Cara Finishing Pintu Kayu Aplikasi Kuas dengan Cat Biovarnish

Selama ini kita tahu bahwa ketika kita membeli furniture, kita membeli produk yang sudah jadi. Tanpa tau proses yang terjadi dari mulai desain, pemilihan jenis kayu sampai finishing. Nah, finishing sendiri berarti memberi sentuhan untuk menutup serat berupa warna solid ataupun warna transparant untuk memberikan kesan menarik untuk furniture tersebut.

Warna pintu sebagai hasil akhir pengerjaan tergantung dari cara menguaskan atau menyemprotkan cat tersebut. Metode pengecatan ada 2 macam, yaitu:

  1. Metode spray.

Untuk industri besar biasanya menggunakan metode spray untuk mempercepat dan memudahkan pengecatan. Tetapi metode ini membutuhkan cat yang lebih banyak karena ketika menyemprotkan cat banyak cat yang terbuang. Hasilnya tentu sangat bagus karena partikel kecilnya bisa mengisi pori-pori kayu.

  1. Metode kuas.
Cara Finishing Pintu Kayu Aplikasi Kuas

Nah cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan kuas spons. Selain tidak membuat cat banyak terbuang, hasilnya juga tidak kalah bagus dengan penggunaan spray. Namun harus diperhatikan jika menggunakan metode kuas ini. Ketika melakukan pengecatan sebaiknya dikuaskan searah serat kayu agar hasil yang didapatkan rata searah serat kayu.

Untuk pekerjaan finishing kayu (bagian bangunan yang menggunakan bahan kayu) harus dicat dengan teliti dan hati-hati agar hasilnya benar-benar rapi. Terutama untuk kusen dan daun pintu, sebab bagian bangunan ini merupakan tampilan sebuah rumah yang sangat kelihatan dan tampak jelas terlihat oleh banyak orang.

Finishing Pintu Kayu Aplikasi Kuas Menggunakan Cat Water Based

Pintu kayu rumah dengan hasil yang doft lebih banyak digunakan untuk hunian rumah. Cat waterbased banyak ditemukan disekitar kita. Salah satu cat water based terbaik yaitu Biovarnish. cat dengan campuran air memang lebih murah, tetapi hasilnya tidak diragukan lagi. Sudah banyak produsen-produsen kayu menggunakan cat ramah lingkungan berbahan dasar air ini.

Cara mengecat pintu kayu rumah Anda bisa dilakukan dengan cara berikut

  1. Langkah pertama pastikan pintu kayu Anda sudah kering dan bebas debu. Pastikan MC kayu tidak lebih dari 12%. Jika permukaan kayu belum merata, bisa diamplas dahulu agar cat bisa menempel secara baik.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler Ramin yang dicampur sedikit air untuk mentup pori-pori menggunakan pisau pallet atau kain bal. Keringkan selama 20 menit, lalu amplas merata menggunakan ampalas 320 sampai terlihat permukaan kayunya.
  3. Kuaskan Biovarnish Wood Stain Salak Brown yang dicampur air dengan perbandingan 4 bahan : 1 air dan diaduk sampai rata. Kuaskan menggunakan kuas spons secara merata searah serat kayu. Diamkan 60menit lalu amplas ambang menggunakan amplas 400.
  4. Lapisan terakhir menggunakan Biovarnish Clear Coat Doft. Campurkan bahan dengan air campurannya 4 bahan : 1 air. Kuaskan menggunakan kuas spons tipis dan pastikan tidak ada yang terlewat. Setelah itu bisa Anda keringkan semalam dan lihatlah hasil yang sangat memuaskan.

baca juga : cara finishing cat duco water based

Metode finishing menggunakan kuas ini adalah sebuah cara paling murah dan mudah di antara yang lain. Hanya saja kita harus hati-hati dalam memilih kuas yang berkualitas. Kuas yang digunakan sebaiknya kuas spons. Agar cat menempel dengan baik tanpa terlalu melihatan serat yang tidak rata.

Bahan finishing yang cocok untuk cara ini termasuk cat, varnish dan pewarna. Sebagaimana ujung kuas, hasil permukaan finishing tidak sehalus dan serata aplikasi spray atau poles. Nah untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa menggunakan cat dengan merk Biovarnish karena cat merk ini sudah terbukti keunggulannya. Selain aplikasi yang mudah, prosesnya tidak perlu sinar matahari, namun hasilnya tetap maksimal.

baca juga : cara mengecat pintu rumah menggunakan cat minyak

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH