang. Kencangkan sekrup di mana sekrup ada, dan lepaskan daerah yang direkatkan yang tampak longgar atau goyah. Pindahkan semua potongan untuk diperhalus dengan amplas di luar atau ke area berventilasi baik di atas terpal atau kain penutup.

  • Menghapus Lapisan Cat Lama

Kemungkinan besar, meja rias memiliki cat lama di atasnya, apakah pernis, cat atau beberapa lapisan cat. Pilihan finishing Anda yang baru tidak akan melekat dengan baik atau bertahan lama jika hasil cat yang ada tidak dihilangkan atau setidaknya disiapkan dengan benar.

Mengubah Meja Rias Lama Menjadi Baru

Untuk membuat meja ke kayu kosong, aplikasikan paint remover atau thinner pelapisan pernis ke semua area yang sudah selesai, biarkan tetap di atas selama yang direkomendasikan oleh pabrik.

Bantuan dari pisau scrpae menghilangkan lapisan penutup dan stripper setelah reaksi kimia terjadi. Terkadang ini membutuhkan beberapa upaya. Jika Anda tidak ingin menghilangkan bagian cat yang lama, haluskan permukaan meja dengan amplas medium, diikuti dengan kertas amplas halus. Menghaluskan semua area kasar dalam proses, lalu bersihkan semuanya dengan kain katun untuk menghilangkan debu.

  • Cat atau Varnish

Mengecat di atas permukaan kayu yang sudah bersih membutuhkan primer untuk cat baru untuk menempel. Oleskan primer lateks atau primer coat water based di atas meja yang diampelas dan dibersihkan setelah menutupi cermin berbingkai dengan selotip pelukis dan koran sehingga tidak ada cat yang menempel di atasnya.

Setelah primer kering, aplikasikan cat dalam warna pilihan Anda, gunakan warna putih untuk tampilan klasik, atau gunakan warna yang cocok dengan ruangan yang akan menjadi tempat meja rias tersebut diletakan.

Jika Anda ingin mendapatkan warna natural maka lewati aplikasi primer dan aplikasikan pernis dengan kuas cat atau kuas busa berkualitas, luangkan waktu Anda untuk menghindari gelembung atau menetes. Uji pernis di bagian bawah meja jika Anda tidak yakin Anda akan menyukai warna yang dihasilkan.

  • Menghias Bagian Dasar

Jika pernis tua polos atau satu warna cat membuat Anda bosan, beri tabel lebih banyak karakter dengan teknik menghias. Oleskan cat glaze gelap di atas cat atau pernis, gosokkan ke celah dan celah dengan lap untuk memberi kesan tampilan usia.

Cat lateks encer dapat digunakan dengan cara yang sama pada permukaan yang dicat. Coba warna pengganti seperti kuning di atas biru atau merah untuk efek ceria yang menakjubkan. Desain stensil seperti sulur, bunga, atau pepatah favorit untuk memberikan pesona yang unik.

Gosokkan wax di antara berbagai lapisan cat, masing-masing warna yang berbeda, untuk meningkatkan tampilan usia. Setiap warna terlihat setelah Anda mengamplasinya, terutama di sudut atau area yang biasanya akan dipakai. Di tempat cat, buka peta lama, gambar vintage atau kertas cantik untuk tampilan yang benar-benar unik.

Dengan cara ini maka Anda akan berhasil dan selesai dalam melakukan perubahan pada meja rias Anda. Bayangkan tidak membutuhkan waktu yang lama, Anda bisa melakukannya saat libur akhir pekan.

Tips Memperbaiki Meja Rias yang Rusak

Mengubah Meja Rias Lama Menjadi Baru

Saat Anda ingin mendapatkan hasil yang sempurna maka melepaskan setiap bagian dari meja rias adalah bagian yang sangat penting. Bahkan ketika Anda melakukannya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui setelah proses finsihing. Panduan ini adalah tentang laci rias tidak dapat dibuka. Ketika laci tidak terbuka, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk mendapatkan laci untuk bergerak bebas.

  • Untuk kenop lemari yang tidak akan dikencangkan, Anda bisa mempertimbangkan ikatan pita atau pita. Ini akan bekerja paling baik di kamar anak-anak, kamar tidur dan kamar mandi, karena tampilan agak feminin.
  • Pastikan kayu sangat kering dan diamplas dengan baik. Lakuk mereka dan kemudian gosok dengan lilin parafin untuk melumasi mereka sehingga mereka dapat ditarik dengan mudah. Lakukan ini pada semua permukaan laci pada meja rias Anda.
  • Gunakan wax yang akan melicinkan penggunan di laci meja rias. Membuat laci meluncur dengan mulus. Ini bisa membuat laci furniture bekas lengket meluncur dengan mulus.

Kini Anda sudah dapat menggunakan laci meja rias Anda yang sulit untuk dibuka. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda lakukan ketika melakukan perbaikan dari meja rias di rumah. Tips ini akan mempelancar pekerjaan proyek restorasi meja rias Anda:

  • Cermin retak

Cermin pada meja rias merupakan salah satu bagian yang sangat penting. Ketika Anda membongkar meja rias bisa saja timbul retakan pada cermin yang membuat ketidaknyamanan Anda menggunakannya setelah proyek restorasi selesai. Apabila Anda ingin menggunakannya maka Anda bisa memperbaiki dengan menambahkan bingkai cermin untuk menutupi bagian yang retak tersebut.

  • Goresan pada meja

Meja rias yang sering digunakan dan terkena beberapa kosmetik bahkan bahan kimia dari kosmetik dapat menimbulkan goresan bahkan warna cat yang luntur. Untuk memperbaiki masalah ini Anda bisa mengamplas seluruh bagian tersebut. Ingat Anda akan menggunakan lapisan cat yang baru maka Anda perlu menghapus lapisan cat yang lama.

Dalam hal ini pengamplasan akan menghilangkan warna cat lama sedangkan goresan nantinya akan tertutup dengan base coat dari cat primer. Sedangkan untuk cacat atau goresan yang terlalu dalam akan ditutup dengan wood putty atau wood filler tergantung hasil finishing apa yang Anda inginkan. Jadi jangan panik ketika Anda melihat sebuah goresan.

  • Kaki Furniture Rusak

Siapa yang tahu kaki meja rias bisa patah dengan mudah? Pertama, campurkan lem kayu dan pengisi kayu (dempul) dan pasang kembali kaki; setelah kering, cat ulang atau tahan item. Jika istirahat terlalu berat, ganti setiap kaki dengan kaki logam yang lebih kontemporer. Jika kaki meja rusak diperbaiki, pertimbangkan untuk melepas kaki yang tersisa dan atur meja ke alas baru.

Nah dengan tips-tips di atas Anda akan semakin mudah untuk memperbaiki meja rias yang selama ini sudah usang dan Anda masih ragu untuk memperbaikinya. Kini siapkan ruangan dan alat Anda untuk memulai.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH