Trik Persiapan Kayu dengan Cat Dasar Kayu Acrylic Water Based

Melakukan finishing pada permukaan kayu bukan soal pernis saja. Ada beberapa lapisan yang dibutuhkan mulai dari cat dasar kayu, cat pewarna kayu hingga top coat. Untuk finishing warna natural atau solid, ketiga lapisan sederhana tersebut dibutuhkan. 

Pada prakteknya, untuk finishing furnitur dengan tujuan komersial, aplikasi yang dibutuhkan bahkan bisa lebih dari ketiga lapisan tersebut. Sebenarnya produknya sama yaitu cat dasar sebagai sanding sealer, sedangkan cat dasar untuk finishing warna solid yang digunakan adalah cat primer.

Bagi Anda yang berencana untuk melakukan finishing warna natural, harus paham betapa pentingnya lapisan dasar ini. Karena masih banyak yang menganggap bahwa finishing pada kayu hanya membutuhkan pernis atau plitur saja. 

Alasan Pentingnya Cat Dasar Kayu untuk Finishing Transparan

Penggunaan cat dasar kayu sanding sealer bukan hanya sekedar untuk finishing natural sebelum di atasnya diaplikasi dengan cat warna. Ada beberapa alasan Anda harus menggunakan lapisan ini.

  • Menutup pori dalam finishing open pore

Fungsi yang pertama adalah untuk memudahkan finishing open pore. Finishing yang tidak menggunakan wood filler atau dempul kayu bukan berarti pori kayunya tidak ditutup. Namun bisa  digantikan dengan sanding sealer sebagai cat dasarnya. 

Dengan lapisan sanding sealer maka permukaan kayu akan lebih halus dan memudahkan finishing open pore. Pori kayu tetap tertutup dan beberapa cacat pada permukaan kayu juga akan tertutup. 

  • Menjadi lapisan intermediate sebelum top coat

Sanding sealer bukan hanya bisa diaplikasikan langsung pada permukaan kayu. Namun ada yang mengaplikasikannya di antara stain dan clear coat. Tujuannya adalah untuk lebih menghaluskan permukaan dan memudahkan clear coat untuk menempel. Ditambah lagi perlindungan yang diberikan pada kayu akan menjadi ganda. 

  • Menjadi lapisan dasar untuk finishing poles

Tidak selamanya finishing natural harus menggunakan pernis atau clear coat.  Sanding sealer bisa dijadikan sebagai dasar kayu untuk finishing poles. Karena sanding sealer juga memberikan warna transparan maka tidak akan mempengaruhi keindahan warna asli kayu. 

Justru dengan adanya lapisan cat dasar kayu, bahan poles akan lebih mudah diaplikasikan. Hasil warna mengkilap dari bahan poles kayu akan tampak lebih sempurna. Anda cukup mengaplikasikan poles kayu setiap beberapa bulan sekali saja. 

  • Mempertajam warna stain kayu

Seperti pada alasan nomor dua, di mana sanding sealer akan memberikan perlindungan, ketika diaplikasikan di atas stain maka perlindungannya akan sinar uv yang biasa mengubah warna stain dan kayu akan lebih kuat.  Jika Anda akan meletakkan furnitur di luar ruangan maka tidak perlu khawatir karena dengan adanya sanding sealer warna stain akan membuat furnitur Anda bertahan lebih lama walaupun sering terkena sinar uv. 

  • Mencegah minyak kayu naik pada jenis kayu ringan

Cat dasar kayu yang bagus akan mampu menutup permukaan kayu dengan baik sehingga minyak kayu tak akan naik. Warna minyak kayu yang naik seringkali muncul pada jenis kayu seperti pinus karena pori kayunya yang berukuran besar dan tidak beraturan membuat sanding sealer wajib diaplikasikan. 

Ketika pori kayu sudah ditutup dengan lapisan sealer maka minyak kayu tidak akan mudah naik. Berbeda ketika Anda hanya mengaplikasikan pernis, sudah pasti minyak kayu akan naik. Jadi, aplikasi sanding sealer pada kayu ringan adalah sebuah keharusan. 

Mengapa Memilih Cat Dasar Kayu Acrylic Water Based

Di antara semua produk sanding sealer mengapa Anda harus menggunakan acrylic water based? Setidaknya ada dua jenis cat penutup kayu sesuai bahan pelarut yaitu solvent dengan thinner dan acrylic water based dengan air. 

Apabila dilihat dari keamanan baik kesehatan pengguna dan juga lingkungan, sanding sealer acrylic water based sangat disarankan untuk digunakan. Hal ini tentu saja beralasan mengingat bahan pelarut air yang digunakan pada sanding sealer acrylic water based tidak akan menimbulkan polusi (air dan udara). 

Cara kerja cat dasar kayu tidak berbeda dengan pernis atau stain. Pada saat proses pengeringan, bahan pelarut akan menguap dan membuat cat mengeras ke permukaan kayu. Ketika bahan pelarut yang berbahaya seperti thinner menguap ke udara sudah pasti menyebarkan volatile organic compounds. 

Dedanya dengan acrylic water based adalah tak akan menimbulkan polusi.  Hal ini bisa dibuktikan dengan tidak munculnya aroma keras ketika proses pengeringan bahkan saat aplikasi. Jadi Anda akan lebih aman saat bekerja.

Cara Mengaplikasikan Permukaan Kayu dengan Sanding Sealer

Apabila Anda tidak menggunakan dempul kayu untuk finishing natural maka sanding sealer bisa Anda gunakan sebagai cat dasar kayu. Untuk bisa mengaplikasikan acrylic water based ini tidaklah sulit dan kurang lebih sama seperti aplikasi stain pada umumnya. 

Berikut ini beberapa langkah dan trik aplikasinya. 

• Menghaluskan dan membersihkan permukaan kayu

Pada tahapan awal Anda harus mempersiapkan permukaan kayu yang belum dilapisi coating apapun. Hal ini penting demi membuka pori kayu dan membersihkannya dari kotoran yang menyumbat. Terlebih agar permukaan lebih halus. 

Trik aplikasinya adalah pada pemilihan grit ampelas. Mulailah bekerja dengan amplas kasar, pemilihan grit pertama juga disesuaikan dengan tingkat kasar kayu. Semakin kasar kayunya maka pilih grit yang kasar juga. 

Saat mengampelas Anda bisa menggunakan balok kayu agar hasilnya rata. Kemudian ganti dengan grit yang lebih halus bergantian hingga terakhir adalah amplas nomor 220. Jangan lupa bersihkan permukaan kayu dari debu ampelas. 

• Melarutkan dan menguaskan sanding sealer

Keuntungan sanding sealer acrylic water based adalah bahan pelarutnya. Anda hanya perlu menyiapkan air bersih dan larutkan ke wadah berbeda, jangan pada kaleng cat. Ikuti instruksi melarutkan dengan perbandingkan sesuai pada keterangan pada kemasan cat. 

Sanding sealer bisa diaplikasikan dengan kuas, namun usahakan penguasan searah dengan serat kayu. Pastikan bahwa Anda mengaplikasikannya secara ringan dan tipis karena pekerjaan ini bisa diulangi. Apabila sudah rata tinggal diamkan saja dalam ruangan selama kurang lebih 60 menitan. 

• Mengampelas ringan dan mengulangi aplikasi

Untuk finishing dengan bahan polesk, akan lebih baik jika Anda mengulangi aplikasi sanding sealer. Jadi, akan terbentuk dua lapisan cat dasar kayu agar pori lebih terlindungi. Usai permukaan kering, Anda bisa menggunakan ampelas nomor 400. 

Cukup lakukan pengampelasan ringan saja dan bersihkan debu ampelasnya setelah itu. Jika sudah selesai, ulangi langkah nomor dua lalu biarkan sanding sealer kering selama semalaman untuk dipoles. Tapi jika ingin diaplikasikan stain, cukup tunggu hingga kering dalam waktu kira-kira sejam. 

Produk Sanding Sealer Acrylic Water Based Terpercaya 

Jika Anda sedang mencari produk sanding sealer yang berkualitas tinggi, maka sanding sealer Biovarnish adalah produk yang sangat direkomendasikan. Produk ini bisa didapatkan dengan mudah secara online melalui beberapa kanal marketplace beriktu ini.

  1. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries  (Bukalapak)
  2. https://www.tokopedia.com/biovarnishseries  (Tokopedia)
  3. https://shopee.co.id/biovarnish.official (Shopee)

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH