Cara Mudah Melapis Cat Etalase Kayu dengan Sanding Sealer Biovarnish

Etalase kayu yang tidak di finishing dengan tepat akan tampak biasa saja. Jika Anda tidak memperhatikan soal finishing, maka benda yang disusun di dalamnya bisa saja menjadi tidak menarik. Untuk mendapatkan hasil terbaik dari etalase kayu Anda perlu menggunakan Biovarnish sanding sealer. 

Biovarnish merupakan produk cat water based dan salah satunya adalah sanding sealer. Selain sanding sealer ada juga clear coat yang merupakan pernis, liquid stain sebagai plitur dan wood filler. Keempat produk ini cara aplikasinya adalah secara berurutan, yaitu wood filler, liquid stain, sanding sealer dan terakhir clear coat. 

Sanding sealer memiliki peranan yang penting disini. Ada dua fungsinya yang pertama adalah memperkuat lapisan coating di atasnya yaitu clear coat dan di bawahnya yakni liquid stain. Keberadaan lapisan sanding sealer akan memperkuat lapisan coating pada etalase kayu secara keseluruhan. 

Fungsinya yang kedua adalah sebagai cat dasar kayu, ketika Anda ingin mengecat open pore tanpa wood filler maka sanding sealer harus diaplikasikan pertama kali. Kemudian Anda bisa mengaplikasikan pernis. Cara ini bisa dilakukan jika ingin mendapatkan hasil warna transparan. 

Mengapa Etalase Membutuhkan Sanding Sealer Biovarnish?

Melihat kedua fungsi dari Biovarnish sanding sealer, bukan hanya itu saja alasan mengapa etalase membutuhkan lapisan ini. Bagi etalase yang akan terkena sinar uv sering atau kelembaban udara dalam ruangan maka sanding sealer akan menambah perlindungan selain pernis.

Biovarnish sanding sealer akan memberikan berbagai macam keuntungan pada etalase kayu yaitu sebagai berikut:

Tingkat keamanannya yang baik

Karena menggunakan bahan pelarut air, maka Biovarnish sanding sealer aman dan tidak menimbulkan bau menyengat. Pada saat proses pengeringan, uap bahan pelarut yang menyebar tak mengandung logam berat tinggi jadi tergolong sangat aman. Saat mengaplikasikannya Anda tak akan terganggu dengan bau menyengatnya. 

Sekali Aplikasi Hasilnya Halus Merata

Hanya sedikit produk cat yang memiliki kelebihan tingkat halus tinggi hanya dalam sekali aplikasi. Daya sebarnya yang luas membantu tingkat kehalusan yang bisa didapatkan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih halus lagi, gunakan wood filler untuk memperbaiki cacat pada permukaan etalase kayu terlebih dahulu. 

Proses Aplikasi yang Lebih Bervariasi

Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish sanding sealer menggunakan beberapa alat. Seperti kuas dengan bulu nilon atau kuas busa, alat semprot dan juga roller. Alat apapun yang digunakan akan menghasilkan permukaan etalase kayu tetap halus dan merata. Anda cukup memiliki alat yang familiar untuk digunakan dan mengaplikasikannya langsung. 

Mengunci Warna dari Liquid Stain

Pernis saja tidak cukup untuk membuat warna dari liquid stain bisa bertahan lama. Jika lapisan film dari pernis sudah rusak, maka akan langsung mengenai stain. Namun jika terdapat lapisan sanding sealer Biovarnish diantaranya maka perlindungan yang diberikan ada dua kali lipat. Sehingga warna dari liquid stain dapat bertahan lebih lama dan hasilnya lebih tajam. 

Perlindungan Dua Kali Lipat Lebih Tinggi

Sama seperti menjaga warna dari stain, dengan adanya sanding sealer maka perlindungan yang diberikan pada etalase kayu bisa lebih baik. Misalnya saja perlindungan terhadap jamur, rayap, kelembaban dan juga sinar uv. Biovarnish sanding sealer sendiri telah dilengkapi juga dengan bahan anti jamur dan rayap yang membuatnya lebih kuat melindungi. 

Langkah Mudah Melapisi Etalase dengan Biovarnish Sanding Sealer

Ada banyak alat yang bisa digunakan, namun cara mudahnya adalah dengan menggunakan kuas. Anda harus menyiapkan kuas dengan bulu nilon, hindari kuas bulu alami karena akan kaku jika digunakan untuk aplikasi sanding sealer water based. Belilah kuas dengan kualitas yang baik, harga kuas juga murah jadi Anda tidak akan kesulitan mendapatkannya. 

Setelah itu persiapkan terlebih dahulu etalase kayu. Caranya adalah berikan isolasi pada bagian kaca sehingga lapisan cat tidak melebar ke area kaca. Sehingga hasilnya lebih rapi. Kemudian aplikasikan Biovarnish wood filler hingga permukaan menjadi halus. 

Kedua lapisi dengan Biovarnish liquid stain sesuai dengan warna yang Anda sukai. Jika lapisan warna yang diinginkan sudah muncul, terakhir amplas permukaannya dengan kertas amplas nomor 400. Kemudian ikuti langkah aplikasi sanding sealer berikut ini. 

  1. Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air, gunakan perbandingan 2:1 aduk hingga merata. Jangan sampai ada bahan yang masih mengendap. 
  2. Kuaskan sanding sealer ke permukaan etalase kayu searah dengan serat kayu. Tunggu lapisan mengering selama 60 menit hingga benar-benar kering. 
  3. Amplas permukaan etalase kayu dengan amplas nomor 400 hingga menjadi lebih halus. Bersihkan debu amplasnya. 

Selesai aplikasi dari sanding sealer Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish clear coat gloss yang tahan terhadap goresan. Cara aplikasinya juga sama seperti sanding sealer, bedanya adalah proses pengeringan dilakukan selama semalaman. 

Teknik Menguas Sanding Sealer Biovarnish agar Halus

Hasil halus dari Biovarnish sanding sealer tidak terjadi begitu saja, Anda harus mengetahui teknik menguas yang tepat. Jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik, maka ikuti beberapa teknik berikut ini:

  1. Arahkan sapuan kuas dengan menarik dan buat sudut 45 derajat untuk menghasilkan permukaan yang lebih halus. 
  2. Jangan pernah menekan kuas sehingga tidak muncul bekas sapuan kuas. Jika muncul pun harus tipis dan bisa dihilangkan dengan amplas. 
  3. Kurangi kandungan cat yang meresap pada bulu kuas dengan cara mengetuk kuas pada wadah supaya cat berkurang. 
  4. Jangan mengocok larutan sanding sealer sehingga tidak muncul gelembung yang akan mempengaruhi hasil finishing. 

Tips Merawat Etalase Kayu yang Sudah Dilapisi Sanding Sealer

Etalase yang sudah selesai dilapisi dengan sanding sealer tidak terlepas dari perawatan. Bukan berarti setelah aplikasi Biovarnish clear coat selesai tugas Anda selesai. Perlu perawatan lebih lanjut yang tidak sulit dilakukan pada etalase secara berkala. Anda juga tidak perlu membersihkannya setiap hari, cukup satu minggu atau beberapa hari sekali saja. 

Berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti untuk perawatan etalase kayu yang benar. 

  1. Hindari untuk meletakkan benda panas seperti gelas berisi air panas secara langsung di atas etalase kayu. Gunakan tatakan untuk menghindari muncul bekas warna. 
  2. Jangan gunakan bahan pembersih kaca untuk membersihkan kayu etalase supaya cat tidak mengelupas. Bahan tersebut mengandung kimia yang dapat merusak lapisan coating. 
  3. Cukup bersihkan etalase dengan kain yang kering untuk menghilangkan debu yang menempel. Jika terdapat kotoran keras, Anda bisa menggunakan kain yang sudah dilembabkan untuk membersihkannya. 
  4. Manfaatkan bahan poles kayu seperti Biopolish Linseed Oil untuk mempertahankan kilap pada etalase. Bahan poles ini juga akan menambah proteksi pada kayu, caranya cukup poles dengan kain kering setiap satu bulan sekali. 
  5. Selalu bersihkan etalase dengan kain kering jika terdapat kotoran atau air yang baru saja menempel untuk menghindari noda yang susah dihilangkan nantinya.  

 

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.