Apakah Cat Primer itu? Kenali dan Pelajari Cara Menggunakanya

Lapisan primer direkomendasikan untuk semua proyek pengecatan. Mulai dari pengecatan dinding , kayu, hingga logam dan batu bata. Penting untuk melapisi permukaan tersebut sebelum Anda menggunakan lapisan cat yang lainnya.

Primer pada dasarnya adalah cat datar yang lengket dirancang untuk bisa melekat dengan baik. Fungsinya adalah memberikan dasar yang konsisten sehingga lapisan cat di atasnya dapat melekat dengan mudah.

Jika Anda langsung mengecat permukaan tanpa melepisinya terlebih dahulu maka cat bisa saja tidak menempel dengan baik. Cat tidak melekat sebaik ketika Anda menggunakan lapisan primer terlebih dahulu. Perhatikan formulasi dari cat primer karena banyak bahan berbeda yang tersedia.

Menerapkan primer pada permukaan baru artinya menyegel bahan asli sehingga cat tidak meresap ke dalamnya. Primer juga memiliki fungsi lain seperti menyembunyikan cacat warna pada permukaan kayu. Sehingga mencegah adanya bleeding pada minyak kayu dan noda alami lainnya.

Primer memiliki sifat pemblokiran noda yang menyekat di antara serat kayu lainnya sehingga warna akhir tidak terlihat belang. Warna dari primer kayu biasanya adalah putih untuk menghasilkan warna cat di atasnya lebih tajam.

Warna putih adalah warna netral untuk memastikan bahwa warna cat di atasnya berada pada pigmen terbaik. Tidak perlu memberikan warna pada cat primer karena biasanya pabirakan menciptakan warna grey untuk hasil finishing yang lebih gelap.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa cat primer terdiri dari berbagai jenis bahan. Berikut ini dua jenis cat primer yang biasanya beredar di pasaran.

  • Primer berbasis minyak

Cat primer berbasis minyak sering direkomendasikan untuk permukaan yang cenderung sering disentuh. Misalnya saja seperti pintu, jendela dan juga pintu lemari. Primer berbasis minyakini membutuhkan thinner untuk bahan pelarut yang juga digunakan sebagai pembersih.

Apakah Cat Primer Itu? Kenali Dan Pelajari Cara Menggunakanya

Primer jenis ini paling baik untuk menyegel permukaan kayu yang mudah bermasalah seperti kayu cedar. Berbagai noda yang tidak bisa dihilangkan dan berwarna sangat gelap dapat dihilangkan menggunakan primer ini.

  • Primer berbasis air

Cat primer yang berbasis air ini disebut juga sebagai cat lateks. Sangat baik digunakan untuk permukaan kayu yang dipenuhi dengan pasta. Hasil akhirnya sangat fleksibel karena dapat menyesuaikan permukaan kayu yang sering berubah bentuk karena perubahan cuaca.

Sebelum melapisi kayu dengan primer berbasis air penting untuk menaikan serat kayu dengan dempul. Ujilah area yang tidak mencolok untuk mengecek bahwa cat tidak berakibat menaikan minyak kayu khususnya pada jenis kayu berpori besar seperti pinus.

Secara umum, primer berbasis air ini memiliki kualitas lebih baik. Harganya terkesan mahal namun ingatlah menggunakan primer ini artinya Anda tidak perlu membeli bahan pelarut thinner. Jenis primer terbaik berbasis air biasanya terbuat dari 100% akrilik.

Apakah Terdapat Cat Primer yang Memiliki Warna?

Seringkali orang bertanya apakah ada cat primer yang memiliki warna? Jadi Anda tidak perlu repot untuk memberikan dua lapisan cat yaitu primer dan cat warna. Cukup dengan cat primer yang memiliki warna sesuai kebutuhan proses finishing akan lebih praktis.

Inilah yang banyak dicari dan ditunggu, dan akhirnya telah muncul di Indonesia. Produk ini adalah cat kayu berbasis air yaitu Bioduco chalk paint. Jika dibandingkan dengan jenis cat solid dan primer lainnya, cat ini adalah kesatuan dari kedua produk tersebut.

Bioduco chalk paint yang merupakan primer dengan warna ini lebih mudah digunakan. Anda tidak perlu lagi mengaplikasikan cat warna solid. Sehingga waktu aplikasi lebih cepat dan tidak membutuhkan terlalu banyak lapisan.

Proses finishing yang cepat paling banyak dicari, dan dengan adanya Bioduco chalk paint ini maka masalah tentang finishing yang cepat akan teratasi. Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan Bioduco chalk paint ini. Berikut berbagai keuntungannya.

  • Cat yang aman

Menggunakan cat primer berbasis water based seperti Bioduco akan memberikan keamanan baik dari segi lingkungan dan juga penggunanya. Anda tidak akan terkena dampak toxic yang terkandung dalam cat sehingga terhindar dari resiko kanker di masa depan.

Lingkungan Anda khususnya di dalam rumah juga tidak akan tercemar dengan udara kotor akibat bahan toxic yang menguap. Masalah udara yang beracun ini akan mempengaruhi semua orang yang menghirupnya.

  • Menutup warna kayu sempurna

Daya tutup dari cat Bioduco chalk paint ini akan sempurna sehingga menutup seluruh warna hingga serat kayu yang seringkali masih terlihat walaupun Anda telah menggunakan banyak lapisan. Satu kali lapisan saja akan menutup semua warna kayu tentu dengan larutan yang tepat.

  • Proses aplikasi yang lebih mudah
Ingin Membuat Furniture Tampak ‘Worn Out’? Ikuti Teknik Berikut Ini

Biasnya cat primer hanya akan diaplikasikan dengan alat semprot untuk menutup hasil yang halus. Hal tersebut memang benar, namun selain alat semprot chalk paint dari Bioduco ini juga dapat diaplikasikan dengan kuas.

Cat yang diaplikasikan dengan kuas akan memberikan hasil terbaik dengan efek tertentu seperti antik. Anda juga bisa menggunakannya untuk finishing furniture lama.

  • Cat yang cepat kering

Kecepatan kering dari produk ini lebih tinggi dibandingkan dengan produk primer di kelasnya. Cat akan mengering tanpa Anda harus jemur bahkan jika Anda menjemurnya justru akan menimbulkan efek yang buruk.

Proses pengeringan hanya perlu waktu selama satu jam saja dan itu dilakukan di dalam ruangan. Pastikan ruangan harus kering dan bersih dan terdapat sirkulasi udara yang baik. Sehingga cat akan bisa mengering sempurna.

Proses Aplikasi yang Mudah dengan Bioduco Chalk Paint

Menggunakan chalk paint artinya Anda akan mendapatkan hasil finishing lebih mudah. Sama seperti ketika Anda mengaplikasikan cat pernis, semudah itulah caranya. Proses aplikasi dimulai dengan persiapan permukaan kayu. Anda bisa memulai dengan melakukan proses pengamplasan.

Apakah Cat Primer Itu? Kenali Dan Pelajari Cara Menggunakanya

Pengamplasan penting walaupun Anda akan mendapatkan finishing antik. Amplas semua permukaan kayu dari bulu yang mengganggu dan menghasilkan finishing tidak sempurna. Jika sudah selesai di amplas saatnya untuk menggunakan Bioduco chalk paint.

Pilih warna solid sesuai yang Anda inginkan, kemudian ikuti langkah aplikasinya berikut ini.

  • Campurkan chalk paint dengan air, gunakan takaran sesuai dengan alat yang digunakan. Jika menggunakan alat semprot pastikan viskositas berada pada 11-12 detik NK2. Jika Anda menggunakan kuas, untuk lebih mudahnya gunakan takaran 2 bahan : 1 air.
  • Lanjutkan dengan pengadukan hingga tidak ada cat yang masih mengendap. Lakukan proses aplikasi sesuai dengan prosedur yaitu merata. Jika menggunakan kuas pastikan cat searah.
  • Tunggu lapisan mengering, kemudian amplas permukaan kayu dengan amplas 400 secara ambang. Proses ini dilakukan untuk menghaluskan permukaan kayu dan mempermudah lapisan cat di atasnya melekat.
  • Langkah terakhir jika warna dari chalk paint masih kurang tajam Anda bisa mengaplikasikan larutan sekali lagi. Jika tidak cukup lanjutkan dengan aplikasi Bioduco top coat matte atau gloss sesuai kebutuhan.

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH