Cara Membuat Meja Belajar Lipat Terlihat Lebih Menarik dari Finishing

Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan beberapa perabotan baru tetapi takut bahwa mereka tidak akan muat di ruang Anda saat ini? Tahukah Anda bahwa masih mungkin untuk mendapatkan furnitur yang masih sesuai dengan batas ruang? Bagaimana kalau mendapatkan meja, bukan hanya yang biasa, tetapi yang bisa Anda lipat untuk menyerupai meja. Nah, artikel ini akan membantu Anda menyadari bagaimana hal ini dapat dengan mudah dilakukan untuk mengubah rumah Anda.

Meja lipat adalah furnitur unik yang mampu mengambil bentuk berbeda dan bisa masuk ke dalam berbagai ruang. Beberapa ruang ini termasuk rumah tangga, konferensi, dan ruang pesta bahkan ada banyak fungsu lainnya seperti meja lipat belajar misalnya.

Meja lipat menguntungkan karena mudah dilipat dan membutuhkan ruang penyimpanan yang kecil. Ada berbagai desain meja ini sehingga Anda bisa mendapatkan satu sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat menggunakan furnitur jenis ini untuk tujuan yang berbeda yang termasuk memegang barang kantor di tempat kerja. Anda juga dapat menggunakannya di kamar tidur Anda untuk menjaga laptop Anda, speaker kecil atau bahkan Anda membuat meja tempat penyimpanan kecil.

Bagaimana Membuat Meja Lipat Terlihat Seperti Meja Belajar?

Anda dapat mencapai tampilan ini dengan mengecat meja Anda. Anda tidak perlu membeli meja belajar baru yang mungkin tidak bisa dilipat. Padahal dengan meja belajar yang dilipat Anda bisa menggunakannya di mana saja dan kapan saja. Apabila Anda memiliki ruangan yang sempit maka Anda bisa melipat ketika tidak menggunakannya.

Ada banyak meja lipat yang dijual namun Anda perlu membeli meja lipat yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda dan nyaman untuk digunakan pada saat Anda duduk. Jika Anda memiliki meja lipat bekas di rumah maka akan lebih baik jika Anda mengecat ulang untuk memperbaharui tempilannya sekaligus mengubah fungsinya menjadi meja belajar.

Anda tinggal menambahkan kursi dan meja lipat akan menjadi meja belajar instan di dalam kamar Anda atau dimanapun diletakan. Untuk jenis meja lipat yang terbaik adalah terbuat dari material kayu atau besi. Material ini lebih mudah dibersihkan dan dilapisi cat ulang dibandingkan dengan material lainnya.

Proses pengecatan meja belajar lipat baru ini harus melalui langkah-langkah yang tepat. Berikut ini langkah yang bisa Anda ikuti.

Langkah Satu – Bersihkan Permukaan

Pertama, Anda harus membersihkan permukaan dan kemudian menerapkan sedikit minyak pada bagian siku meja yang dilipat. Tujuan mengaplikasikan minyak adalah untuk memudahkan meja untuk dilipat dan dibuka. Meja lipat yang sudah disimpat terlalu lama maka Anda perlu mengecek apakah masih dapat digunakan dengan baik. Jika masih maka bagian pertama yang perlu diperiksa adalah bagian engsel. Jagalah agar semua permukaan kotor berubah bersih sebelum melakukan seluruh pengecatan.

Pembersihan perlu ditambahkan dengan pengamplasan. Jika sebelumnya meja diberikan lapisan cat maka Anda bisa membersihkan dan menghapus lapisan cat lama dengan baik. Gunakan paint remover untuk mempercepat pekerjaan. Amplas kembali setelah cat hilang untuk membuka pori dan lapisan cat baru dapat menempel dengan baik.

Langkah Kedua – Lapisan cat dasar

Langkah selanjutnya melibatkan bahan cat dasar. Ada dua jenis cat dasar yang bisa Anda gunakan yaitu dempul kayu dan primer coat. Gunakan dempul kayu terlebih dahulu jika material meja lipat adalah kayu. Jika materialnya adalah besi maka Andabisa menggunakan dempul khusus besi. Tambal seluruh permukaan meja yang cacat dengan dempul sehingga Anda memiliki permukaan yang rata dan halus. Amplas kembali.

Sebelum Anda memulai menggunakan primer coat pastikan debu amplas sudah bersih. Anda bisa menggunakan cat primer khusus kayu atau besi tergantung dengan jenis material. Pastikan juga Anda menggunakan cat primer yang terbuat dari water based karena lebih aman dan nyaman digunakan.

Aplikasikan primer coat hingga rata, kering dan amplas kembali permukaan primer coat. Jika Anda mengaplikasikan pada kayu pastikan warna dan serat kayu sudah tertutup dengan baik agar tidak mempengaruhi hasil warna akhir di atasnya.

Langkah Tiga – Cat Meja Lipat

Cara Membuat Meja Belajar Lipat Terlihat Lebih Menarik

Tahapan ini adalah memberikan warna pada meja lipat yang tadinya haya berwarna putih dari cat primer. Anda bisa memilih warna apa saja tergantung dengan desain dan juga gaya yang sesuai dengan ruang dimana Anda akan meletakannya. Lagi-lagi cat water based harus Anda pilih karena akan lebih mudah melekat di atas lapisan primer coat water based.

Aplikasikan dengan kuas atau alat semprot sesuai dengan petunjuk yang ada pada kaleng cat. Apliksikan hingga merata dan Anda akan mendapatkan warna sesuai dengan keinginan. Anda juga bisa menggunakan beberapa warna pada satu meja. Misalnya saja pada bagian top table Anda akan menggunakan warna putih sedangkan pada bagian kaki Anda akan menggunakan warna merah.

Pastikan pada saat Anda memberikan warna pada salah satu bagian menggunakan isolasi kertas dan tutupi bagian yang akan diberikan warna lain. Setelah itu Anda bisa mengecat dengan leluasa dan pastikan warna tidak bercampur pada bagian yang akan diberi warna lain. Untuk menggunakan isolasi kertas pastikan lapisan cat di bawahnya benar-benar telah kering.

Langkah Empat – Lapisan Akhir

Pada tahapan ini Anda perlu memebrikan top coat water based sebagai bahan pelindung yang menciptakan lapisan film dengan baik. Top coat berbentuk cairan dengan warna transparan yang bisa Anda gunakan. Campurkan top coat dengan air dan aduk dengan rata.

Cara aplikasinya sama seperti ketika Anda mengaplikasikan cat warna sebelumnya. Baik itu menggunakan kuas atau alat semprot Anda bisa memilih tergantung dengan kondisi. Pada lapisan akhir ini Anda perlu memperhatikan tingkat kekeringannya.

Lapisan top coat dapat kering dengan sempurna apabila Anda mendiamkannya dalam ruangan dengan ventilasi udara baik selama 24 jam. Meja belajar lipat baru Anda tidak dapat digunakan apabila lapisan akhir ini belum benar-benar kering.

Jika meja belajar sudah kering maka Anda bisa meletakan bersama dengan kursi di ruangan yang sudah direncanakan.

Renovasi meja lipat menjadi meja belajar lipat Anda memberikan tampilan yang lebih baik dan melakukan banyak fungsi sesuai dengan kebutuhan Anda. Pengecatan itu adalah bagian dari pelaksanaan pemeliharaan yang tepat.

Memberikan tampilan yang sempurna memberi Anda kepercayaan diri yang lebih untuk digunakan bahkan dalam aktivitas luar ruangan. Selain itu, meningkatkan masa pakainya pada saat yang sama memfasilitasi penggunaan maksimumnya.

Konsep ini juga akan menyelamatkan Anda dari keharusan untuk membeli lebih banyak furnitur baru karena semua yang Anda butuhkan adalah cat yang tepat. Ya, itu jika sama sekali Anda sudah memiliki satu dengan Anda. Pergi ke depan dan nikmati menggunakan meja lipat Anda sebagai meja belajar baru dengan penampilan sesuai dengan selera yang Anda inginkan.

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH