Mengenal Fungsi Sanding Sealer Pelapis Cat Kayu Terbaik Furniture

Setiap kali Anda dilihat pengrajin kayu melakukan finishing, apakah Anda pernah melihat mereka menggunakan sanding sealer? Atau mereka justru hanya menggunakan pernis saja? Anda pasti bisa melihat perbandingannya antara furniture yang di finishing langsung dengan pernis dan yang menggunakan sanding sealer. 

Perbedaan yang sangat jelas terlihat adalah tingkat kehalusannya. Furniture yang langsung diaplikasikan pernis akan tampak kasar walaupun sudah di amplas hingga halus sebelumnya. Penyebab utamanya adalah peresapan pernis pada pori kayu tidak bisa merata.

Apalagi pada jenis kayu yang lunak dengan ciri pori kayu berukuran besar. Ukuran pori yang tidak beraturan tersebut yang menjadi penyebab utama peresapan dari pernis tidak sempurna. Hal tersebut bisa diatasi jika sebelum aplikasi pernis diberikan coating sanding sealer. 

Apakah fungsi dari sanding sealer hanya menghaluskan saja? Seberapa pentingkah sanding sealer sebagai lapisan coating? Bagi Anda yang masih pemula di bidang finishing, tentunya rasa penasaran ini akan muncul. Untuk menjawabnya Anda bisa mencari tahu dalam artikel ini hingga akhir. 

Macam-Macam Fungsi Sanding Sealer untuk Furniture 

Apabila dilihat dari segi fungsinya, memang benar tujuan utama aplikasi sanding sealer adalah untuk menghaluskan permukaan kayu. Fungsinya untuk memperhalus finishing sangatlah penting. Tapi jika ditilik secara keseluruhan, fungsi sanding sealer bukan hanya sebatas itu saja. 

Ada beberapa fungsi lainnya yang membuat peranan lapisan coating ini sangat penting. Apa saja itu? Yuk simak fungsi-fungsinya berikut ini. 

  • Menghindari naiknya minyak kayu

Kayu lunak seperti pinus memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi. Jika cara finishingnya tidak tepat akan membuat minyak kayu naik yang sering disebut dengan istilah bleeding. Masalah ini muncul karena lapisan coating yang menutup pori kayu tidak memiliki adhesi yang tinggi. 

Sanding sealer diciptakan untuk mengatasi permasalahan ini. Adhesi yang tinggi dimiliki sanding sealer mampu menutup pori kayu secara sempurna. Hal ini bisa didapatkan jika sanding sealer diaplikasikan langsung pada permukaan kayu. 

  • Menghemat waktu finishing

Akan berapa banyak bahan pernis yang akan Anda gunakan untuk meratakan permukaannya? Semakin banyak lapisan maka akan semakin lama proses finishing berlangsung. Padahal hanya dengan menggunakan sanding sealer sebelum pernis, Anda tidak perlu membuat berlapis-lapis lapisan coating dari pernis.

Oleh karena itu fungsi lain dari sanding sealer adalah untuk menghemat waktu Anda melakukan finishing. Hanya dalam satu kali aplikasi saja, finishing pernis nantinya bisa langsung merata.

  • Menghemat biaya finishing

Selain menghemat waktu, Anda tentunya juga akan lebih hemat biaya finishing. Karena hanya satu hingga dua lapisan coating saja yang dibutuhkan, maka tidak banyak bahan yang harus dibeli. Biaya akan semakin murah jika Anda menggunakan sanding sealer dengan bahan water based. 

Sanding sealer pelarut air tidak membutuhkan thinner di mana Anda tidak perlu mengeluarkan uang dua kali lipat untuk membeli pelarutnya. 

  • Lapisan coating lebih kuat

Sanding sealer juga terkenal sebagai base coat yang menutup pori kayu sekaligus memperkuat lapisan pernis di atasnya. Sehingga furniture nantinya akan mendapatkan perlindungan yang lebih baik. Mulai dari masalah perubahan cuaca, kelembaban, rayap hingga jamur. 

Maka dari itu, jika Anda akan mengecat furniture outdoor wajib menggunakan sanding sealer pilihan yang terbaik. 

Produk Sanding Sealer Terbaik untuk Menghaluskan Furniture

Jika ingin mendapatkan lapisan coating yang halus, maka Anda harus memilih produk yang tepat. Ada banyak produk sanding sealer di pasaran, namun daripada bingung memilih Anda sebaiknya menggunakan Biovarnish. Mengapa Biovarnish sanding sealer? Karena produk ini berpelarut air yang membuat Anda lebih hemat. 

Selain hemat, ada banyak kelebihannya dari segi proses aplikasi hingga hasilnya. Berikut kelebihan Biovarnish sanding sealer yang akan membantu proses finishing furniture di rumah. 

  • Lebih Cepat Kering Tanpa Dijemur

Kesulitan yang seringkali muncul saat aplikasi adalah cat yang lama keringnya apalagi ketika mengecat di musim penghujan. Perlu sinar matahari yang membuat cat cepat mengering padahal furniture harus segera selesai difinishing. Daripada kesulitan Anda hanya perlu menggunakan Biovarnish. 

Waktu kering 60 menit bisa didapatkan tanpa harus menjemur furniture. Sanding sealer akan tetap kering jika dibiarkan dalam ruangan saja. Terlebih kering yang terjadi adalah kering sempurna dan bisa langsung segera dipernis.

  • Memperkuat Pernis dengan Banyak Perlindungan

Keuntungan kedua adalah membentuk lapisan penguat untuk pernis sehingga pernis mampu lebih melindungi. Sanding sealer memberikan perlindungan seperti tahan terhadap rayap dan jamur, tahan terhadap perubahan warna akibat sinar uv. Sehingga lapisan film dari pernis di atasnya tidak mudah rusak. 

Dengan menggunakan Biovarnish sanding sealer pula, pernis tidak mudah retak bahkan masalah cat yang mengelupas. Artinya ketahanan lapisan coating akan terjaga. 

  • Mempertahankan Warna Asli Kayu

Seringkali cat warna transparan berubah warna akibat terlalu sering terkena sinar uv ditambah dengan kandungan formalinnya yang tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut maka gunakanlah Biovarnish sanding sealer yang akan menjaga transparansi. Sehingga warna dari kayu dapat bertahan dan tahan lama. 

Furniture kayu mampu memancarkan keindahan warna aslinya serta serat yang indah. Apalagi jika Anda menggunakan kayu-kayu mahal seperti jati atau merbau. 

  • Tidak Menimbulkan Bau Menyengat

Terganggu saat mengaplikasikan cat karena bau yang dikeluarkan sangat menyengat? Apalagi ketika Anda menyemprotkan cat maka partikel cat bercampur ke udara dan menyebar dengan sangat cepat. Hati-hati bau tersebut dikarenakan zat organik yang berbahaya bagi tubuh manusia. 

Masalah ini tidak akan Anda alami jika menggunakan Biovarnish sanding sealer karena cat tidak menimbulkan bau menyengat. Penyebabnya adalah bahan dasar air dan pelarut air yang digunakan. 

  • Lebih Mudah Merata

Apakah yang membuat halus sanding sealer juga tergantung dengan formulasinya. Jika formulasi tepat maka kayu dengan pori besar atau kecil dapat tertutup dengan cepat dan merata. Biovarnish sanding sealer dibuat dengan formulasi yang tepat sehingga mampu menciptakan leveling yang baik. 

Bahkan Anda bisa menggunakan alat semprot atau kuas untuk mengaplikasikannya. Hasil kedua alat ini akan tetap halus dan sempurna. 

Cara Mengaplikasikan Biovarnish Sanding Sealer Hanya dengan Kuas 

Kuas adalah alat yang murah dan mudah didapatkan. Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda mencoba untuk mengaplikasikan dengan alat ini. Untuk cara aplikasinya pun sangat mudah dengan beberapa langkah berikut ini. 

  1. Larutkan Biovarnish sanding sealer dengan air perbandingan 2:1. 
  2. Kuaskan langsung ke permukaan furniture kayu yang sudah dilapisi dengan liquid stain atau sudah diamplas.
  3. Tunggulah furniture kering kemudian baru amplas ambang permukaan kayu dengan amplas nomor 400. Bersihkan debu amplas sesudahnya. 
  4. Jika lapisan selesai di amplas Anda bisa melanjutkan dengan aplikasi pernis seperti Biovarnish clear coat gloss atau matte sesuai kebutuhan. 

Hasil akhirnya adalah warna transparan, walaupun cairan Biovarnish sanding sealer sebelum dilarutkan air berwarna keputihan. Namun Anda tidak perlu ragu dengan kualitas hasilnya nanti. 

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.