Apa Lapisan Awal Setelah Aplikasi Cat Pelitur Kayu? Cari Tahu Di Sini

Plitur atau bahan pewarna kayu untuk hasil natural tidak hanya diaplikasikan satu lapis saja. Ada lapisan awal setelah aplikasi cat pelitur kayu yang harus diaplikasikan. Adanya lapisan ini akan membuat coating pada kayu menjadi lebih kuat. Ditambah lagi supaya lapisan clear coat sebagai lapisan terakhir menjadi lebih kuat. 

Lapisan ini disebut dengan lapisan intermediate dan produk coating yang digunakan adalah sanding sealer. Para DIY di rumah pasti pernah mendengarkan istilah sanding sealer di antara pengrajin kayu. Apalagi jika hasil yang diinginkan berwarna natural transparan yang halus dan juga rapi. 

Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan jika Anda menerapkan sanding sealer setelah lapisan cat pelitur. Tetapi Anda juga tetap harus memperhatikan bagaimana cara aplikasinya setelah cat pelitur kayu dengan benar. Simak semua penjelasannya di sini. 

Sanding Sealer sebagai Lapisan Setelah Cat Pelitur Kayu

Coating yang dibutuhkan berasal dari sanding sealer. Tapi tahukah Anda apa itu sanding sealer? Bahan finishing ini merupakan coating dasar yang memiliki kandungan zinc. Sehingga hasilnya akan lebih halus dan mudah untuk di amplas serta mengisi pori kayu lebih cepat dibandingkan wood filler. Dulunya sanding sealer adalah bagian dari produk lacquer namun kini tidak lagi. 

Karakteristik dari sanding sealer adalah mudah di amplas sehingga akan menghemat waktu bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil finishing rata dan halus. Apalagi pada jenis-jenis kayu yang memiliki pori besar seperti cedar, jati, poplar. Jenis kayu tersebut berpori besar sehingga menyerap lapisan coating lebih banyak. 

Jika dilihat penjelasan di atas, maka sanding sealer diaplikasikan pertama kali untuk menutup pori. Tapi pada perkembangannya, sanding sealer juga dapat difungsikan sebagai lapisan intermediate setelah aplikasi politur baru clear coat. Sebagai lapisan di tengah, justru akan memudahkan clear coat menempel dan memperkuat warna dari plitur. 

Memanfaatkan fungsi dari sanding sealer inilah yang membuat banyak pengrajin kayu lebih cepat bekerja. Selain itu juga hasilnya sudah dapat dipastikan lebih rata dan halus sehingga meningkatkan daya jual dari sebuah furniture kayu. 

Keuntungan Aplikasi Sanding Sealer setelah Plitur Kayu

Tak ada produk yang tidak memiliki alasan untuk digunakan selain keuntungannya termasuk sanding sealer. Sebelum mengaplikasikan clear coat dan sesudah aplikasi plitur, ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan. Seperti yang sedikit dijelaskan dalam pengertian yaitu mampu mempercepat aplikasi serta menghaluskan. 

Ada beberapa keuntungan yang perlu Anda ketahui terkait dengan penggunaan bahan finishing sanding sealer. 

  • Finishing yang lebih cepat

Hasil dari lapisan sanding sealer yang mengering akan mempercepatnya untuk di amplas. Selain itu jika Anda memilih produk yang tepat maka proses pengeringan juga lebih cepat. Dengan begitu keuntungan di mana Anda bisa menyelesaikan finishing tepat waktu atau bahkan lebih cepat bisa didapatkan. 

  • Lebih hemat biaya

Bayangkan saja jika Anda langsung mengaplikasikan clear coat setelah stain pada jenis kayu yang berpori besar. Ada berapa banyak clear coat yang harus dipersiapkan? Padahal hanya dengan menggunakan sanding sealer Anda akan lebih hemat penggunaan pernis. Sehingga finishing yang lebih hemat pun bisa dicapai. 

  • Membangun lapisan film yang kuat

Soal perlindungan sanding sealer juga memberikan keuntungan. Karena lapisan coating lebih tebal bukan berarti cat mudah mengelupas. Justru karena adanya sanding sealer membuat lapisan film bertambah dan menjadi lebih kuat. Anda wajib menggunakan sanding sealer pada furniture outdoor yang membutuhkan perlindungan lebih. 

  • Memiliki adhesi yang sangat kuat

Tak ingin minyak kayu naik? Apalagi jika Anda menggunakan kayu jati belanda atau pinus yang rentan terhadap minyak kayu. Karena sanding sealer memiliki adhesi yang sangat kuat, maka tak perlu khawatir lagi soal tanin atau minyak kayu yang naik. Karena sekali minyak kayu muncul maka tak dapat ditutup dengan lapisan coating natural apapun selain cat solid. 

Lima Cara Ideal dalam Mengaplikasikan Sanding Sealer 

Sanding sealer bisa diaplikasikan pada berbagai jenis kayu baik itu yang berpori besar atau kecil. Keadaan apapun yang dimiliki substrat kayu bukan masalah asalkan Anda telah mempersiapkannya dengan benar. Setidaknya ada empat jenis permukaan kayu yang membutuhkan lapisan sanding sealer. 

Pertama adalah substrat kayu yang telah dilapisi plitur atau stain. Kedua adalah kayu yang pernah dicat sebelumnya tetapi sudah dihilangkan lapisan catnya. Ketiga adalah kayu yang belum pernah dilapisi coating sama sekali. Keempat adalah permukaan kayu yang sudah pernah dipernis.

Supaya hasilnya maksimal, ada beberapa cara ideal untuk mengaplikasikan sanding sealer. Bukan hanya sekedar mempersiapkan substrat kayu saja, tetapi ada cara lain yang juga perlu diperhatikan. 

  • Aplikasi tidak lebih dari 2 lapisan

Anda pasti pernah mendengar bahwa semakin banyak lapisan coating, perlindungan akan lebih baik. Hal itu tidak terjadi pada semua lapisan coating, khususnya sanding sealer. Sangat disarankan untuk hanya mengaplikasikan maksimal 2 lapisan coating sanding sealer saja. 

Apabila lapisan pertama belum merata, Anda bisa mengaplikasikan untuk kedua kalinya. Syaratnya adalah lapisan pertama harus benar-benar tipis dan belum merata.Terlalu tebal dalam mengaplikasikan sanding sealer justru akan membuat coating mudah mengelupas dan rusak. 

  • Pengeringan maksimal satu hingga dua jam

Cara ideal yang kedua adalah perhatikan waktu keringnya. Anda tentunya ingin lebih cepat menyelesaikan finishing, tetapi apakah sanding sealer yang dipilih sudah cepat kering? Pilihlah produk yang waktu keringnya 60 menit dan maksimal satu jam. Waktu tersebut sangat ideal dan bisa dibilang sangatlah cepat. Apalagi jika pengeringannya tidak membutuhkan panas matahari. 

  • Jangan mencampur produk solvent dengan water based

Pastikan Anda hanya menggunakan satu produk dengan bahan pelarut yang sama. Misalkan menggunakan plitur water based maka sanding sealer dan clear coat yang digunakan harus berpelarut sama. Resiko lapisan adhesi berkurang sangatlah tinggi, sehingga akan lebih baik jika Anda menentukan produk yang sama sejak awal. 

  • Ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan

Pastikan sebelum Anda menggunakan sanding sealer, selalu biasakan untuk membaca tata cara penggunaan pada kemasan. Langkah ini penting dilakukan supaya Anda mengetahui berapa jumlah bahan pelarut yang dibutuhkan, alat apa yang sebaiknya digunakan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan lapisan yang sempurna. 

  • Pilih alat yang familiar

Anda ingin hasilnya lebih sempurna lagi? Sebaiknya pilih alat yang digunakan untuk aplikasi di mana Anda terbiasa menggunakannya. Karena teknik pengoperasian alat yang sudah familiar akan mempermudah Anda mengaplikasikannya. Hasilnya pasti akan sesuai dengan ekspektasi. Teknik aplikasi tentu akan mempengaruhi hasil, jadi sebaiknya pelajari dahulu alat apa yang hendak digunakan. 

Di antara semua cara aplikasi sanding sealer yang ideal di atas tidak lupa dengan pemilihan produk sanding sealer. Produk yang sangat direkomendasikan karena aplikasinya mudah tidak lain adalah Biovarnish sanding sealer. Sebagai produk water based, Anda akan mendapatkan hasil yang halus, rata, warna transparan hingga proses yang cepat. 

Artikel "Teknik Aplikasi"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.