Sanding Sealer untuk Cat Kayu Terbaik Pada Lantai Balkon Minimalis

Berencana membangun rumah dengan balkon dengan lantai dari kayu? Anda perlu mempertimbangkan sanding sealer untuk cat kayu terbaik apa yang digunakan. Apa saja lapisan cat yang dibutuhkan dan bagaimana dengan hasil warnanya. Apalagi jika ingin mendapatkan balkon dengan gaya minimalis yang saat ini banyak dipilih. 

Balkon yang menggunakan lantai kayu membutuhkan pemilihan warna cat yang tepat. Selain itu kualitas cat juga harus diperhatikan, karena saat ini sudah banyak produk cat abal-abal yang dijual murah. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan finishing tanpa bantuan tukang. 

Mengecat sendiri bukan suatu masalah yang sulit, karena Anda cukup memilih produk yang tepat dan mengaplikasikannya dengan kuas. Salah satu bagian dari cat kayu terbaik yang akan membentuk lapisan coating penting adalah sanding sealer. Tanpa lapisan ini, lantai kayu tidak akan memiliki lapisan pelindung sempurna. 

Ingat bahwa lantai pada balkon tidak ada bedanya pada teras rumah yang sering terkena air hujan, panas dan perubahan cuaca. Ada banyak ancaman yang merusak kayu jika masalah tersebut tidak dibiarkan saja yang pada akhirnya membuat lantai pada balkon cepat rusak. 

Pentingnya Penggunaan Sanding Sealer sebagai Cat Kayu Terbaik

Sebagai rangkaian dalam finishing, sanding sealer tak boleh dilupakan. Anda mungkin sibuk memilih clear coat apa yang kuat dan warna natural apa yang menarik. Sehingga produk sanding sealer terlewatkan, padahal produk ini wajib digunakan loh. Ada banyak alasan mengapa sanding sealer begitu penting dalam membangun lapisan coating. 

Sanding sealer bukan sekedar cat kayu biasa, karena perannya sangat bervariasi. Ketika digunakan sebagai base coat, sanding sealer berfungsi untuk menutup pori. Namun saat digunakan sebagai lapisan sebelum pernis maka fungsinya memperkuat lapisan film. 

Khusus untuk lantai kayu pada balkon minimalis, Anda bisa menggunakan sanding sealer sesudah stain dan sebelum clear coat. Apa saja kelebihan sanding sealer yang diberikan pada lantai kayu?

  • Menjaga warna lantai tidak pudar

Sanding sealer memang bukanlah cat yang membentuk lapisan film seperti clear coat. Namun dengan menggunakan sanding sealer, sinar uv yang menembus clear coat tak akan langsung merusak warna pada stain. Keberadaan sanding sealer membuat sinar uv yang memudarkan warna stain dan kayu akan menjamin warna terus memiliki tampilan tajam. 

  • Menambah perlindungan anti jamur dan rayap

Perubahan cuaca akan mengundang jamur untuk tumbuh. Apalagi ketika lapisan clear coat mulai memudar karena penggunaan. Akhirnya air hujan menyerap ke kayu dan menimbulkan jamur yang mana mengundang rayap. Sanding sealer adalah lapisan coating yang dilengkapi bahan anti jamur dan rayap. Sehingga air hujan tidak mampu menembus masuk ke pori kayu. 

  • Memudahkan dan menghemat pengecatan

Menggunakan sanding sealer sesudah stain akan mempercepat proses finishing. Anda tak perlu berlama-lama mengaplikasikan stain atau clear coat. Coating dari sanding sealer akan menyegel pori kayu lebih efektif sehingga aplikasi clear coat bisa lebih mudah. Anda juga tak perlu mengaplikasikan banyak lapisan clear coat yang tentunya menghemat pengecatan. 

  • Mengurangi resiko minyak kayu

Pernahkah Anda melihat lantai kayu warna natural yang belang pada area mata kayu? Itu adalah minyak kayu yang naik karena pori kayu tidak tersegel secara sempurna. Padahal dengan menggunakan sanding sealer, minyak kayu tak akan naik karena pori sudah tertutup. Karena setelah minyak kayu naik tak ada bahan finishing yang dapat mengatasinya kecuali mengecatnya dengan cat warna solid. 

Semua keuntungan menggunakan sanding sealer ini menuntut Anda untuk menggunakan produk yang tepat. Seperti apakah produk yang sebaiknya digunakan?

Mengapa Lantai Kayu Cocok untuk Balkon Minimalis

Gaya minimalis saat ini lebih banyak dipilih pemilik rumah karena memperlihatkan ruangan jauh lebih luas. Apalagi jika untuk balkon yang hendak digunakan sebagai ruangan bersantai, butuh penataan interior yang tepat. Salah satu pemanfaatannya adalah menggunakan lantai kayu. 

Kayu dipilih sebagai bahan lantai pada balkon karena berbagai macam kelebihannya sebagai berikut ini. 

  • Kokoh, Kuat dan Tak Mudah Retak

Kayu adalah bahan yang sebenarnya lebih kokoh serta kuat dibandingkan keramik. Jika terkena benda tumpul masalahnya hanyalah peyok tak sampai pecah. Ketika terjadi kerusakan tersebut, lantai kayu juga lebih mudah diperbaiki. Bisa dibilang kekuatannya lebih baik daripada keramik yaitu tidak mudah retak. 

  • Memberikan kesan netral

Gaya minimalis tidak selalu identik dengan warna putih yang memberikan kesan luas dan netral. Kayu juga bisa digunakan sebagai kesan netral pada balkon rumah. Warnanya yang coklat inilah sebagai salah satu alasannya sangat cocok digunakan. Anda bisa memadukan lantai berwarna natural coklat yang netral dengan dinding ruang balkon berwarna putih. 

  • Bagian dari dekorasi

Karena gaya minimalis tidak menggunakan dekorasi secara berlebihan, bahkan memanfaatkan benda menjadi multifungsi. Salah satunya adalah lantai kayu, tak hanya berfungsi sebagai lantai tetapi juga dekorasi karena warna naturalnya dan terdapat serat. Untuk mendapatkan kayu yang kuat, biasanya digunakanlah kayu tua seperti jati, merbau atau ulin. Jenis kayu-kayu tersebut memiliki bentuk serat yang indah cocok sebagai dekorasi. 

Memperhatikan fungsinya sebagai dekorasi, maka Anda harus memilih cat kayu yang kualitasnya terbaik. Mulai dari segi perlindungannya hingga warna yang diberikan. 

Produk Cat Kayu Terbaik untuk Lantai pada Balkon Minimalis

Demi memaksimalkan kualitas lantai kayu pada balkon dan memberikan perlindungan, Anda perlu memilih produk sanding sealer. Di antara semua produk, Biovarnish sanding sealer adalah cat kayu yang bisa dimanfaatkan. Kualitas terbaiknya melebihi cat solvent, karena cat ini berbasis air. 

Menggunakan produk berpelarut air bukan berarti kualitas hasilnya menurun. Justru dari segi perlindungan, proses aplikasi hingga hasilnya tak kalah dengan cat solvent kebanyakan. Istimewanya dari cat pelarut air adalah rendah kandungan organik yang berbahaya bagi tubuh. 

Cirinya adalah tidak menimbulkan aroma menyengat yang menyebabkan batuk, pusing, mata perih selama dan sesudah proses finishing. Berikut ini kelebihan dari produk Biovarnish sanding sealer yang segera Anda dapatkan. 

  • Menciptakan lantai yang halus dan rata

Dengan menggunakan Biovarnish sanding sealer, hasil finishing lantai pun lebih halus dan juga rata. Hal ini disebabkan pori kayu telah tertutup dengan maksimal. Efek lain dari tampilan ini adalah permukaan lantai akan tampak mengkilap lebih daripada biasanya. 

  • Memudahkan DIY untuk aplikasi sendiri

Tak perlu tukang untuk mengaplikasikan sanding sealer, karena Anda bisa melakukannya sendiri. Hanya berbekal kuas dengan bulu nilin, amplas dan mesin vakum, proses finishing balkon bisa diselesaikan dengan lebih mudah. 

  • Waktu kering yang lebih cepat

Lapisan sanding sealer akan kering selama 60 menit di segala cuaca. Pastikan saja area balkon sedikit tertutup sehingga debu tidak menempel pada permukaan cat basah. kecepatan kering inilah yang membuat Anda bisa menyelesaikan finishing hanya dalam hitungan jam. 

Tak ingin ketinggalan untuk mempercantik lantai balkon minimalis? Anda harus memastikan bahwa produk yang digunakan adalah Biovarnish sanding sealer. 

Cara Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer pada Lantai Balkon

Kelebihan yang tak dapat dilewatkan dari Biovarnish sanding sealer adalah kemudahannya untuk digunakan. Baik pemula atau DIY tak perlu ragu untuk menggunakannya. Bahan pelarut yang digunakan adalah air bukan thinner seperti bahan finishing solvent lainnya. Karena itulah Biovarnish sanding sealer tidak mengeluarkan bau yang sangat menyengat. 

Berbicara soal kemudahan, bukan hanya teknik aplikasi dan bahan pelarut saja yang digunakan. Namun untuk alat pun juga tidak menguras kantong. Anda tak perlu menyewa atau membeli perangkat alat semprot, apalagi belum mahir menggunakannya. 

Cukup mempersiapkan alat berupa kuas dengan bulu nilon yang baru atau kuas busa. Untuk ukuran, Anda bisa menyesuaikan dengan bentuk dari furniture. Jika banyak permukaan datar yang lebar bisa menggunakan ukuran 5 inci. Tetapi jika bentuknya banyak ukiran, disarankan menggunakan kuas ukuran 3 inci. 

Karena Anda di sini hendak mengecat lantai balkon minimalis, maka kuas ukuran besar bahkan lebih dari 5 inci bisa digunakan. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara mengecat, pastikan akhir pengecatan selalu selesai ke arah pintu. Jika sudah siap dengan semua alat dan bahan, Anda bisa mengikuti langkah mengecat berikut ini. 

  • Mengamplas permukaan lantai balkon

Para pengecat profesional biasanya mereka akan menggunakan drum sander yang besar dan berat. Karena Anda masih pemula bisa mengamplas dengan manual saja. Lapisi amplas dengan balok kayu supaya hasilnya rata dan rapi. Amplas pertama yang digunakan adalah 180 kemudian berganti ke 220. 

Proses pengamplasan tak harus mengikuti arah serat, yang terpenting adalah hasil permukaan rata. Jika sudah selesai bersihkan debu amplas dengan mesin vakum. Lama pengerjaan ini bisa satu atau dua jam tergantung luas lantai balkon. 

  • Melarutkan Biovarnish sanding sealer

Pada tingkatan profesional, biasanya mereka menggunakan alat NK2 yang mengukur viskositas cat. Namun jika Anda tidak memilikinya bisa menggunakan perbandingan 2 bahan dan 1 air. Proses pelarutan harus dilakukan di wadah terpisah yang kering dan bersih. Pastikan Anda sudah mengukur kebutuhan cat. 

1 kg Biovarnish sanding sealer bisa digunakan untuk satu kali lapisan lantai berukuran 8 hingga 10 m2. Proses pengadukan sebaiknya menggunakan alat dari bahan stainless steel. Jika tidak punya bisa juga menggunakan tongkat plastik. Aduk sampai tidak ada bahan yang mengendap. 

  1. Proses pengecatan lantai balkon

Cara mengecat bisa dimulai, celupkan kuas ke dalam larutan cat kemudian kuaskan dari bagian ujung luar lantai. Arah mengecat harus sesuai dengan serat kayu karena akan menentukan tingkat kerapiannya. Anda bisa mencelupkan jika lapisan cat pada bulu kuas sudah habis. 

Ulangi cara mengecat ke seluruh bagian lantai hingga merata. Pastikan Anda hanya menggunakan satu sapuan kuas yang panjang agar hasilnya lebih merata dan juga halus. 

  • Proses pengeringan lantai dan pengamplasan

Satu lapisan sanding sealer perlu dikeringkan selama 6 menit. Agar debu tidak menempel pada lantai yang masih basah, Anda bisa menutup area pinggir balkon dengan kain atau terpal. Setelah kering lanjutnya dengan pengamplasan. 

Kali ini Anda bisa mengamplas tanpa balok kayu, cukup manual dengan tangan secara langsung. Amplas yang digunakan juga bernomor 400 dan dilakukan secara ambang dan merata. Bersihkan debu sisa amplas dengan mesin vakum. Proses pengecatan sanding sealer sudah selesai, Anda bisa melanjutkannya dengan aplikasi top coat. 

Produk Biovarnish sanding sealer bisa Anda dapatkan di agen terdekat atau melalui link :

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustrieso
  3. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

 

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.