Cara Finishing Garden Furniture dengan Biovarnish Sanding Sealer

Apakah sanding sealer berpengaruh terhadap garden furniture dari kayu yang bertahan lama diletakkan di luar setiap harinya? Padahal panas, hujan dan perubahan cuaca adalah penyebab utama rusaknya kayu. Belum lagi jika garden furniture diletakkan di atas tanah maka rayap dan jamur akan cepat sekali merusak. 

Jika Anda pergi ke pengrajin maka ada banyak saran yang akan mereka berikan. Ada yang menyarankan untuk menggunakan sanding sealer kayu, ada juga yang menyarankan penggunaan pernis. Tapi jarang di antara mereka yang akan menyebutkan produk apa yang sebaiknya digunakan. 

Antara sanding sealer dan juga pernis manakah yang sebaiknya digunakan? Untuk itu akan lebih baik jika Anda memperhatikan dari segi kebutuhan garden furnitur. Jika tidak maka hasilnya tentu tidak maksimal. Selain melihat kebutuhan kayu, perhatikan juga produk apa yang nantinya digunakan. 

Baik pernis dan sealer kayu dijual dengan berbagai merk di pasaran. Di antara kumpulan produk tersebut manakah yang sebaiknya Anda gunakan? Jika Anda hendak mengecat dalam jumlah banyak ada baiknya untuk mencoba membandingkan hasilnya satu per satu. 

Lapisan Cat yang Dibutuhkan Garden Furniture

Garden furniture dari kayu bisa dikatakan tahan lama dari dua faktor, pertama adalah jenis kayu yang digunakan. Kedua adalah cat yang digunakan satu lagi tambahan adalah bagaimana Anda merawatnya. Bukan sembarang kayu yang bisa digunakan sebagai furnitur outdoor. 

Kayu yang digunakan haruslah memenuhi standar yang bagus seperti kayu memiliki ketahanan dan daya lentur tinggi. Pori kayu yang rapat akan menentukan tingkat keras kayu. Selain itu tingkat kelembaban kayu juga harus standar yaitu 12 hingga 15%. Kayu yang memiliki standar ini biasanya adalah kayu jati, kayu sonokeling dan merbau. 

Jenis kayu keras biasanya mahal harganya karena sebanding dengan kualitasnya. Memasuki faktor kedua, yaitu jenis cat yang digunakan. Cat pada garden furniture memiliki dua fungsi yaitu perlindungan dan memberikan penampilan. Perlindungan harus menjadi hal utama barulah tampilannya yang menarik. 

Pada garden furniture ada beberapa lapisan cat yang harus dipenuhi yaitu base coat dan top coat. Setidaknya dua produk ini harus dipenuhi. Jika Anda ingin memberikan warna natural maka itu adalah tambahan. Berikut ini ulasan dari base coat dan top coat. 

  • Base coat untuk kayu

Apa yang disebut base coat ini berdasarkan dengan fungsinya yaitu menutup pori kayu. Ada dua jenis base coat sesuai dengan hasil finishingnya yaitu sealer untuk kayu dan juga wood filler. Sanding sealer biasanya digunakan untuk finishing open pore dan wood filler untuk finishing close pore. 

Perbedaannya adalah close pore akan menutup pori secara penuh. Wood filler memiliki bentuk yang lebih padat bahkan bisa juga menutup cacat goresan pada kayu. Sedangkan sanding sealer membuat pori terbuka dan bentuknya lebih cair. Maka bisa dikatakan untuk garden furniture, perananan sanding sealer sangatlah penting. 

  • Top coat

Pernis termasuk dalam kategori top coat atau disebut juga clear coat. Lapisan ini berbentuk cair yang akan mengeras. Hasil finishingnya sangat transparan sehingga memperlihatkan tampilan kayu yang ada di bawahnya. Ketika top coat digunakan maka ada berbagai macam perlindungan yang didapatkan kayu. 

Pertama kayu akan terlindung dari panas, hujan dan juga perubahan cuacanya. Pernis biasanya juga mengandung bahan pengawet sehingga kayu bisa lebih tahan terhadap serangan jamur dan rayap. Pernis sendiri bisa digunakan untuk finishing close pore maupun open pore. 

Perananan Sanding Sealer Kayu untuk Furniture Outdoor

Apabila fungsi dari pernis adalah memberikan perlindungan lalu bagaimana dengan 

fungsi sealer kayu? Padahal peranan dari sanding sealer dikatakan sangatlah penting. Bagi furniture outdoor, sanding sealer memiliki peranan yang tidak jauh berbeda. Sanding sealer akan menutup pori kayu sehingga kelembaban tidak mudah menyerap. 

Fungsi lainnya adalah menjadi lapisan intermediate antara lapisan coating di bawahnya atau kayu dengan lapisan cat di atasnya yaitu pernis. Tanpa adanya sanding sealer, pernis atau top coat tidak akan meresap merata di atas permukaan kayu. Apalagi pada contoh kasus kayu lunak seperti pinus. 

Kayu yang terdiri dari ribuan pori kayu ini memiliki ukuran pori yang berbeda. Pori inilah yang akan menyerap lapisan cat pertama. Jika permukaan kayu tidak dilapisi sanding sealer, maka dijamin lapisan coating di atasnya yaitu pernis tidak akan pernah merata. Inilah alasan utama sanding sealer berperan sangat penting. 

Apabila Anda masih belum percaya, cobalah untuk membandingkan langsung. Anda bisa mencari sebuah sisa kayu dan melapisi pernis langsung di salah satu sisi, dan sisi lainya menggunakan sanding sealer baru pernis. Akan sangat terlihat jelas perbedaan keduanya. 

Cara Mengaplikasikan Sealer Kayu untuk pada Garden Furniture

Sudahkah Anda menemukan produk sealer body kayu terbaik di pasaran? Jika masih bingung cobalah untuk menggunakan Biovarnish sanding sealer. Produk ini juga dilengkapi dengan top coat yaitu Biovarnish clear coat. Jadi Anda tidak perlu mencari kembali produk mana yang sebaiknya digunakan. 

Bukan hanya terbaik, tetapi proses aplikasi sanding sealer ini sangatlah mudah. Tidak butuh waktu lama hingga akhirnya Anda bisa mengaplikasikannya. Alat yang digunakan adalah kuas dan bahan pelarutnya hanya air. Penasaran bagaimana cara mengaplikasikannya? Ikut langkah ini. 

  1. Mulai dengan mengamplas garden furniture. Gunakan amplas nomor 180 kemudian 220. Bersihkan semua debu amplas. 
  2. Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga larut benar kemudian kuaskan ke permukaan garden furniture. 
  3. Penguasan dilakukan searah serat kayu dan tipis saja agar cat bisa cepat mengering. Diamkan selama 60 menit tanpa dijemur. 
  4. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang. Gunakan kertas amplas nomor 400. Terakhir bersihkan debu amplasnya. 

Keempat langkah di atas adalah proses mengaplikasikan sanding sealer. Setelah sanding sealer Anda harus mengaplikasikan pernis. Cara pengaplikasikannya pun tidak jauh berbeda. Hanya saja untuk lapisan terakhir proses pengeringan adalah 24 jam atau semalaman. 

Perawatan Lanjutan Garden Furniture setelah Sanding Sealer

Garden furniture yang sudah dilapisi dengan sanding sealer dan pernis setidaknya akan aman untuk beberapa tahun ke depan. Ketika warna sudah mulai mudar, maka Anda harus mengaplikasikannya ulang. Caranya cukup mudah, cukup amplas dan aplikasikan pernis saja. 

Selama penggunaan, Anda juga harus ikut menjaga tampilan garden furniture. Pilih tempat yang sedikit teduh seperti di bawah kanopi untuk menjaga warna tidak mudah pudar. Selain itu gunakan bahan poles kayu. Fungsinya menjaga tampilan furniture tetap mengkilap dan tahan lama. 

Anda bisa menggunakan Biopolish Linseed Oil dalam perawatannya. Produk ini cukup mudah digunakan karena hanya menggunakan kain lap. Kamu cukup menggosok dengan Biopolish tipis-tipis saja. Perawatan perlu diulangi setidaknya setiap satu bulan sekali. 

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH