Cara Membuat Meja Belajar Kayu Sederhana yang Nyaman untuk Anak

Cara membuat meja belajar kayu sederhana tidak terlalu rumit. Bahkan Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Salah satu furniture yang anak akan sukai adalah meja belajar. Meja belajar yang menarik dengan desain yang unik memang tersedia di banyak pasaran. Namun, tentu saja harganya juga mahal. Nah, bagaimana jika anda membuat desain meja belajar sendiri? Tentu saja hasilnya akan lebih menarik bukan? Dan juga anak anda akan lebih menyukainya karena desainnya dapat anda buat sendiri.

Cara Membuat Meja Belajar Kayu Sederhana

Namun, bagaimana cara membuatnya? Hal inilah yang banyak menjadi pertanyaan. Jangan khawatir, berikut ini cara membuat meja belajar kayu sederhana untuk inspirasi anda hari ini.

Cara Membuat Meja Belajar Kayu Sederhana Untuk Anak

  1. Siapkan peralatan dan bahan di lokasi kerja agar mudah dijangkau

Alat dan bahan yang akan anda butuhkan diantaranya adalah bor, sekrup, penjepit dengan aneka ukuran, lem kayu, amplas kayu, cat kayu yang anda inginkan. Pakailah masker agar tidak ada debu yang terhirup ketika anda melakukan pengeboran ataupun pengamplasan.

  1. Buat sketsa rancangan meja yang akan anda buat

Buat sketsa rancangan meja belajar kayu yang anda inginkan pada selembar kertas dengan menggunakan pensil pada sebuah lembaran kertas. Gambar pula dimensinya agar memudahkan anda dalam membuat rancangan meja belajar anda. Buat ukuran meja sesuai dengan yang anda inginkan.

  1. Buat bagian utama terlebih dahulu, yaitu alas meja

Bagian utama dari meja kayu adalah alas meja. Untuk membuat bagian atas meja atau alas meja dapat dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan lembaran atau papan kayu. Hal ini tentu saja memudahkan anda dalam membuat rancangan meja belajar anda. Untuk membuat alas meja ini, potong papan kayu yang sudah anda siapkan sesuai dengan ukuran yang sudah anda tentukan. Pilih papan kayu yang cukup kuat dari bahan yang kuat pula.

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan potongan-potongan kayu. Nah, potong kayu menjadi potongan-potongan kayu dengan ukuran yang sama. Jangan lupa untuk melakukan pengamplasan pada kayu agar lebih halus dan juga rata. Jika anda menggunakan potongan kayu ini, maka anda akan lebih hemat dari pada menggunakan kayu lapis.

  1. Buatlah bagian bawah meja

Bagian ini digunakan untuk menopang kaki-kaki meja agar lebih kuat. Caranya dengan mengukur bagian atas dalam meja. Lebar meja ini akan berbeda-beda tergantung dimensi yang anda buat. Balik bagian atas meja. Potonglah dua pasang kayu untuk bagian depan dan dua bagian untuk sisi mejanya. Gunakan sekrup untuk menjepit kayu tersebut.

  1. Potong kaki meja dan rekatkan

Buatlah empat bagian untuk kaki meja dengan ukuran yang sama. Rekatkan pada bagian pojok dari sisi meja. Oleskan lem pada bagian atas kaki meja agar lebih merekat dengan kuat. Gunakan sekrup agar kaki-kaki meja lebih kuat menopang beban atasnya. Ulangi proses ini untuk tiga kaki meja yang lainnya. Jika sudah selesai, maka check kondisi meja anda.

  1. Tahap finishing

Untuk tahapan akhir ini, pilih cat dengan kualitas yang bagus dan aman bagi kesehatan anak anda. Pilih jenis cat water based atau cat dengan bahan pelarut air. Cat ini mudah dan juga aman untuk digunakan pada furniture anak. Tunggu hingga mengering.

Jangan gunakan cat dengan bahan pelarut seperti thinner atau spiritus, karena cat dengan bahan ini termasuk jenis cat yang kurang aman bagi anak anda. Jenis cat ini berbau menyengat dan dapat menimbulkan efek kesehatan bagi buah hati anda. Oleh karena itu, perhatikan kualitas dari cat yang anda gunakan.

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH