Cara Menghaluskan Tekstur Lantai Kayu Menggunakan Sanding Sealer

Siapa yang tak ingin memiliki lantai kayu dengan tekstur halus? Banyak orang memilih menggunakan lantai kayu karena banyak kelebihannya. Lantai kayu memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi, tampilannya menarik bisa dijadikan dekorasi dalam ruangan dan perawatannya lebih mudah. 

Ketika lantai kayu mengalami kerusakan, Anda bisa langsung memperbaikinya. Baik itu dengan wood filler, dempul, pernis, atau mengganti bagian yang rusak dengan palet kayu yang baru. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan lantai kayu, maka perhatikan cara finishingnya pertama kali. 

Lapisan coating pertama pada lantai kayu akan menentukan seberapa lama lantai mampu bertahan. Coating juga akan menciptakan tekstur halus pada permukaan. Sehingga ketika lantai digunakan tidak akan mencederai kaki. Kunci utamanya menghaluskan adalah mengandalkan sanding sealer. 

Fungsi sanding sealer pada lantai kayu adalah menyegel pori setelah dilapisi dengan filler dan juga stain. Sehingga ketiga bagian atas sanding sealer ditumpuk dengan clear coat seperti polyurethane hasilnya lebih merata. Inilah rahasia lantai kayu dengan tekstur halus. 

Produk Sanding Sealer yang Baik untuk Lantai Kayu

Anda juga tidak boleh sembarangan memilih produk sanding sealer. Tak semua produk memiliki kualitas sama dalam menyegel pori kayu. Ada yang setelah diaplikasikan justru tidak menyatu. Ada beberapa alasan mengapa sanding sealer tak akan melekat namun sebagian besar penyebabnya adalah formulasi yang buruk. 

Sanding sealer yang berkualitas juga akan menentukan apakah lapisan coating terakhir nanti mampu bertahan lama. Jadi penggunaan sanding sealer sangat vital dalam finishing lantai kayu pertama kali. Oleh karena itu sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan Biovarnish sanding sealer.

Produk ini merupakan bahan finishing water based yang menggunakan pelarut air. Ketika diaplikasikan dan masuk ke tahapan pengeringan Anda tak perlu menunggu lama. Hanya dalam hitungan jam, sanding sealer akan mengering. Disamping itu cat ini tak menimbulkan aroma menyengat seperti yang dialami jika menggunakan sanding sealer solvent. 

Adapun kelebihan yang akan Anda dapatkan langsung selain tidak berbau menyengat dan pengeringan yang lebih cepat, adalah sebagai berikut. 

  • Memberikan perlindungan dari kelembaban dan jamur

Sanding sealer Biovarnish dirancang dengan menambahkan bahan pengawet seperti anti jamur dan juga rayap. Sehingga ketika kelembaban muncul maka permukaan lantai tidak mudah untuk ditumbuhi jamur dan diserang oleh rayap. Membuat lantai kayu bisa bertahan lebih lama walaupun sudah menggunakan kualitas kayu terbaik. 

  • Memiliki fleksibilitas tinggi sehingga cat tak akan retak atau mengelupas

Jika tingkat kekerasan dari coating buruk maka bisa jadi sanding sealer yang digunakan tidak lentur. Lapisan coating memang harus keras tetapi juga fleksibel sehingga mampu mengikuti perubahan bentuk lantai kayu yang terjadi. Perubahan bentuk memang tak dapat dihindari karena perubahan suhu udara adalah pengaruhnya. Biovarnish sanding sealer memiliki fleksibilitas yang tinggi sehingga membuat lapisan coating lebih kuat. 

  • Aplikasi yang mudah mengikuti jenis alatnya

Anda bisa menggunakan Biovarnish sanding sealer dengan berbagai macam jenis alat. Hasilnya akan tetap memuaskan asalkan Anda mengetahui teknik dari masing-masing penggunaan alat. Khusus untuk lantai kayu, jenis alat yang direkomendasikan adalah roller atau kuas. Pilih kuas dan roller yang memiliki lapisan bahan nilon karena akan menyebarkan cat dengan lebih merata.

  • Memiliki daya sebar luas dan tutup maksimal

Jika Anda ingin menggunakan cat yang hemat maka Biovarnish adalah jawabannya. Produk ini bisa diaplikasikan dengan lebih mudah yaitu menggunakan pelarut air yang hemat. Ditambah lagi dengan daya sebarnya yang cukup luas Anda bisa menghemat setiap bahan yang digunakan. Tak perlu lagi membeli thinner yang cepat menguap membuat finishing menjadi lebih boros. 

Syarat Menggunakan Sanding Sealer pada Lantai Kayu

Ada banyak keuntungan, juga ada syarat yang harus dipenuhi sebelum Anda mengaplikasikan Biovarnish sanding sealer. Tujuannya adalah supaya hasil finishing lebih maksimal tertutup rapi dan mudah untuk diaplikasikan pernis atau polyurethane. 

Apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh lantai supaya siap diaplikasikan Biovarnish sanding sealer? Berikut ini persyaratannya :

  • Menggunakan stain dan pernis berbasis air

Anda bisa mengaplikasikan sanding sealer diatas stain yang juga berbasis air. Jika menggunakan stain dengan pelarut solvent maka sanding sealer tidak akan menempel. Ingat bahwa solvent adalah minyak yang tidak mungkin menyatu dengan air pada sanding sealer. Untuk lapisan stain Anda bisa menggunakan Biovarnish liquid stain. 

Sedangkan untuk pernis juga sama, Anda harus memilih yang berbasis air. Contohnya saja Biovarnish clear coat gloss untuk hasil yang mengkilap dan transparan pada lantai dalam ruangan. Untuk ruangan yang sering digunakan atau outdoor, Anda bisa menggunakan Biothane. 

  • Permukaan lantai kayu sudah kering dan di amplas halus

Selesai mengaplikasikan liquid stain bukan berarti sanding sealer bisa langsung diaplikasikan. Anda harus memastikan bahwa lantai lebih halus dengan mengamplas permukaan. Anda bisa menggunakan amplas aluminium oxide nomor 400 untuk mengamplas ambang permukaan stain. 

Debu bekas amplas juga harus dihilangkan, akan lebih baik jika Anda menggunakan mesin vakum untuk membersihkan semua debu amplas. Pastikan juga warna stain sudah lebih tajam karena setelah aplikasi sanding sealer Anda tidak bisa mengulangi aplikasi stain. 

  • Buatlah larutan yang tepat supaya sanding sealer mudah diaplikasikan

Syarat ketiga adalah larutan sanding sealer harus memiliki tingkat kekentalan atau viskositas yang tepat. Cara paling mudah adalah mengukurnya dengan alat NK2 seperti yang biasa digunakan untuk pabrik finishing. Alat ini tak mahal harganya dan Anda bisa mengukur viskositas yang tepat yaitu 11-12 detik. 

Apabila Anda tidak memiliki alat ini, cobalah untuk membuat percobaan. Caranya melarutkan 2 bahan : 1 air di wadah terpisah. Kemudian aduk dan kuas ke sedikit bagian lantai. Jika langsung meresap, tidak menimbulkan gelembung atau menciptakan brush mark maka larutan sudah tepat. 

  • Bekerjalah di ruangan yang tertutup dan cukup aplikasikan satu kali

Sanding sealer Biovarnish hanya perlu diaplikasikan satu kali saja. Berbeda dengan stain yang perlu diaplikasikan berulang kali hingga warna yang diinginkan muncul. Pada Biovarnish sanding sealer Anda harus mengaplikasikan sekali namun langsung merata. 

Selain itu tutup juga ruangan supaya tidak ada debu yang masuk dan menempel pada cat yang masih basah. Ruangan juga harus terang, karena sanding sealer berwarna transparan maka dengan pencahayaan yang terang Anda bisa tahu bagian mana saja yang belum merata.

Langkah Mudah Aplikasi Biovarnish Sanding Sealer

Karena bekerja untuk mengecat lantai sebenarnya langkah-langkahnya justru lebih mudah. Cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Larutkan Biovarnish sanding sealer hingga viskositasnya tepat. 
  2. Kuas larutan sanding sealer ke permukaan lantai harus searah dengan serat kayu. Hal yang sama juga dilakukan jika Anda menggunakan roller. 
  3. Tunggu lapisan mengering selama 60 menit dan cek apakah sudah mengering. 
  4. Terakhir amplas ambang permukaannya, gunakan amplas 400 yang baru dan amplas ringan saja. 

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.