Tips Memilih Warna untuk Ruang Tamu Tampilan Baru

Mengapa Anda menemukan sebuah ruangan yang menarik dan menemukan ruangan lain tidak menarik bahkan membosankan? Lalu bagaimana dan alasan Anda tgertarik pada sebuah ruangan tersebut sedangkan yang lainnya tidak?

Jawabannya sangat mudah yaitu warna yang diberikan dalam sebuah ruangan dan apakah bentuk arsitektur dari ruangan tersebut sesuai dengan selera Anda. 60% dari orang yang betah dalam sebuah ruangan dilihat dari warna yang dipilih dari sebuah ruangan dan bagaimana perpaduan warna tersebut membuat sesorang menjadi betah.

Salah satu ruangan yang sangat penting bagi pemilik rumah adalah ruang tamu dimana akana da banyak orang yang berkunjung dan langsung disambut di dalam ruang tamu. Maka pemilihan warna di sini harus sangat diperhatikan.

Jika Anda sedang mencari cara untuk membuat ruang tamu memiliki tampilan yang baru maka usaha Anda tidak akan sia-sia jika Anda mengikuti beberapa tips yang akan dibahas dalam artikel ini.

Tips Memilih Warna Untuk Ruang Tamu Tampilan Baru

Hal penting dalam warna adalah masalah psikologi yang akan mempengaruhi kenyamanan sesorang tepatnya akan mengubah emosi sesorang. Namun efek dari warna juga dapat langsung maupun tidak langsung pada psikologi sesorang.

Warna bukan digunakan sebagai alat yang akan menghasilkan perasaan namun warna akan mempengaruhinya bukan menghasilkan.

Warna sangat penting bagi pribadi setiap orang sehingga akan digunakan di banyak tempat seerti di rumah maupun di tempat kerja.

Mulailah Mengubah Warna dari Bagian Kecil

Jika Anda tidak yakin di mana akan memulai mengubah warna pada ruang tamu maka Anda bisa mencibanya pada bagian kecil dalam ruangan. Misalnya saja bagian pintu masuk ruang tamu atau pintu yang menghubungkan ruang tamu dengan ruang dalam rumah.

Jika Anda akan mengecat sendiri maka Anda bisa memilih pintu atau kusen dimana Anda dapat mengerjakannya dengan cepat. Sehingga Anda dapat melihat hasilnya dengan cepat dan tidak perlu menunggu lama untuk menyewa pekerjaan seorang tukang.

Untuk memulainya Anda bisa memilih warna dari warna favorit Anda,  jika sudah selesai mulai dengan mengganti pada bagian aksesoris seperti lukisan, karpet, bantal kecil pada sofa. Jika ruang tamu Anda menggunakan satu nada warna, aksesoris tersebut bisa menjadi aksen dan vocal point yang sangat penting.

  • Sesuaikan dengan Mood Anda

Ketika akan memilih warna pertimbangkan dengan suasana hati Anda ketika berada dalam ruangan tersebut. Misalnya saja dalam ruang tamu Anda ingin bersantai dan tamu yang datang juga akan merasakan suasana yang santai.

Anda tidak ingin mendapatkan tekanan ketika berada di ruang tamu maka warna lembut dan warna dingin bahkan warna netral akan menciptakan suasana yang lebih tenang dan sausana hati yang nyaman. Karena jika Anda memilih warna yang lebh kuat maka akan mencipatkan suasan yang penuh dengan drama.

Jika Anda ingin menekankan ruang tamu menjadi ruangan yang lebih friendly namun tetap formal dan tenag maka kesan hangat bisa Anda dapatkan. Berikan warna kontras pada warna terang dinding. Anda akan mendapatkan suasana yang lebih sosial dengan warna biru gelap dan juga hijau dengan dinding warna netral akan memberikan keseimbangan suasana yang tenang.

Tips Memilih Warna Untuk Ruang Tamu Tampilan Baru

Jika Anda ingin memberikan ruang tamu dengan kesan yang aktif dan penuh energi maka Anda dapat memberikan warna hue yang tinggi. Warna cerah akan sangat membantu menambahkan sausana yang penuh energi pada ruang tamu Anda.

  • Perhatikan Pemilihan Lampu

Anda harus memilih pemilihan penggunaan jenis lampu, seberapa terang dan dimanakah Anda akan meletakannya dlam ruang tamu. Lampu akan memberikan bayangan dan Anda tidak ingin tamu di ruang tamu Anda terganggu dengan penempatan lampu dalam ruangan.

Lampu juga akan mempengaruhi warna cat pada ruangan maka jangan sampai Anda salah memilih warna lampu dan salah menempatkannya. Warna natural siang hari akan memberikan penampilan dari warna cat yang asli. Sedangkan warna incadescent dari lampu akan memberikan kesan hangat dan kekuningan. Warna flourscent aan memberikan kesan warna biru yang tajam.

Jadi warna yang keras atau kuat akan menjadi terlalu terang dan menguasai ruangan jika Anda menggunakan lampu incadescent dan dekat dengan jendela.

Namun lampu jenis tersebut akan lebih efektif jika Anda menggunakannya pada dinding yang memiliki aksen dan dipancarkan tidak secara langsung atau hanya dipantulkan saja.

  • Pelajari kondisi dari warna

Anda perlu mempelajari kondisi warna dan terminologi yang digunakan untuk mendeskripsikan warna.

  • Hue yang disebut dengan warna utama yaitu merah dan juga biru.
  • Nilai dari hue adalah untuk memperlihatkan tingkat kecerahan atau gelap.
  • Saturasi akan memberikan tampilan dominan dari hue. Semakin banyak menuju pada terang atau merah maka hue akan kurang dominan.
  • Intensitas dari warna. Warna yang asli seperti pmerah akan memberikan kesan intens dan dapat dikombinasikan dengan warna kuning-hijau dan semain kuat dari intens warna maka akan mejadi hue yang dominan.

Jika Anda ingin memiliki ruang tamu yang memiliki space aktif maka sebaikbya gunakan warna yang intens. Jika Anda ingin mendapatkan ruangan yang memiliki warna terang maka pilih warna dengan saturasi yang kurang seperti warna pastel.

  • Lakukan pengetesan pada Warna

Anda bisa mengetes warna dengan memberikan poster pada ruang tamu Anda. Jangan takur untuk berkesperimen karena pada saatnya Anda akan mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan. Anda bisa mempertimbangkan warna vivid dan natural yang dalam dengan cokelat atau warna hijau olive. Anda juga bisa menambahkan sedikit drama pada ruangan dengan warna yang lebih kuat pada langit-langit ruangan yang akan memberikan kesan sangat berbeda dalam ruangan.

  • Tambahkan finishing dekotarif

Anda bisa menambahkan dinding dengan warna yang dekoratif untuk menghilangkan kesan dinding yang terlalu datar dan lama. Anda bisa menambahkan campuran beberapa warna yang Anda sukai sehingga menambahkan kesan artistik juga.

Misalnya saja Anda akan menggunakan kesan dingin dari material metal dengan warna cooper, bronze dan juga antik soilver dan gold dalam satu dinding.

  • Bandingkan dengan Ruangan Lain

Anda tidak hanya akan memikirkan satu ruangan saja namun Anda juga harus membandingkannya dengan ruangan yang lainnya. Anda akan mempertimbangkan warna dari dinding dari ruangan lain. Bayangkan Anda dalam satu ruangan dengan warna yang berbeda dan harus dapat jawaban apakah Anda akan memberikan kesan kontras atau harmoni sehingga ketika Anda berjalan dalam ruangan lain Anda akan mendapatkan perasaan yang nyaman.

  • Gunakan warna monokrom

Anda bosan dengan satuw arna maka Anda bisa menggunakan warna monokrom. Gunakan warna monokrom pada aksesoris ruangan bahkan bisa pada furnitur. Misalnya saja Anda bisa mengguanan table lamp yang memiliki kaki dari warna monokrom.

Anda juga bisa memilih kaku kursi yang menggunakan warna monokrom maka akan memberikan ruang tamu yang lebih berwarna.

Artikel "Featured"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.