5 Jenis Kayu untuk Mainan Anak dan Finishing yang Tepat

Apa sih mainan yang bagus untuk anak? Para orang tua pasti memiliki pertanyaan ini ketika anak memasuki usia 1 tahun. Jangan hanya memilih mainan berdasarkan harga dan modelnya saja, tetapi perhatikanlah material yang digunakan. Selain plastik ada banyak jenis kayu untuk mainan anak yang lebih aman untuk digunakan. 

Mainan anak dari kayu akan lebih aman dari segala sisi. Anda mungkin akan disuguhkan dengan berbagai macam mainan dari bentuk, warna hingga harganya. Pastikanlah untuk memilih mainan kayu edukasi yang sudah memiliki standar SNI. Karena mainan tersebut sudah memiliki standar yang baik untuk digunakan oleh anak-anak. 

Ada banyak jenis kayu yang digunakan, ada pula jenis cat yang cocok diaplikasikan. Mengapa Anda harus memilih kayu untuk mainan anak dan apa saja jenis kayu yang cocok? Apakah jenis cat yang sebaiknya digunakan? Cari tahu di sini sebelum Anda membelinya. 

Mengenal 5 Jenis Kayu untuk Mainan Anak

Kayu adalah material yang sangat fleksibel, dari dahulu digunakan untuk pembuatan rumah dan kini banyak sekali yang memanfaatkannya untuk kerajinan hingga mainan anak. Khusus mainan anak, ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan. 

Pertama adalah kayu yang digunakan sebaiknya memiliki massa yang ringan sehingga tidak berat ketika dimainkan oleh anak-anak. Kedua kayu tetap harus dikeringkan hingga memiliki standar kelembaban yang standar seperti 15% atau 12 %. 

Tujuan mengapa MC kayu harus standar supaya mainan lebih awet dan tidak mudah berjamur. Rusaknya mainan anak atau timbul jamur pastinya akan mempengaruhi kesehatan anak yang memainkannya. Dilihat dari kedua syarat tersebut, berikut ini lima bahan kayu untuk mainan anak yang cocok untuk digunakan. 

1. Kayu Balsa

Jenis kayu pertama ini adalah yang paling sering digunakan oleh produsen mainan kayu anak. Kayu balsa adalah jenis kayu lunak mirip dengan busa sehingga mudah untuk dibentuk. Warna kayunya cenderung putih sehingga mudah untuk difinishing apapun, baik itu warna transparan atau solid. 

Kayu balsa adalah jenis kayu yang cukup favorit di luar negeri dan sering digunakan untuk pembuatan furniture. Tapi di Indonesia, sisa-sisa kayu balsa dari industri biasanya dimanfaatkan untuk mainan atau produk kerajinan. 

2. Kayu Pinus

Jenis yang kedua ini sama seperti balsa, termasuk kayu lunak yang biasanya digunakan juga sebagai palet kayu. Pinus adalah jenis kayu yang berwarna putih dengan bentuk serat yang lebih kentara. Karena lunak maka sangat cocok digunakan untuk mainan anak yang perlu dipotong menjadi ukuran kecil. 

Keunggulannya terdapat pada warna kayu yang putih kekuningan. Kebanyakan diolah menjadi furniture atau kerajinan. 

3. MDF

Medium density board atau MDF adalah jenis kayu yang ketiga. Walaupun bukan termasuk kayu keras, MDF cukup banyak digunakan sebagai mainan anak. MDF adalah kayu buatan yang dibuat dari serbuk kayu halus kemudian dipress menggunakan tekanan serta suhu tinggi. 

Mainan yang terbuat dari MDF biasanya tidak tahan terhadap air, jadi perlu perawatan khusus. Oleh karena itu kayu ini lebih sering digunakan untuk mainan anak-anak yang sudah sekolah karena mereka lebih paham akan perawatannya. 

4. Kayu Sungkai

Penggunaan kayu ini untuk mainan anak biasanya berasal dari limbah pabrik furniture ekspor. Kayu ini termasuk jenis kayu lunak yang mudah untuk dikerjakan dengan harga lebih terjangkau. 

Selain untuk mainan, kayu ini sering digunakan untuk pembuatan kayu lapis. Sekilas tampilannya sangat mirip dengan kayu jati. 

5. Kayu Ramin

Kayu yang asli berasal dari hutan Kalimantan di Indonesia ini juga disebut dengan pohon aloevera. Warnanya kekuningan walaupun bentuk seratnya mirip dengan sungkai dan pinus. Kayu ramin adalah jenis kayu lunak yang sering juga digunakan dalam pembuatan jendela dan pintu. 

Kemudahannya untuk dibentuk serta warnanya yang cenderung putih kekuningan justru membuat kayu ramin banyak disukai. Apalagi dengan tingkat kekerasannya yang mudah untuk pembentukan. 

Mengapa Memilih Kayu untuk Mainan Anak? 

Material kayu sangat disarankan untuk digunakan sebagai bahan mainan anak karena ada begitu banyak keuntungan yang didapatkan. Jika dibandingkan dengan material plastik sebagai mainan tentu lebih aman. 

Kayu adalah material yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Jika dilihat dari segi keamanannya dibandingkan dengan plastik, kayu mudah untuk didaur ulang. Alasan keramahan terhadap lingkungan pun menjadikan kayu pilihan yang utama. 

Selain itu kayu lebih cocok digunakan untuk membentuk mainan besar seperti mainan balok kayu untuk anak. Berbeda dengan mainan dari plastik untuk remaja seperti perakitan miniatur yang membutuhkan banyak part kecil. 

Alasan lain mengapa mainan kayu menjadi pilihan adalah dari segi harga. Kayu lebih murah dibandingkan mainan plastik. Ditambah lagi, kayu juga awet, tidak mudah peyok walaupun dimainkan dengan sering. Paling-paling hanya lapisan catnya saja yang lecet. 

Inilah mengapa lebih banyak mainan kayu untuk anak 1 tahun yang dijual. Saat ini juga sudah banyak orang tua yang beralih untuk menggunakan mainan kayu untuk pembelajaran anak mereka. Ditambah lagi mainan anak dari kayu aman dan ramah lingkungan. 

Mainan Anak dari Kayu Sebaiknya Difinishing Apa? 

Jenis Kayu Untuk Mainan Anak

Bukan hanya material dari kayu yang aman, tetapi Anda juga perlu memperhatikan bahan finishing apa yang digunakan. Para pengrajin mainan kayu yang benar pasti akan memilih cat kayu untuk mainan anak  yang terbuat dari air. Mengapa? 

Alasannya adalah soal keamanan, karena cat terbuat dari bahan kimia yang kandungan logam beratnya tinggi. Apa itu logam berat? Yaitu kumpulan zat-zat organik yang tidak dibutuhkan oleh tubuh manusia. 

Contoh yang termasuk logam berat adalah formalin, timbal, merkuri, toluene, dan masih banyak lagi. Salah satu ciri yang dimiliki cat dengan kandungan logam berat tinggi adalah berpelarut thinner dan mengeluarkan bau yang menusuk hidung. 

Sangat berbahaya membiarkan anak untuk bermain dengan mainan yang memiliki lapisan coating mengandung logam berat. Tidak baik untuk kesehatan mereka, apalagi jika anak masih suka memasukan mainan ke dalam mulut, sungguh berbahaya. 

Apakah produk cat yang sebaiknya digunakan? Jika Anda mencari bahan finishing berpelarut air yang tepat untuk mainan anak, gunakan Bioduco chalk paint. Cat water based yang merupakan primer coat dengan warna chalk paint ini sangat menarik perhatian. 

Ada beberapa kelebihannya ketika digunakan sebagai lapisan coating mainan anak. Pertama, hanya membutuhkan chalk paint saja untuk keseluruhan finishing. Kedua banyak sekali pilihan warna terang yang cocok untuk mainan. Ketiga, proses aplikasi mudah yaitu hanya dengan kuas dan pelarut air. 

Keempat, Bioduco chalk paint adalah cat yang cepat kering sehingga sangat menguntungkan para produsen mainan kayu. Kelima, chalk paint ini bisa digunakan untuk melapisi segala jenis kayu dengan daya tutup maksimal. Sehingga hasil warna lebih tajam dan cerah. 

Kini Anda tidak perlu lagi untuk memikirkan soal jenis kayu untuk mainan anak yang sebaiknya digunakan. Dengan memilih salah satu dari kelima jenis di atas, Anda bisa memproduksi mainan kayu untuk anak. Ditambah lagi bahan finishing yang digunakan juga sangat aman. 

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.