Cara Finishing Kayu Mahoni Sederhana Menggunakan Plitur

Kayu dan finishing. Dua kata yang kerap kita dengar saat kita melihat ataupun memilih furniture untuk pelengkap rumah kita. Furniture rumah kebanyakan menggunakan bahan dasar dari kayu. Karena kayu ini memiliki nilai estetika yang tinggi serta kecantikan yang dipancarkan oleh hasil finishing dari benda tersebut. Finishing menggunakan cat natural transparan biasanya memang banyak diminati oleh para customer. Serat kayu yang masih terlihat membuat daya tarik tersendiri oleh para penikmat furniture dari kayu.

Cara Finishing Kayu Mahoni Sederhana M

Nah finishing kayu ini bisa menggunakan cat plitur. Plitur sendiri adalah salah satu bahan finishing dengan bahan dasar shllac. Shellac sendiri mempunyai warna coklat kekuning-kuningan, karena itu aplikasi dengan politur ini akan menghasilkan lapisan film yang berwarna coklat kekuningan. Kelebihan menggunakan finishing politur adalah:

  • Praktis
  • Cepat kering
  • Warna yang dihasilkan natural
  • Lapisan tidak mudah rusak

Banyak sekali merk plitur yang akan Anda dapatkan saat membeli di toko cat maupun secara online. Mulai dari harga, penggunaan campuran waterbased atau solventbased, sampai hasil kilap kahir furniture Anda. Tapi jangan bingung, kami punya referensi terbaik untuk Anda. Plitur kayu yang bagus adalah yang berbahan dasar air. Karena banyak sekali keunggulan cat plitur waterbased untuk furniture maupun untuk lingkungan Anda. Cat plitur kayu waterbased ini bisa Anda cari dengan menyebut merk Biovarnish. Biovarnish? Apasih Biovarnish itu? Biovarnish merupakan bahan finishing kayu (wood varnish) berbahan dasar waterbased acrylic gloss finish dengan sistim aplikasi oles atau kuas, digunakan untuk finishing kayu interior.

Cara Mudah Finishing Kayu Mahoni Sederhana Menggunakan Plitur Water Based

Furniture yang akan kami tutorialkan adalah furniture berbahan dasar kayu mahoni. Kayu yang memiliki serat lurus berpadu, tekstur halus dan perpori-pori kecil, serta warna yang sedikit merah namun pucat. Nah untuk menajamkan warna mewah kayu mahoni, sebaiknya menggunakan Biovarnish Wood Filler Mahoni, Biovarnish Red Mahogani dan sentuhan akhir menggunakan Biovarnish Clear Coat Gloss. Yuk intip langkah-langkahnya dibawah ini:

    Cara Finishing Kayu Mahoni Sederhana M
  1. Pastikan kayu Anda sudah kering dan bebas debu. Pastikan MC tidak lebih dari 12%. Jika permukaan kayu belum merata, bisa diamplas dahulu agar cat plitur kayu bisa menempel secara baik.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler Mahoni yang dicampur sedikit air untuk mentup pori-pori menggunakan pisau pallet atau kain bal. Keringkan selama 20menit, lalu amplas merata menggunakan ampalas 320 sampai terlihat permukaan kayunya.
  3. Kuaskan Biovarnish Wood Stain Red Mahogani yang dicampur air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air dan diaduk sampai rata. Kuaskan menggunakan kuas spons secara merata searah serat kayu. Diamkan 60menit lalu amplas ambang menggunakan amplas 400.
  4. Lapisan terakhir menggunakan Biovarnish Clear Coat Gloss. Campurkan bahan dengan air campurannya 2 bahan : 1 air. Kuaskan menggunakan kuas spons tipis dan pastikan tidak ada yang terlewat. Setelah itu bisa Anda keringkan semalam dan lihatlah hasil yang sangat memuaskan.

Mudah kan? Mudah dong ya.. Selanjutnya untuk perawatan kayu yang sudah difinishing menggunakan plitur dari Biovarnish ini bisa dilakukan perawatan secara rutin. Mulai dari membersihkan furniture dengan kain bersih sampai dengan menggunakan bahan pemoles khusus kayu berbahan dasar wax atau lilin untuk mendapatkan hasil jangka panjang yang memuaskan. Wax atau lilin yang baik digunakan adalah merk Biopolish Exterior. Biopolish ini terbuat dari lilin lebah murni. Cara penggunaannya cukup oleskan menggunakan kain bersih ke permukaan kayu Anda. Lakukan pemolesan secara rutin dan Anda akan mendapatkan hail tercantik untuk furniture dari kayu mahoni Anda. Semoga bermanfaat

Artikel "Life Style"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.