Wajibkah Menggunakan Sanding Sealer Kayu untuk Finishing Lantai?

Banyak orang yang menyatakan bahwa sanding sealer adalah salah satu lapisan cat yang wajib diaplikasikan pada semua olahan kayu. Jawabannya bisa tidak bisa juga iya. Sanding sealer bisa tidak digunakan ketika Anda akan melakukan recoating. Kayu yang hendak di recoating cukup langsung diaplikasikan pernis.

Ketika kayu belum pernah di finishing sama sekali maka sanding sealer menjadi wajib. Apalagi jika kayu memiliki ukuran pori yang besar seperti kayu jati belanda. Namun hal yang berbeda bisa terjadi pada lantai kayu. Mengapa? Alasannya sudah sangat jelas karena lantai kayu membutuhkan perlindungan yang lebih dibandingkan kayu yang diolah menjadi furniture. 

Kayu yang digunakan untuk lantai biasanya dipilih yang keras dan memiliki pori kecil. Bukan berarti tidak membutuhkan sanding sealer kayu. Justru dengan adanya cat dasar kayu ini maka lantai akan bertahan lebih lama. Membuat lapisan coating diatasnya baik pernis atau poliuretane dapat bekerja dengan lebih baik. 

Jadi menggunakan sanding sealer untuk lantai kayu adalah sangat wajib. Bagi Anda yang tidak percaya bisa membuktikannya sendiri. Cobalah bandingkan lantai kayu yang dilapisi dengan sanding sealer dan langsung dilapisi polyurethane. Manakah yang memiliki ketahanan lebih? 

Dua Fungsi Penting Sanding Sealer

Pentingnya penggunaan sanding sealer pada lantai kayu bukan hanya berhubungan dengan perlindungan. Hal ini disebabkan juga karena adanya fungsi penting yang akan berperan baik melindungi lantai. Pada dua fungsi sanding sealer pada kayu yang perlu Anda pelajari. Hal ini akan membuat Anda paham bahwa menggunakan sanding sealer akan memperpanjang umur kayu.

Alasan 1. Berfungsi untuk menutup pori kayu

Bekerja sebagai base coat, peranan dari sanding sealer hampir mirip seperti wood filler. Hanya saja sanding sealer berbentuk cairan seperti pernis dengan warna transparan. Cara pengaplikasiannya pun berbeda dengan wood filler kerena bentuknya yang lebih cair. Sanding sealer dapat diaplikasikan dengan kuas setelah dilarutkan. 

Sanding sealer juga bisa diaplikasikan di atas lapisan wood filler. Penggunaannya hanya menutup pori, jadi tidak bisa berfungsi untuk menutup cacat kayu seperti halnya wood filler. Hasil aplikasi dari sanding sealer adalah transparan jadi tidak akan mengubah warna pernis di atasnya. 

Alasan 2. Berfungsi sebagai lapisan intermediate

Selain menjadi base coat, sanding sealer juga menjadi lapisan penguat cat yang ada diatas dan dibawahnya. Artinya sanding sealer tidak wajib diaplikasikan hanya di atas kayu langsung atau wood filler. Sanding sealer bisa juga diaplikasikan di atas wood stain atau liquid stain. 

Ketika diaplikasikan di atas stain warnanya tidak ada yang berubah karena sifat transparannya. Sedangkan pernis atau poliuretane di atasnya akan menjadi lapisan yang lebih kuat. Ketika terkena sinar UV warna kayu tidak akan cepat memudar. Inilah keunggulan sanding sealer yang menjadikannya sangat penting diaplikasikan pada lantai. 

Produk Sanding Sealer Kayu yang Terpercaya

Berbicara tentang sanding sealer kayu Anda harus menemukan produk terbaik yang mudah diaplikasikan pada lantai. Produk yang disarankan tidak lain adalah Biovarnish sanding sealer. Mengapa Biovarnish sanding sealer lebih unggul dibandingkan produk lainnya? Alasan utamanya adalah cat ini terbuat dari bahan dasar air yang masuk ke dalam proses emulsifier dengan resin. 

Semua produk cat secara umum menggunakan resin yang dicampur dengan solvent. Setelah menjadi produk, proses pelarutannya juga masih membutuhkan solvent berupa thinner. Hal ini membuat produk yang diaplikasikan pada lantai nantinya mengeluarkan bau yang tidak sedap. 

Bau yang sangat mengganggu tersebut membawa kandungan solvent yakni logam berat yang membahayakan kesehatan manusia. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan bahan finishing yang lebih aman seperti Biovarnish sanding sealer. 

Keunggulan dari Biovarnish bukan hanya masalah keamanannya saja. Banyak orang yang percaya dengan produk ini karena kualitasnya. Adapun beberapa kualitas dari Biovarnish sanding sealer yang akan Anda dapatkan adalah sebagai berikut. 

Proses Aplikasinya yang Lebih Mudah

Ketika diaplikasikan pada permukaan lantai, Biovarnish bisa menggunakan alat apa saja. Anda bisa mengaplikasikannya dengan pad, kuas hingga alat semprot atau roller sekalipun. Semua alat aplikasi bisa digunakan, asalkan jenis bulu kuas dan roller terbuat dari nilon. Hindari memilih alat yang terbuat dari bulu alami karena akan membuat hasil finishing tidak rapi. 

Selain kemudahan memilih alat, sanding sealer juga lebih mudah kering. Tidak perlu menunggu semalaman untuk satu lapisan kering. Anda hanya perlu mendiamkan lantai selama satu jam dan melanjutkan proses pengamplasan atau pengecatan selanjutnya. 

Daya Sebar yang Luas Jadi Lebih Hemat

Anda mencari produk yang hemat? Maka serahkan pada Biovarnish sanding sealer. Ada dua alasan yang membuatnya hemat, pertama adalah daya sebar yang luas. Dalam satu kilogram cat yang sudah dilarutkan dengan benar Anda bisa menutup permukaan seluas 10m2. Pastikan saja lapisannya tipis sehingga cat bisa menjadi lebih luas. 

Alasan kedua adalah karena bahan pelarutnya adalah air. Anda tidak perlu membeli thinner yang harganya cukup mahal per kalengnya. Cukup dengan menggunakan air bersih saja, sanding sealer sudah bisa dilarutkan kemudian diaplikasikan pada lantai. 

Daya Rekat yang Sangat Baik Membuatnya Tahan Lama

Disisi lain ketahanan dari Biovarnish tidak diragukan lagi. Anda telah menemukan base coat yang tahan lama dan mendukung kualitas lapisan coating di atasnya. Pastikan saja Anda menggunakan produk Biovarnish series selain sanding sealer. Seperti Biovanrish liquid stain dan Biovarnish top coat. 

Anda juga bisa mengaplikasikan Biovarnish wood filler apabila lantai kayu memiliki lebih banyak cacat. Lubang kecil atau retakan harus diperbaiki terlebih dahulu dengan wood filler sebelum Anda mengaplikasikan sanding sealer. 

Meningkatkan Tampilan Coating Diatasnya

Bukan hanya memperkuat perlindungan dari cat, namun juga memperindah. Ketika Anda hendak mengecat lantai maka tampilan glossy diharuskan. Fungsinya agar tidak terlalu memperlihatkan goresan yang terjadi. Nah oleh karena itu, Biovarnish sanding sealer telah dirancang untuk meningkatkan tingkat glossy pernis atau poliuretane.

Anda tidak perlu takut lagi dengan efek kusam atau goresan yang terlihat ketika lantai sering digunakan. Sanding sealer akan meningkatkan tampilan glossynya. 

Bisa Diaplikasikan pada Media Serat Alam

Pengaplikasian dari sanding sealer ini tidak terbatas untuk lantai kayu atau semua olahan kayu saja. Anda bisa mengaplikasikannya untuk berbagai jenis serat alam yang membutuhkan perlindungan dari coating. Misalnya saja kerajinan atau furniture rotan dan bambu. Bisa juga diaplikasikan pada kerajinan pelepah pisang dan eceng gondok. 

Khusus untuk aplikasi pada serat alam tersebut, disarankan untuk menggunakan alat semprot. Sehingga hasilnya akan lebih halus dan merata. Tidak perlu takut untuk mengaplikasikannya dengan alat semprot karena tidak ada efek sagging selama Anda membuat larutan yang tepat. 

Bagaimana tertarik untuk menggunakan Biovarnish sanding sealer? Anda bisa membelinya di agen terdekat. Pastikan lantai kayu di rumah selalu aman terlindungi oleh sanding sealer dan poliuretane yang tepat. 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH