5 Bahan Finishing Mainan Kayu Warna Natural Alami yang Aman untuk Anak

Anak-anak tidak tahu apakah mainan yang mereka gunakan aman atau malah berbahaya. Oleh karena itu Anda sebagai orang tua atau produsen mainan kayu harus teliti dalam melakukan finishing untuk mainan anak. Sanagt disarankan untuk melakukan finishing mainan anak secara DIY agar Anda tahu bahan apa yang bisa atau seharusnya digunakan. 

Alasan utama mengapa cat untuk mainan kayu yang digunakan berbeda dengan cat standar lainnya adalah anak memiliki kebiasaan untuk menggigit atau malah memasukan mainan ke mulut. Kebiasaan inilah yang membuat bahan finishing untuk mainan sangat perlu diperhatikan. 

Ada banyak bahan finishing warna natural yang bisa Anda pilih demi mempertimbangkan kondisi seperti yang dijelaskan di atas. Apa saja bahan finishing yang bisa Anda gunakan mengecat agar lebih ramah terhadap anak? 

 5 Jenis Bahan Finishing Mainan Kayu Warna Natural 

Jika pergi ke toko bangunan dan Anda mencari cat untuk mainan kayu anak mungkin akan kesulitan menemukan kebutuhan Anda. Permasalahannya terjadi karena di Indonesia sendiri masih jarang produk cat komersial yang diproduksi demi memperhatikan kebutuhan untuk mainan anak. Jikapun ada, harganya pasti sangat mahal. 

Anda bisa mencari cat khusus yang aman dan memiliki kadar toxic rendah bahkan tidak sama sekali. Itu berarti Anda harus meluangkan banyak waktu untuk menemukannya. 

Supaya tidak bingung mencari bahan finishing mainan kayu untuk hasil warna natural, Anda bisa memilih dari kelima bahan berikut ini. 

Beeswax

Berbeda dengan cat untuk mainan plastik, mainan kayu memiliki opsi lebih banyak dalam hal finishing. Ada dua jenis yang bisa dipilih yaitu memberikan pewarna yang meresap atau membentuk lapisan coating. 

Bahan finishing yang mampu menyerap ke pori kayu adalah bahan poles. Anda bisa menggunakan Beeswax atau lilin lebah. Beeswax menggantikan peranan tung oil untuk mainan kayu. Penggunaannya juga aman untuk peralatan makanan. 

Bentuk dari Beeswax berupa pasta. Proses aplikasinya adalah dengan memoleskannya ke permukaan kayu. Hasil warnanya transparan dan akan memberikan aksen kilap pada kayu yang telah diaplikasi. Bahan alami ini sudah pasti aman untuk mainan anak usia berapa pun. 

Karena sifatnya yang menyerap ke pori kayu, Anda harus melakukan pengulangan saat pemolesan. Apalagi jika mainan sering digunakan, biasanya tingkat kilapnya akan berkurang. Anda bisa mengulangi proses memoles mainan kayu setiap satu bulan sekali. 

Pewarna Makanan

Ingin mendapatkan finishing pada mainan kayu berwarna-warna? Anda bisa menggunakan pewarna mainan anak yang biasa digunakan untuk makanan. Pewarna makanan adalah cara paling aman jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing transparan tetapi warnanya eye-catching

Namanya saja pewarna makanan, jadi sudah pasti aman jika dikonsumsi. Bukan suatu masalah jika Anda menggunakannya pada mainan anak selama warna-warnanya disukai. Bisa jadi serat kayu sedikit tertutupi jika Anda menggunakan bahan finishing ini. 

Namun, cara menggunakan pewarna makanan untuk finishing mainan anak sangat mudah. Pewarna makanan cukup dicampur dengan air. Tidak berbau dan menghasilkan warna menarik, Anda bisa mengaplikasikannya menggunakan kuas. 

Setelah dilapisi dengan pewarna, mainan hanya perlu didiamkan agar kering. Pastikan kayu kembali kering agar tidak muncul jamur di kemudian hari. Anda bisa juga menjemurnya agar kering benar. 

Organic Oil

Bahan ini bisa Anda buat sendiri di rumah dan biasanya tidak dijual di pasaran. Hasil warnanya sama seperti ketika Anda menggunakan Beeswax. Untuk membuatnya Anda membutuhkan bahan seperti jojoba oil dan juga Beeswax.  Anda juga bisa menambahkan bahan proteksi anti air. 

Cukup panaskan semua bahan ke dalam sebuah wadah dengan api kecil hingga mencampur. Jangan lupa mengaduknya agar tercampur merata. Setelah tercampur rata, Anda bisa memindahkannya ke dalam botol kaca dan siap untuk digunakan. 

Cara menggunakan organic oil ini adalah dengan memoleskannya ke permukaan mainan kayu. Sebelumya, mainan harus diampelas dan dibersihkan dari debu. Poles dua atau tiga kali hingga tampilannya mengkilap. Jangan lupa untuk menyimpan organic oil yang sudah dibuat di wadah tertutup. 

Wood Stain Water Based

Finishing mainan kayu lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah dari bahan wood stain atau liquid stain water based. Hasil yang akan didapatkan berupa tampilan natural transparan mirip dengan dye. Hanya saja stain tidak menggunakan pigmen,  jadi warna-warnanya terbatas warna kayu saja. 

Mengapa stain water based? Karena jenis stain ini aman untuk mainan anak. Stain tidak menimbulkan bau menyengat dan bahan pembuat serta pelarutnya berupa  air jadi aman digunakan pada mainan kayu.

Anda bisa menggunakan stain layaknya sedang mengecat material kayu lainnya. Cukup larutkan stain dengan air sesuai saran penggunaan yeng tertera di kemasannya. Setelah itu poles stain tipis ke permukaan mainan dan diamkan hingga kering. 

Anda bisa mengampelasnya dan mengulangi aplikasi stain atau bisa hanya satu kali aplikasi saja asalkan Anda sudah mendapatkan warna yang sesuai dan mainan siap digunakan. 

Clear Coat Water Based

Bahan kelima ini bisa digunakan sendiri atau di atas lapisan stain. Alasan menggunakan bahan water based ini adalah faktor keamanan karen rendah kandungan toxic. 

Anda bisa mendapatkan cat kayu mainan anak ini dengan lebih mudah di pasaran begitu pula dengan wood stain. Cara aplikasinya cukup dengan melarutkannya air kemudian dikuaskan ke permukaan mainan kayu. 

Selain menggunakan bahan finishing yang aman, ada juga cat yang perlu dihindari. Anda tak boleh menggunakan bahan cat seperti melamin, tung oil, cat solvent, oil based paint. Nah, ada tips khusus agar bisa mengidentifikasi cat dengan kandungan berbahaya seperti ini. Anda bisa memulainya dengan cara melihat seberapa besar kandungan volatile organic compound (voc) di dalam cat. 

Asalkan kandungan voc rendah dan bahan pelarutnya menggunakan air, maka Anda bisa menggunakannya. Setidaknya kandungan voc tidak lebih dari 50 gram per liternya untuk cat dikatakan aman atau tidak ada kandungan bahan berbahayanya sama sekali. 

Produk Stain dan Clear Coat Water Based untuk Mainan Kayu

Apabila Anda mencari bahan finishing mainan kayu berupa stain dan clear coat maka Biovarnish adalah pilihan produk yang tepat. Biovarnish adalah produk water based yang aman digunakan pada mainan kayu untuk anak. 

Tak hanya dari segi keamanan, hasil warna yang diberikan sudah pasti natural transparan. Mainan sendiri juga akan mendapatkan proteksi dari clear coat sehingga tidak mudah rusak dari goresan atau saat dibanting ketika dimainkan. 

Biovarnish sendiri memudahkan penggunanya untuk soal aplikasi. Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish hanya dengan kuas dan tentu saja bahan pelarutnya adalah air. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan Biovarnish bisa membeli langsung melalui link berikut ini.

  1. https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased (Bukalapak)
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustries (Tokopedia)
  3. https://shopee.co.id/biovarnish.official (Shopee)

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH